PENGEMBANGAN KELINCI

Informasi Kelinci PRESTASI INDONESIA

PAKAN KELINCI, HIJAUAN ATAU KONSENTRAT

.

Sebenarnya kita didalam usaha beternak kelinci, terutama kelinci pedaging, yang dibutuhkan adalah kelinci tersebut cepat berkembang, cepat besar dan mengasilkan uang.

Beberapa hal yang patut kita perhatikan :

A.  Pakan  untuk  Indukan

Pakan yang diberikan untuk calon indukan maupun indukan, disarankan  memberikan hajauan sampai 80 persen dan yang 20 persen bisa diberikan pakan tambahan (misalnya konsentrat, katul atau bahan lainnya). Hijauan ini diberikan sepuasnya, artinya didalam kandang kelinci terutama malam hari jangan sampai kekurangan hijauan, apalagi pada saat kelinci bunting dan menyusui. Berilah hijauan yang bermacam, minimal dua macam jenis hijauan dalam sekali memberikan pakan. Banyak yang menanyakan, hijauan apa yang paling bagus ??  secara prinsip, berilah hijauan yang apabila kelinci liar itu bisa memakannya, artinya hijauan liar yang kelinci liar bisa menjangkaunya untuk memakannya, jangan memberikan hijauan  atau daunan dari tanaman yang tinggi. Dan juga jangan berpatokan hijauan jenis ini (pengalaman para peternak yang berbeda beda) yang sangat bagus.

Sering dilupakan,  kita selalu memberikan pakan hijauan tanpa ranting keras, sehingga kadang kelinci kita makan kayu atau kandang. Maka berilah ranting ranting keras  minimal seminggu dua kali

B. Pakan anakan dibawah umur dua bulan.

Pada dasarnya selama anakan itu ikut induknya, maka anak akan mengikuti pola makan induknya dan akan lebih imun terhadap penyakit, Maka disarankan, untuk mensapih anak kelinci minimal dua bulan, biar daya tahan tubuh kelinci kebal terhadap penyakit Tida ada pakan yang khusus untuk anakan. Perlu diperhatian, jangan memberikan anak kelinci dengan pakan konsentrat  ayam atau pakan lainnya yang sifatnya mempercepat pertumbuhan, karena justru menjadi masalah nanti kalau suda umur diatas empat bulan.

C. Pakan anakan kelinci untuk pedaging.

Anakan kelinci yang dikhususkan untuk pedaging atau disembelih,  setelah umur dua bulan, bisa diberikan hijauan dan sumber kabohidrat tinggi, misalnya katul, nasi, roti atau konsentrat khusus kelinci pedaging. Karena diharapkan umur empat bulan , kelinci sudah siap disembelih. Perbandingan hijauan dan sumber karbohidrat bisa 70 hijauan dan 30  sumber karbohidrat dan protein.

D. Kelinci pejantan.

Pakan kelinci pejantan cenderung makan yang lebih berserat tinggi, jumlah lebih sedikit untuk memakannya, tapi perlu diberikan pakan yang mengandung kacang kacangan, misalnya daun dan akar tanaman kacang tanah.

E. Minuman

Minuman sangat penting dan dibutuhkan kelinci, kalau ingin umur kelinci lebih lama (diatas enam tahun), maka berilah minum pada kandang kelinci, biar kelinci lebih terpenuhi akan kebutuhan air.

Dan berilah air minum tersebut dengan GMP agar tubuh kelinci lebih seimbang dalam ujmlah bakteri, dengan demikian kelinci akan sehat.

Yang menjadi kendala, bagaimana kalau memelihara indukan sudah diatas limaratus ekor ???, ini memang perlu dipetimbangkan, maka kalau ingin usaha dalam peternakan pedaging, disarankan mendekatkan kelinci pada sumber pakan hijauan, misalnya di dataran yang lebih tinggi agar dalam pencarian rumput tidak mengalami kesulitan.

Dan penting juga, pakan bukan satu satunya untuk menuju kesuksean dalam usaha memelihara kelinci, masih banyak faktor yang mempengaruhinya, diantaranya psikologi ternak.

About these ads

16 Desember 2011 - Posted by | Perhatian Terhadap Kelinci

49 Komentar »

  1. ok…Siiip..

    Komentar oleh Maz rianrabbit | 20 Desember 2011 | Balas

  2. Sy br mulai belajar beternak kelinci kosumsi.dn sy ingin tau cara membuat konsentrat.mohon informasiny.mksh

    Komentar oleh Ali | 4 Februari 2012 | Balas

  3. Iya prestasi gimana cara bikin pakan sendiri. Soalnya kalau sudah punya kelinci banyak agar lebih ekonomis.

    Komentar oleh aji | 6 Februari 2012 | Balas

    • Silahkan buat dengan bahan L 1. Pollar, 2. katul, 3. bungki kopra, 3 Tetes,4. Mutiara, 5 Kulit kacang, 6. Jagung, 7,sekam giling, 8 beberapa vitamin. Uahakan semuanya lembuh.
      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 6 Februari 2012 | Balas

      • untuk prosentase bahannya kira2 berapa ya? terima kasih.

