PENGEMBANGAN KELINCI

Informasi Kelinci PRESTASI INDONESIA

KELINCI PINCANG LALU LUMPUH

.

KELUMPUHAN

Ini  sering menyerang pada kelinci indukan yang sudah beranak lebih dari lima kali, bahkan  ada kelinci  yang beranak sekali  saja sudah terjadi kelumpuhan. Kita harus hati hati apabila kelinci kita kena kelumpuhan, karena bisa jadi kelinci yang lain bisa mengikuti kelumpuhan. ini bukan penyakit yang menular, tetapi merupakan kesalahan kita selaku peternak.

MASALAHNYA APA ?

Kelinci seperti kita, butuh calsium juga, tetapi karena kita sudah merampas hak kelinci yaitu kebebasan untuk mencari pakan yang kelinci butuhkan, mestinya kita harus memberikan kewajiban kita untuk memberikan hak nya kelinci yaitu memenuhi nutrisi pakan yang dibutuhkan.

Kenapa Kelinci indukan lebih gampang kena kelumpuhan ?  hal ini wajar, karena indukan kelinci telah memberikan calsium pada si Brindil, sehingga apabila kita tidak memberikan pakan yang mengandung calsium, maka  akan terjadi kekurangan calsium yang berakibat sakitnya tulang dan berakibat kelumpuhan.

TAHUKAH?

Ketika kita memberikan  rumput yang ada akarnya pada kelinci, kenapa kelinci memakan akarnya dulu? itu pertanda kelinci kekurangan calsium dan mineral, tetapi kalau kita membebaskan kelinci berkeliaran, akan lebih mudah kelinci memenuhi kebutuhan nutrisinya, sehingga kelinci jauh lebih sehat dibanding kelinci yang dikandangkan.

Jurus yang tepat adalah bagaimana kita memberikan pakan hijauan dengan rumput bersamaan akarnya (misalnya daun kacang tanah bersama dengan akarnya), tapi jangan terlalu sering dalam pemberian daun kacang tanah.

KOK MASIH TERJADI KELUMPUHAN.

Kalau hal itu sudah dilakukan, kok masih terjadi kelumpuhan atau tanda tanda mau terjadi kelumpuhan, maka yang terbaik adalah mensinkronkan sikap kita dengan ternak kita.

1 Mei 2010 - Posted by | Perhatian Terhadap Kelinci | ,

63 Komentar »

  1. terima kasih atas pencerahannya,akan saya cb utk memberikan perhatian lebih pada kelinci kami,saat ini saya pnya 20 ekor,bermula dari hny 3 ekor 2 betina 1 jantan,saya msh bljr & butuh bny lg informasi,saya benar2 ingin mengembangkan kelinci di Kendal,apakah Prestasi Indonesia sdh buka cab.di smg?,alamtnya?..
    sekali lagi terima kasih atas saran2nya
    salam kompak dan sukses selalu

    Komentar oleh bambang sriwahyono | 16 Mei 2010 | Balas

  2. terimakasih pencerahannya..
    kelinci saya juga pernah mengalami hal seperti itu
    Alhamdulillah sekarang saya tahu penyebabnya
    saya akan perhatikan itu
    terimakasih…..

    Komentar oleh dewo | 27 Mei 2010 | Balas

    • Semoga berlanjut ke kesuksesan. Amien.
      Salam dari Prestasi Indonesia

      Komentar oleh prestasi kelinci | 27 Mei 2010 | Balas

  3. Klo scabies apa obat nya?

    Komentar oleh Aji | 27 Mei 2010 | Balas

    • suntik dengan obat scabies ( misal ivomec, wormectin) dengan penyuntikan dibawah kulit diatas daging, jangan masuk dalam daging, bisa membahayakan kehidupan kekinci. Hindari kandang lembab, terutama dari kotoran yang menumpuk.
      Salam dari prestasi Indonesia

      Komentar oleh prestasi kelinci | 27 Mei 2010 | Balas

  4. saya baca berulang kali tulisan ini, terima kasih banyak untuk pencerahannya lewat tulisan ini maupun secara langsung waktu saya berkunjung kesana, yang saya tangkap disini pemeliharaan kelinci juga merupakan media untuk kita (manusia) memperbaiki diri. Tapi yang saya bingung, artikel di atas adalah kondisi untuk kelinci indukkan, apakah kemungkinan kelumpuhan juga bisa terjadi pada si brindil ? Karena salah satu brindil-ku genduuut banget dengan bulu cukup lebat karena memang jadi anak tunggal, tapi sudah berumur 2 minggu masih belum bisa berdiri walaupun cukup lincah. Sementara untuk brindil yang lain di usia 2 minggu sudah berdiri & belajar loncat. Mungkin ada sedikit keterlambatan dalam perkembangannya ya, tapi apakah ada advise lain ? Kalau advise cukup panjang, dapat lewat e-mail ya pak. Terima kasih

    Komentar oleh cathy (keboen Kelin-chikoo) | 31 Mei 2010 | Balas

    • Terima kasih.
      Kekurangan calsium dan pospor tidak pandang bulu, cuma kalo indukan lebih banyak ebutuhannya. Untuk brindil yang elum bisa jalan, banyak faktor, antara lain memang kekurangan calsium, karena induknya dulu kekurangan, kemudian karena kegemukan, juga dikarenakan banyak karbohidrat tetapi kurang ranting rantingan ( rumput keras). Dan juga karena sering diberikan pakan nstan, misalnya susu, roti, pellet tanpa diselingi dengan hijauan atau rumput.
      Semoga paham.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 31 Mei 2010 | Balas

      • Terima kasih pak, advise-nya. Memang si brindil ini terlalu gendut untuk ukuran usia 4 minggu sehingga kaki belakangnya tidak kuat menahan badannya. Dan benar adanya juga kalau kurang kalsium. Saya akan coba balikkan pola makanannya dengan lebih memperbanyak hijauan daripada pellet, selain dilatih supaya mau belajar lari ya. Kasihan dia, soalnya tampangnya sebenarnya lucu banget.

        Komentar oleh cathy (keboen Kelin-chikoo) | 2 Juni 2010

      • kayak manusia saja, diajari lari, apa mau ada olimpiade lari kelinci ????

        Komentar oleh prestasi kelinci | 2 Juni 2010

  5. kelimci say junga lumpuh mungkin ga dikarankan kurang asi
    karna ketika umur 4 minggu anak kenci saya ga di beri asi

    Komentar oleh dadang | 21 Oktober 2010 | Balas

  6. trus, pengobatan untuk indukan yg lumpuh gimana bos?

    gag tega ngliatnya bos… :”(

    Komentar oleh ari | 1 November 2010 | Balas

    • Induk lumpuh, cara yang baik dilakukan :
      1. Bila sudah satu bulan anaknya, pisahkanlah anaknya (bila baru punya brindil)
      2. Berilah vitamin vitamin ekstra ( B12, B complek, Vit C, Tambahan vit ADKF)
      3. Pakan hijauan yang mengandung akar keras (akar kacang, akar rumput keras.)
      4. Berilah kebebasan kelinci dengan di liarkan sementara di tanah yang luas.
      5. Usahakan jangan dikawinkan dulu
      6. Bila sudah beranak lebih dari empat kali, kami sarankan di afkir aja.

      Semoga bermanfaat. Amien

      Semoga ber

      Komentar oleh prestasi kelinci | 1 November 2010 | Balas

      • kelinci’ku jenis flam, usia 1 tahun bos.
        baru 2 kali beranak dan yg terakhir skitar 3 bulan yg lalu.
        awalnya kalau jalan kaki belakang terlihat berat, aq periksa ternyata tidak ada luka. semakin hari kaki belakangnya gak bisa gerak. dan sekarang malah tambah ke kaki depanya juga.
        langsung aq karantina ke kandang yg agak gede, tapi sekarang kondisinya tambah parah bos, cuma gerak’ badan saja.
        makanan aq kasih total rumput+wortel dan minum air gula.

        -kalau obat yang agak “sakti” kira-kira ada gak bos?
        -obat “vitamin” itu khusus kelinci atau sama dengan manusia?
        -bisa berujung pada kematian gak bos?

        aq masih sangat berharap kelinci’ku bisa sembuh walaupun gak beranak lagi…… :”(

        Komentar oleh ari | 1 November 2010

      • Teima kasih
        Maaf, Indukan kelinci flamish umur satu tahun dan sudah beranak dua kali, berarti masa dikawinkan sekitar dan terakhir tiga bulan ang lau, wah berarti kawin remaja saat itu (mungkin umur 5,5 bulan. terlalu muda. Dan bisa diduga dan jelas indukan kekurangan calsium, apalagi tidak diberi calsium atau mineral.
        Coba diberi sejemis analgetik dan vitamin yang ada calsiumnya, berilah hijauan yang ada rumputnya. Dan biasanya nafsu makan menurun. Tambahkan vit B12.
        Ini bila dibiarkan kelinci bisa merana dan akhirnya kematian yang akan timbul.
        Apa mas Ari suka segala suatu diselesaika sendiri ya atau maaf, dari ilmu kelinci merasa semua bisa diatasi sendiri ?? maaf, kalau dai ilmu spikologi ternak yang kami yakini, itu ang menimulkan penyakit itu.
        Maaf ya, ini hanya pengalaman yang tercatat aja.

        Komentar oleh prestasi kelinci | 2 November 2010

      • saya memang awam, dan semua saya berusaha sendiri.
        tapi semua saya lakukan bukan karena saya sok tahu.
        ini karena saya tinggal di desa mas, jadi memang tidak punya “guru”, jadi saya melakukan semua hanya berbekal dari internet(google+forum).
        saya sangat senang & berterima kasih bisa ketemu dengan forum ini, karena saya merasa telah bertemu “guru” yg saya butuhkan.

        yg saya lakukan kepada kelinci saya selama ini,
        kandang: 60*70 isi satu kelinci dewasa.
        makan; pagi: ampas tahu, siang: kangkung layu/rumput, sore: rumput, malam: ampas tahu, rumput & wortel.
        minum: setengah gelas perhari.
        seminggu sekali: saya beri vitamin (lupa merk’nya, warna cairan’nya merah), daun pepaya layu, daun pisang secara bergantian.
        tiap sore, kelinci saya lepas di halaman skitar satu jam.

        saya mohon di koreksi mas, barangkali ada yg salah atau perlu di tambahkan agar bisa lebih baik.
        karena saya masih sangat ingin memelihara kelinci mas.
        sebelumnya saya ucapkan sangat banyak terima kasih mas, karena mas telah sudi untuk berbagi ilmu & pengalaman.

        Komentar oleh ari | 2 November 2010

      • Terima kasih,
        Untuk pemeliharaan atau perlakuan setiap hari cukup bagus untuk kelinci saudara, Yang perlu kita pahami adalah kelinci binatang malan, dan bila siang kelinci banyak tidur.
        Secara pengetahuan kelinci, bahwa pakan, manajemen dan cara pemberian cukup bagus dan dilihat pakan dan vitanin yang masuk, seharusnya tidak mengalami pembengkakan.
        Tetapi secara ilmu kelinci , bahwa penyakit yang diderita kelinci hampir 80 % disebabkan oleh sikap dan emosi kita dalam penanganan kelinci pemeliharaan kita. Kami akan menjelaskan sampai detai via email saja. Silahkan ke si_prestasi@yahoo.co.id. Disana kami jelaskan perbedaan ilmu dan pengetahuan.
        Salam prestasi

        Komentar oleh prestasi kelinci | 2 November 2010

  7. apa nama obat untuk kelinci lumpuh ??
    makasih

    Komentar oleh nisa | 14 Januari 2011 | Balas

    • Kelumpuhan karena kekurangan calsium, biasanya dan serin terjadi pada kelinci betina. Disarankan pakan mengandung calsium dan pospor.
      Berilah vit B, C dan calc (yang bisa dibeli di apotik). Tapi jangan banyak banyak pemberian clc nya. Makanya kelinci sering diberi rumput sama akar akarnya, biar tidak kekurangan calsium.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 17 Januari 2011 | Balas

  8. mau tanya lagi.
    untuk memberikan vitamin pada kelinci yang lumpuh, berapa kali dalam sehari kita harus memberikannya ?
    terimakasih

    Komentar oleh nisa | 14 Januari 2011 | Balas

    • Vitamin B bisa dua hari sekali, untuk vitamin C bisa seminggu sekali, dan GMP diberikan setiap hari.
      Semoga paham.
      Terima kasih

      Komentar oleh prestasi kelinci | 17 Januari 2011 | Balas

  9. mas kelinci saya lumpuh tiba tiba, obat vitamin kelinci belinya dimana? apakah bisa beli di toko obat atau harus ke dokter hewan ?Trims

    Komentar oleh RITA PAWESTRI | 28 Februari 2011 | Balas

    • Terima kasih.
      Kelumpuhan kelinci banyak hal yang menyebabkan itu, diantaranya kekurangan calsium pada pakannya. Dan lebih sering tejadi pada kelinci betina..
      Saran saya dibawa ke drh dulu aja. Besuk diberika pakan yang mengandung calsium ya. biar tidak terjadi kelumpuhan.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 28 Februari 2011 | Balas

  10. apakah vitamin kelnci sama dengan vitamin untuk manusia?

    Komentar oleh RITA PAWESTRI | 28 Februari 2011 | Balas

  11. aku pnya kelinci australia umurnya skitar 3 blan.
    aku mau tanya td kelinciku sempat jatuh di lantai dr gendonganku tp jatuhnya tdk trlalu tnggi kok aku pkir dia tdk apa2 jelas stlah dr stu aku melepaskannya dihalaman dan dia msi dpt brlari dngan baik.
    yg aku bngung stlah beberapa jam kmudian aku melihat kaki blakangnya trlihat pincang.
    apakah it akbat dri jatuh td ?
    dan bgaimana cra mengobatinya ?
    mhon dijawab aku sma skali tdak mengerti

    Komentar oleh deany | 25 April 2011 | Balas

    • Terima kasih,
      data yang diberikan kurang lengkap, jatuhnya kaki depan dulu atau belakang ? Kalau kaki belak dulu,jarang pincang. Tapi kalau depan kemungkinan pincang.
      Tapi pincang bukan arena patan atau keseleo, tapi karena stress, tapi hati hati, stess bisa membawa kematian kelinci. semoga tidak terjadi stress pada kelinci, sehingga pincang segera sembuh.
      Makannnya diberikan macam macam hijauan dulu, untuk mengembakilukan stressnya
      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 26 April 2011 | Balas

  12. KeLinci saya berumur 1bln,kelinci’y aktif,nafsu mkn bgus,pi2s+pup byk mkanan’y wortel,kangkung,jagung
    knp tba2 kelinci saya kaki depann’y pincang rada mmbungkuk k dalam dan sya kelitikan dya tdk merespon
    bagaimana cara menanganinya?
    terima kasih