        Komentar oleh ellan | 6 Februari 2012

      • Nanti ditanyakan pada waktu iut pelatihan di seasen pakan kelinci

        Komentar oleh prestasi kelinci | 6 Februari 2012

  4. salam prestasi

    untuk pakan kelinci yang di jual prestasi yang berbentuk mes ini sebenarnya termasuk pakan jenis konsentrat atau tidak ?

    untuk kandungan gizi dalam pakan tersebut berapa persentasinya? apakah cocok digunakan sebagai pakan indukan?

    Komentar oleh kurina | 6 Februari 2012 | Balas

    • Terima kasih
      Pakan di prestasi hanya sebagai pakan penguat, hijauan tetap diberikan. Kandungan gizi mencukupi, bisa di lihat di tabel kemasan.
      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 6 Februari 2012 | Balas

  5. apakah jika kelinci di beri pakan pellet akan gemuk??

    Komentar oleh inthan | 10 Mei 2012 | Balas

    • tergantung kandungan nutrisi pakan pelet tersebut yang menyebabkan kelinci gemuk atau kurus

      Komentar oleh prestasi kelinci | 11 Mei 2012 | Balas

  6. Banyak peternak kelinci ddaerah sya mengunakan knsentrat sapi perah ato laktasi untk pakan kelinci dcmpur dgn bekatul,yg sya tnyakan pa pgaruh jangka pnjag trhadap kelinci,krna yg sya tau knsentrat sapi megandung urea?

    Komentar oleh Dito | 26 Mei 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      kami sarankan jangan pake pakan yang menggunakan bahan konsentrat berbahan urea, sangat berbahaya buat pencernakan pada kelinci. Segera di tinggalkan saja. nanti bisa menyebabkan keracunan

      Komentar oleh prestasi kelinci | 27 Mei 2012 | Balas

  7. salam prestasi
    bagaimana cara menjaga agar bulu kelinci bgus bersih dan tebal

    Komentar oleh yadi | 11 Juni 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      Untuk menjaga bulu tetap baik, yang dari esternal adalah lokasi dan kebersihan kandang tetap terjaga. Kemudian internal, untuk mempercantik bulu dan memperkuat bulu dari keronytokan, berilah GMP setiap hai. Setelah satu bulan bisa dilihat hasilna.
      Selamat mencoba

      Komentar oleh prestasi kelinci | 12 Juni 2012 | Balas

  8. bisa minta informasi bibit2 yg bagus dan harga mairing di daerah mana yg ada?

    Komentar oleh Mas Backboner | 17 Oktober 2012 | Balas

  9. saya mau buka usaha ternak ,, gmn caranya supaya bisa berternak kelinci di daerah yang panas ,, tolong masukannya ,, Terima Kasih ,,
    Salam Persodaraan ,,

    Komentar oleh RITK | 3 November 2012 | Balas

    • Salam kembali,
      untuk mulai beternak, harus ada niat yang kuat dan dukungan dari keluara atau lingkungan yang ada di keluarga. Kemudian baca baca buku pengetahuan dan ikuti pelatihan yang membahas ilmunya. Masalah cuaca panas, kok gak ada pengaruhnya, kalau ada itupun sangat kecil.
      Salam kami

      Komentar oleh prestasi kelinci | 5 November 2012 | Balas

      • Mau nanya banyak Nieh ,,
        1. apa sieh itu GML & GMP ?
        2. apa perbedaan GML & GMP ?
        3. harga GML & GMP berapa ?
        4. apa d jual d daerah jawa barat kota subang tidak ?
        tolong informasinya ,,
        sebelumnya Terima Kasih ,,
        Salam Persodaraan ,,

        Komentar oleh RITK | 13 November 2012

      • Terima kasih,
        Untuk GMP merupakan bakteri positif yang dikembangkan khusus untuk ternak hewan menyusui dengan tujuan untuk mempertinggi daya tahan tubuh hewan, sehingga akan jarang terjadi sakit atau kalau ada ternak yang sakit akan cepat sembuh, tapi saudara perlu membuktikan, biar tidak dapat informasi sebelah saja.
        GMP bisa langsung pesan ke 081318930092
        Salam Prestasi

        Komentar oleh prestasi kelinci | 15 November 2012

  10. GMP harganya berapaan ?
    apa bsa d antar k daerah SUBANG ?
    saya pengen buka ternak kelinci d daerah Subang ,,
    tolong bantuannya ,,
    Terima kasih ,,

    Komentar oleh RITK | 17 November 2012 | Balas

    • harga 75 rb per botol setengah liter

      Komentar oleh prestasi kelinci | 17 November 2012 | Balas

      • plus biaya antar g mas ?

        Komentar oleh RITK | 17 November 2012

  11. 1. Katul
    2. Bungkil kopra
    3. Bungkil sawit
    4. Gamblong/ singkong yg sdah dilembutkan dan dikeringkan
    5. Garam
    6. Calsium
    7. Biji kapuk
    8. Tetes
    9. Tumpi
    bahan bahan diatas apakah cocok untuk konsentrar kelinci??