    Komentar oleh Fania | 27 April 2011 | Balas

    • Terima kasih,
      Untuk memelihara kelinci, bukan saja hijauanyang diberikan, tetapi meneral, calsium dan pospor penting (Ingat, kelinci binatang malam dan bisa masuk dalam tanah, artinya kebutuhan mineral calsium dan pospor akan terpenuhi secara alami.).
      Karena kelinci dikandangkan, maka kebutuhan nutrisinya diusahakan cukup., salah satu kebutuhan nutrisi kekurangan kalsium anaknya mudah cacat, mudah sakit karena tulang dan lainnya yang mengkait dengan tulang. dan dampak pada induk akan cepat terjadi kelumpuhan.
      Saran saya, jangan hanya dikasih hijauan saja, tapi diberikan ranting ranting (misalnya aun kacang sama batangnya dan lainnya).
      Coba diberi susu manusia minumnya untuk anak yang cidera itu. semoga berhasil.
      Salam prestasi.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 27 April 2011 | Balas

  13. saya baru punya kelinci umur nya 1,5 thn betina, blm pernah di kawinkan juga dan cuma hari minggu dikeluarkan dari kandang nya.. tiba2 dikeluarkan dari kandang besok nya sdh lumpuh.. kira2 kenapa y??apa krn sterss juga?mohon bantuan ny.. thx

    Komentar oleh vicka | 8 Juni 2011 | Balas

    • Terima kasih,
      kemungkinan besar setres, misalnya karena di kejar kejar, atau pakannya kurang calsium, tapi ini jarang terjadi betina yang belum beranak.
      Berilah vitamin B 12, yang penting bisa makan. Jauhkan dari keramian dan jangan sering dipegang ganti ganti orang.
      Mudah mudahan segera teratasi.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 8 Juni 2011 | Balas

      • mau tnya lagi… kmrn sudah saya bawa ke dokter hewan dan di kasih becombion apa sdh ckp untuk vit ny?kira2 kemungkinan untuk sembuh spt dulu bisa g?

        Komentar oleh vicka | 9 Juni 2011

      • Terima kasih.
        itu obat cukup dosis untuk vitamin seperti kelinci, tapi juga berilah banyak hijauan, biar mempercepat kembalinya sehat seperti semula.
        salam prestasi

        Komentar oleh prestasi kelinci | 10 Juni 2011

  14. saya punya kelinci sejak umur 1bln, sekarang sudah berumur kurang lebih 4bln.beberapa hari yg lalu kelinci saya jatuh dari ketinggian 40cm dan kaki belakang tidak bisa bergerak sama sekali seperti mati rasa,sebaiknya diberi vitamin apa ??,bagaimana kelinci saya bisa jalan lg…??? mohon sarannya…!!!!

    Komentar oleh meywi | 5 September 2011 | Balas

    • Terima kasih,
      saya kira perlu pengamatan lebih lanjut, , apakah luka dalam (tulang) atau luka luar yang tidak kelihatan.
      Selama masih mau makan, saya kira perlu pengobatan luka bila terjadi luka.
      Coba diamati lagi, barang kali ada data pendukung lagi.
      salam prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 5 September 2011 | Balas

  15. wah … tks byk infonya boss …. kelinci sy tgl 13/9/11 kemarin tahu2 kaki depannya lumpuh, padahal baru melahirkan tgl 01/09 kemarin, nafsuh makan dan minumnya berkurang, cuma mungkin yg agak kesulitan ketika mau memberi Vit B dan Vit C itu, mungkin ada solusi boss … tks byk sebelumnya

    Komentar oleh Aflah YS | 17 September 2011 | Balas

    • Bila nafsu makan menurun, maka solusi yang baik adalah memberikan vitamin B 12 melalui injeksi. kemudian untuk mengatasi kalsium, coba berilah tanaman kacang tanah (sama akar akarnya), kemudian air minum ditambah garam. Untuk indukan memang perlu banyak kalsium.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 17 September 2011 | Balas

  16. kelinci anggora saya umurnya 3 bln, tpi tiba2 kaki kanan belakang kok pincang ya??
    itu disebabkan apa ya??

    Komentar oleh cintya | 25 Desember 2011 | Balas

    • Terima kasih,
      data yang saudara berikan kurang lengkap, pincang disebabkan kecelakaan ? sakit ? kurang nutrisi ? ini banyak hal yang menyebabkan pincang. Coba di lepas dulu, pincangnya jingkat jingkat atau di seret. Kalau di seret, kemungkinan besar penyakit. Suntik dulu antibiotik eksogen (antibiotik berkaitan dengan tulang) dan pakan diberi mineral dan calsium.
      Mudahan bisa menolong.
      salam prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 25 Desember 2011 | Balas

  17. saya tinggal di jember, jawa timur dan sangat tertarik untuk beternak kelinci. apakah di jember juga ada Prestasi?

    Komentar oleh tovic | 19 Juni 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      di jember kawan kawan kita baru mau bentuk cabang Prestasi di sana

      Komentar oleh prestasi kelinci | 20 Juni 2012 | Balas

  18. Salam mas…
    Tlong di bantu mas, kelinci saya jenis kelinci kampung mas, Kelinci saya sdh berumur 3 tahunan betina, sy jg sayang sekali sama dia, saya sdh tidak tahu brp kali melahirkan, kelincinya saya biarkan saja berkeliaran di halaman rumah, tapi 8 tahun terakhir saya kandangkan karna mengingat usianya yg sdh 3 tahunan lebih mungkin,selama di kandang sy hanya berikan daun ubi jalar dan air,tapi selama di kandang kelinci saya sehat dan gemuk, setelah 8 bulan di kandang saya kluarkan dan di biarkan berkeliaran di halaman sama kelinci2 lain, hari2 pertama keluar dia di kejar2 sama kelinci betina yang lain, tapi sesekali dia juga mengejar betina yg lebih muda, setelah 1 minggu eh tiba2 kaki belakang kelinci saya lumpuh, semakin hari semakin parah sampe tdk mau makan, dan matanya melotot seperti ketakutan atau merasa sakit enggak tw saya, dan berkaca2, lingkaran putih di mata makin waktu makin memerah, sy sdh belikan vitamin tapi bingung masukinnya gmn, tlong bantuannya….

    Komentar oleh alfin | 20 Juli 2012 | Balas

  19. Mas mw tanya nich,m0h0n bantuanya. .
    Wkt itu klinci sy beranak,dan skrg uda umur 2mggunan,sa.at mau menata kandangnya indukny tak lepasin di luar,setelah berlari mencari rumput tiba2 sy menemukan kaki belakangny lumpuh,jd jalanya keser2. .itu solusiny gmn?soalny msh menyusui,ada cara herbal tnp obt g mas?:-(

    Komentar oleh Alvianis wulandari | 29 Agustus 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      perlu dicari kenapa lumpuh tiba tiba, Apakah karena kecelakaan (terjepit atau kena mangsa lain) atau karena keukrangan calsium ?
      Coba anda masukkan dalam kandang lagi kelincinya, kemudian diberi madu dan pyeriksa kakinya ada bengkakan baru gak ? kemudian berilah pakan hijauan ang daunnya keras atau kaku, biar membantu proses penyembuhannya.
      Kalau sampai dua hari tidak ada perkembangan, lakukan penyuntikan obat kelelahan dan beri juga antibiotik kalau terjadi pembengkakan.
      Bila anaknya tidak disusui induknya, saudari bsa memberikan susu formula bayi pada anakannya dengan bantuan pipet.
      Semoga berhasil.
      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 29 Agustus 2012 | Balas

  20. saya mau tanya kenapa ya kaki kelinci saya merah dan ada yang kering kulitnya di atas kuku dan jadinya sedikit seperti bersisik. tetapi hanya kaki yang sebelaH kanan saja jd pinjang, saya mau tanya itu salah satu penyakit pada kelinci juga kah dan apa sebabnya,,dan termasuk berbahaya gak.? lalu bagaimana menyembuhkannya terimakasih

    Komentar oleh ika | 16 Juni 2013 | Balas

    • Terima kasih, itu termasuk penyakit kelinci yan disebut scabies atau dikenal gudig, itu disebabkan oleh kuman, dimana kuman ini bertelur dan berkembang biak di bawah kulit. It bisa diobati dengan obat suntik, misalnya ivomec, wormectin atau merk lainnya.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 17 Juni 2013 | Balas

  21. Kelinci saya baru lahir,tarus jatuh dari atas sekitar1/2 meter,kira2 bisa hidup gak ya ?? tolong pencerahanya

    Komentar oleh Nawang | 29 Juni 2013 | Balas

    • Selama tidak terjadi kendala keluar darah dan kondisi hidup, saya kira nanti akan bertahan, apa lagi kalau induk mau menjilati dan menyusui.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 2 Juli 2013 | Balas

  22. saya mau tanya kelinci saya tiba-tiba seperti lumpuh, lama-lama dia menjadi lumpuh tidak bisa bangun..bahkan untuk menggapai makanan yg terletak dibawah kepalanya tidak mampu. sepertinya kelinci itu baru saja habis melahirkan yang kesekian kalinya…saya kurang tahu berapa kali sudah dia melahirkan karena kelinci itu adalah kelinci kakak saya yang dipindahkan kerumah saya.saya tidak pernah kandangkan kelinci, dia bebas berkeliaran di taman..namun saya tetap sediakan kandang yang selalu terbuka..dengan maksud kalau hujan besar mereka bisa masuk berteduh dalam kandang…..setiap hari kelinci selalu saya berikan wortel, kangkung, kol, kacang panjang secara bergantian…..pertanyaan saya..apakah saya salah dalam merawat kelinci seperti itu? dan bagaimana caranya merawat kelinci lumpuh itu agar lekas sembuh…..

    Komentar oleh meilani | 4 Juli 2013 | Balas

    • Terima kasih,
      coba berikan rumputan minimal tiga macar setiap harinya, dan jangan lupa akar rumput juga diikutkan, biar ada calsium nya.
      Memang biasanya dan banyak yang kena kelumpuhan pada kelinci betina.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 5 Juli 2013 | Balas

      • terimakasih sarannya….kemaren sempat ke dokter hewan, dikasih vitamin b komplex dan calcium…..next time…kelincinya akan saya kasih rumput2an seperti yang disarankan..

        Komentar oleh meilani | 8 Juli 2013

  23. saya punya klinci kira2 umurnya baru 2 bulan, tapi kemarin jatuh dari kandang, kakinya depan yg kiri pincang, tdk bisa dipake jalan, baru kmarin lusa jatuhnya, gimana cara ngobatinnya? :(

    Komentar oleh Nurmalia Ariarni | 8 Februari 2014 | Balas

    • bisa di umbar dibawah dulu (tanah) dan disuntik obat pengurang rasa sakit

      Komentar oleh prestasi kelinci | 9 Februari 2014 | Balas

      • kira kira tulangnya patah apa gimana ya kok nekuk terus?

        Komentar oleh Nurmalia Ariarni | 10 Februari 2014

  24. thanks infonya.saya punya kelinci rex umur 4bulan. kelinci saya akhir2 ini suka keliatan mau lumpuh,sandaran terus dipojok kandang.tetapi setelah beberapa menit kelincinya kembali normal,eeh beberapa hari kemudian kejadian seperti itu terulang kembali .pertanyaan saya :apakah kelinci itu akan mengalami kelumpuhan apa tidak?dan apakah ini gejala awal lumpuh?

    Komentar oleh rohayati | 10 Februari 2014 | Balas

    • Terima kasih,
      Itu merupakan gejala mau sakit, biasanya nafsu makannya menurun. Coba diberi tambahan vitamin dan pakan hijauan (terutama rumput) diperbanyak.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 10 Februari 2014 | Balas

  25. makanan yg cocok untuk kelinci mencret itu apa?. trmkasih

    Komentar oleh Nurmalia Ariarni | 18 Februari 2014 | Balas

    • coba tetap diberi hijauan rumput dan dicampur dengan daun jambu biji. untuk mencegah jangan sampai demukian, berilah GMP

      Komentar oleh prestasi kelinci | 26 Februari 2014 | Balas

  26. Selamat siang,
    Sy punya kelinci usia 3bln. Kmrn dia kabur dr rumah dan ditemukan oleh tetangga saya. Krn tdk tahu kalau kelinci itu milik saya, akhirnya diberikan ke seorang anak kecil di sekitar rmh saya. Kakek dr anak tersebut akhirny mengikat kaki kanan kelinci sya dan katanya mrk sampai mendengar suara mencicit yg melengking dr kelinci sya saat diikat. Stlh 1 jm mencari, akhirnya sy menemukan klinci sy yg sedang diikat oleh seutas tali yg terbuat dr potongan kain. Sy lepaskan dan sy bawa pulang. Setelah 6 jam kemudian, sy lihat kelinci sy mulai pincang dan kaki kanannya diseret2. Nafsu makan berkurang, akhirnya sy beri rumput..dia mau makan lg sedikit dan cenderung menghindar utk sekedar di elus. Yg sy mau tanyakan.. apa obatnya? Apakah kalo dibawa ke drh akan diberi vit atau butuh operasi?
    Trims…

    Komentar oleh Devi | 1 Juni 2014 | Balas

    • kayaknya kelinci anda baru stress, coba diberi makanan yang lebih disukai kelinci, dan dibaurkan dengan temen temennya. Selama tidak luka dan terkilir, mudahan cepat kembali semula.
      coba di suntik obat anti nyeri dan obat capek . di PS biasanya ada.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 2 Juni 2014 | Balas

  27. mau numpang nanya. saya masih awam dalam memelihara kelinci. yang pertama tadi kelinci saya jatuh dari gendongan. kemudian tiba2 kaki belakang nya yang sebelah kiri pincang. jadi lemas tidak bisa digerakkan. apakah itu karena patah, keseleo atau karena stress ? lalu solusinya bagaimana agar kakinya dapat kembali normal. kemudian yang kedua ada kelinci saya juga yang menjadi malas makan, badannya kelihatan lemas dan lesu. dia tidak mencret atau kena penyakit lainnya. kira2 apa penyebabnya dan juga solusi agar dia kembali bersemangat makan dan lincah kembali. terimakasih

    Komentar oleh Dzikri Martiana Suryandani | 8 Juni 2014 | Balas

  28. permisi. mau nnya . :) tdi pg kelinci kecil saya ( ±2 bulan ) saya lepasin di halaman supaya main2 dan kena sinar matahari, tp nggk taunya ada kucing yg langsung bawa lari kelinciku, q kejar smpek rumah ttngga q mlah kelincix di lemparin begtu aja. kemudian kejang2 dan lngsung q bwa pLang. kemudian q kasih minum tp dia nggk bisa jalan, klo jln tu ngesot . tp saat q coba pencet jarinya masih ada rangsangan . 1. apa yang harus saya lakukan supaa kelinci saya cepat sembuh??? . terima kasih , maaf bila mengganggu :) :) ;)

    Komentar oleh wahyu | 25 Juni 2014 | Balas

    • Kayaknya anakan kelinci saudara baru strees berat dan shock. coba dikandangkan di komunitas kelinci tapi disendirikan, bisa dibuatkan kandang dari bahan kawat dan anakan bisa melihat kelinci yang lain, berilah makanan yang bergizi dan minuman dikasih madu, biar cepat stamina kembali.
      Kemudian berilah obat cape spt erla (maaf bukan promosi)

      Komentar oleh prestasi kelinci | 26 Juni 2014 | Balas


Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 94 pengikut lainnya.