    Komentar oleh Suryono | 8 Desember 2012 | Balas

  12. Kelinci saya klo diberi hijauan cuman di makan sedikit tok… Sisanya di injak2 n di pipisin… Sebaiknya aku harus gimana ? Mohon bantuannya … Trimakasih…

    Komentar oleh fuad hasyim | 25 Desember 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      Coba hijauannya di gantungkan di kandang, sehingga kelinci dalam memakannya lebih injoy dan tidak terkencingi.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 25 Desember 2012 | Balas

  13. pak saya mau nanya,kalo pakan kelinci tanpa hijauan tapi cuma diberi pakan pf19 saja apa boleh?

    Komentar oleh kholid | 8 Februari 2013 | Balas

    • PF 19 hanya pakan penguat, bukan pakan utama, disarankan tetap diberikan hijauan, agar keberlangsungan kelinci ambah umur panjang.
      Salam kami

      Komentar oleh prestasi kelinci | 8 Februari 2013 | Balas

  14. berapa pasaran harga bmg..?

    Komentar oleh agus sutrisno | 13 Februari 2013 | Balas

    • yang dimaksud harga GMP ? er botol isi 500 cc Rp 75.000

      Komentar oleh prestasi kelinci | 14 Februari 2013 | Balas

  15. Bagai mna cra penyajian pelet dan kapan sja pelet d berikan

    Komentar oleh Gunawan | 6 Maret 2013 | Balas

  16. Bagai mna cra memilih bibit yg baik

    Komentar oleh Gunawan | 6 Maret 2013 | Balas

    • Coba baca artikel dalam blog ini, sedah banyak dibahas.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 7 Maret 2013 | Balas

  17. bagi rekan2 pembudidaya kelinci yg sedang cari2 pakan alternatif,kami juga menyediakan Azolla microphylla sebagai pakan alternatif untuk kelinci,azolla dengan kandungan protein yg tinggi,sangat baik untuk perkembangan ternak.anda dapat membudidayakanya sendiri sebagai stok,azolla sangat cepat berkembang biak,mudah di budidayakan.dengan membudidayakan azolla,anda serasa punya pabrik pakan sendiri.

    Komentar oleh doelghofoer | 19 Maret 2013 | Balas

  18. ada bedanya apa g,klinci yg diatas kandang am yg dibawah tanah.

    Komentar oleh comeng | 25 April 2013 | Balas

  19. ohya pak,,,,
    saya pakai pakan kulit kedelai yg di fermentasi apakah itu dah ckup ataukah masih mmbutuhkan hijauan?????

    Komentar oleh comeng | 25 April 2013 | Balas

  20. salam prestasi…,
    saya baru mulai ternak kelinci ni pak…,saya mau tanya gmna cranya agar kelinci mau d’kaci mkan bekatul krna slma ini sya kci kangkung tentunya sdh dilayukan dulu…krn sdh sya coba tp g mau….thx atas infonya….

    Komentar oleh bustomi | 14 Mei 2013 | Balas

    • Terima kasih,
      berikan pakan lama 75 % dan pakan baru 25 % selama seminggu, kemudian 50 % pakan lama dan pakan baru selama seminggu, kemudian pakan lama tinggal 25 % dan pakan baru 75 % selama seminggu, selanjutnya bisa pakan baru 100 %
      Saran saya hijauan tetap diberikan.
      Salam Prestasi kembali

      Komentar oleh prestasi kelinci | 17 Mei 2013 | Balas

  21. klo klompok prestasi di demak ada g z?

    Komentar oleh kandar | 25 Januari 2014 | Balas

  22. kelinciku cuma dikasih sayur sama umbi saja je

    Komentar oleh ipanase | 14 Mei 2014 | Balas

    • bagus, asal diselengi hijauan yang lain, biar nutrisinya tercukupi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 15 Mei 2014 | Balas

      • sayur seadanya :D

        Komentar oleh ipanase | 15 Mei 2014

  23. Apakah prestasi sudah
    ada cabang di
    kab brebes/cirebon?
    atau bisa
    tolong infonya
    tentang anggota
    Prestasi di
    kabupaten tersebut

    terimakasih

    Komentar oleh nabih9 | 14 Mei 2014 | Balas

    • coba saudara kontak di WA prestasi indonesia di 081318930092

      Komentar oleh prestasi kelinci | 15 Mei 2014 | Balas

  24. Halo , salam kenal.
    Mau nanya ,. :)
    GMP itu cara memberikanya bagaimana ?.
    Apa ada di daerah Tuban , Jawa Timur ?.
    Apa cocok buat kelinci umur ± 2 bulanan ?
    Ada nggak di Pet Shop ?

    Thanks dan maaf bila mengganggu. :) :)

    Komentar oleh wahyu | 26 Juni 2014 | Balas

    • GMP adalah merupakan bacteri positif (bening jernih) yang telah teruji untuk ternak kelinci segala umur, kami tidak membuka agen, bisa kontak ke prestasi pusat di 0818930092

      Komentar oleh prestasi kelinci | 29 Juni 2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 94 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: