PENGEMBANGAN KELINCI

Informasi Kelinci PRESTASI INDONESIA

WASPADAI KELINCI YANG TIDAK MAU MAKAN

.

Pernahkan kita mendapati kelinci tidak mau makan sama sekali, padahal pakan seperti yang biasa kita sajikan ???        Kalau menemukan hal yang demikian kita harus wasapada. Ada beberapa hal yang menyebabkan demikian, antara lain :

  • Kelinci stress yang luar biasa (depresi), sehingga kelinci akan tetap tidak mau makan, walau pakan yang diberikan itu adalah pakan yang sangat enak menurut kelinci. bila sampai seharian full terutama pakan yang diberikan malam hari tidak disentuh sama sekali, maka perlu ada tindakan, yaitu :
  1. Telitilah, apakah kelinci sakit, banyak tidur tengkurap dan mata sayu ?? segera diberikan obat injeksi dengan vit B12 dan diberi antibiotikm indogen, agar kelinci segera teratasi.
  2. Bila setelah di injeksi pagi hari dan siang hari tetap bungkam, segera lepas kelinci ke halaman, sebelum di lepas,  berilah madu satu sendok teh.
  3. Berilah hijauan disekitar kelinci dilepas dibawah agar bisa memilih pakan yang akan di makan.
  • Pembeian pakan kelinci yang tidak biasa makan seperti biasanya, misalnya biasanya  bentuk pelet atau crumble ke bentuk tepung atau sebaliknya atau biasanya dberikan hijauan hanya satu macam, kemudian ganti hijauan. Utuk kasus ini disarnkan :
  1. Pakan lama diberikan 75 % dan yang baru 25 %, empat hari kemudian pakan lama 50 % da pakan baru 50 %, dua hari kemudian 75 % pakan lama dan 25 % pakan baru, baru tiga hari kemudian 100 % pakan baru.
  2. Semprotlah pakan hijauan baru dengan cairan manis, misalnya madu, susu atau gula sedikit saja (ingat, semut bisa berdatangan, maka hijauan sedikit dulu saja yang disemprot, setelah habis, baru  pakan berikutnya.
  3. Biasakan kelici diberi obat cacing minimal lima bulan sekali .
  • Kelinci pertanda mau sakit, maka kelinci harus segera diobati, minimal diinjeksi Vit B12, antibiotik dan vitamin B complek.  Bagaimana , apa dan caranya :
  1. Kelinci  yang tidak mau makan harus di injeksi obat seperti diatas, dan bila perlu disuapin susu, untuk kekuatan dan penambahan cairan dalam tubuh.
  2. Kelinci dipindah kandangnya, jangan diletakan paling pingir di lokasi kandang, karena bisa menyebabkan stress tinggi.

Dengan tindakan sedini mungkin, maka kejadian fatal akan tidak terjadi. Jangan panik menghadapi kelinci sakit.

Semoga bisa bermanfaat.

About these ads

11 Januari 2012 - Posted by | Perhatian Terhadap Kelinci

128 Komentar »

  1. Oks siip…

    Komentar oleh Maz rianrabbit | 11 Januari 2012 | Balas

  2. Pak Fakkih kelinci saya baru saja melahirkan pertama kalinya, brincilnya lahir 2 selang 1 tetap brincil yang lahir mati semua. butuh berapa hari agar induk kelinci bisa dikawinkan lagi?

    Komentar oleh ellan | 13 Januari 2012 | Balas

    • saran saya, kelinci dilepas sekitar 4 hari, agar bisa lari lari, kemudian masuk kandang lagi, seminggu kemudian dikawinkan.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 13 Januari 2012 | Balas

  3. di injeksi B12 ya Pak? Ragu tuh. Sebab stok obat yang ada, jangan-jangan sudah kadaluarsa. Apa tak sebaiknya disuamin madu aja. Lebih yakin orisinalnya

    Komentar oleh Nevimaizar Maasin | 13 Januari 2012 | Balas

    • beli di apotik, B12 untuk manusia, warna merah cairannya. harga sekitar 8 ribu

      Komentar oleh prestasi kelinci | 13 Januari 2012 | Balas

      • Cara nyuntiknya gimana?saya ragu nyuntiknya.ada alternatif lain selain di suntik?

        Komentar oleh Arief Rahman Nur | 4 Februari 2012

      • Terima kasih,
        Memang injeksi (penyumtikan) merupakan jalan tercepat memasukkan obat atau vitamin dalam pembuluh darah. dan juga infus juga jalan yang cepat. tapi kalau kelinci masih mau makan, bisa lewat oral/mulut dengan vitamin atau antobiotik yang lewat makan.
        semoga paham

        Komentar oleh prestasi kelinci | 6 Februari 2012

      • saya pernah beberapa kali mencoba dengan cara di suntik alhamdulillah berhaasil,dapet di kasih tau dari tmen, dengan cara jarum suntik di masukan ke kulit dengan catatan di atas daging di bawah kulit,yang saya mau tanyakan apakah bener cara ini?

        Komentar oleh orox rabbit | 30 Mei 2012

      • Untuk penyuntikan dibawah kulit diatas daging untuk penyakit yang hubungannya dengan kulit, kalau vitamin atau antibiotik, cara penyuntikan masuk dalam daging.

        Komentar oleh prestasi kelinci | 30 Mei 2012

      • oiya mas dulu saya kalo nyuntik diatas daging dibawah kulit kalo kelinci kena scabies/budug yang sering saya lakukan di pundaknya/dibawah leher.kalo injeksi vitamin injeksinya dibagian mana mas

        Komentar oleh orox rabbit | 30 Mei 2012

      • vitamin disuntikkan masuk dalam daging

        Komentar oleh prestasi kelinci | 1 Juni 2012

  4. Pak tanya, untuk kelinci flemish giant, selang waktu kawin berapa hari dari masa sapih? Saya nyapih usia 45 hr apa cukup untk jenis kelinci besar.terimakasih

    Komentar oleh Mahendra | 17 Januari 2012 | Balas

    • Teria kasih,
      di Prestasi unutk kelinci Flamish dikawinkan pada umur minimal delapan bulan. untuk penyapihan umur 45 hari, setelah disapih, kelinci di bebaskan dulu selama lima hari, kemudian dikandangkan lagi selama semingu baru dikawinkan. kadi setelah analan umur dua bulan baru dikawinkan.
      Semoga dimengerti.
      salam prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 17 Januari 2012 | Balas

  5. Apakah tahap pelepasan itu sebuah keharusan, dan apa tujuanya. Mhn penjelasanya. Soalnya untk melepas kelinci dtmpt saya, hmpir tdh mngkn

    Komentar oleh Mahendra | 19 Januari 2012 | Balas

    • Tujuan pelepasan hanya untuk mempercepat pemuliha pada kandungan peranakan, jadi apaila nanti bunting lagi, secara fisik tubuhnya kuat.atau di pindah kandng ang lebih las. itu alternatifnya.
      semoga dimengerti

      Komentar oleh prestasi kelinci | 20 Januari 2012 | Balas

      • untuk pelepasan sebaiknya alasnya itu tanah apa plester/bata

        Komentar oleh orox rabbit | 30 Mei 2012

      • sempurna pada tanah

        Komentar oleh prestasi kelinci | 30 Mei 2012

  6. tadi pagi kelinci saya (umurnya 40 hari) sakit kembung(terdengar suara dari perutnya), kemudian saya kasih bawang putih+madu+air dan perutnya dikasih bawang merah dan minyak kayu putih, sore ini udah agk baikan tp, masih terlihat lemas dan tdk mau makan..
    bagaimana supaya dia kembali mau makan lagi?apakah bisa menggunakan vit.B12 untuk manusia?
    terima kasih

    Komentar oleh Chika Gichikasari | 22 Januari 2012 | Balas

    • Kembung memang sering terjadi pada ternak kelinci di peternak, tapi kalau memahami sebenanya ,tidak akan mengalami kembung. Coba baca lajur kana pada waktu pelatihan.
      Untuk kelici yang kembung dan bisa mau makan seperti semula, maka jumlah bakteri yang ada dalam lambung dan usus harus diseimbangkan,bila mau makan. Tindakan anda sudah benar, tapi terus disuapin dulu saja kalau makannya belum banak. Berilah makannya dengan tambahan GMP.
      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 22 Januari 2012 | Balas

  7. Vit. B12 disuntikan dimananya pak? Klo dikasih vit. B12 yg tablet boleh ga pak?

    Komentar oleh Widy Astiti | 22 Januari 2012 | Balas

    • boleh saja asal bisa masuk, tapi lebih efektif bila lewat injeksi.
      Salam prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 22 Januari 2012 | Balas

  8. terima kasih sarannya..
    sekarang kelinci saya yang sakit kembung kmrn jadi mencret, udah dikasih obat,vitamin dan madu tp,blum ad tanda2 baikan malah sama sekali ga mau makan apapun..
    bagaimana caranya supaya nafsu makannya kmbali lg?pdhl udh dksh vit.
    dana makanan ap saja yang cocok untuk kelinci 40hr yang lg skit mencret?
    terima kasih,pak..

    Komentar oleh Chika Gichikasari | 23 Januari 2012 | Balas

  9. assalamu’alaikum..ada pertanyaan terkait ternak kelinci
    1.pa kenapa ya kelinci tdk mau tmbuh besar?klinci tsb sy beli wkt dbwah umur 2blnan..
    2.apa pnyebab kelinci anakan atau dewasa pd mati.
    mkash sblm nya.. sy berharap bisa menjadi peternak yg baik.

    Komentar oleh arifrisnandar | 23 Januari 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      untuk kelinci sudah dikasih pakan yang bagus dan sehat tetapi tidak besar besar, itu disebabkan genetiknya memang jenis kecil, kemudian kedua perkawinan pada keturunan itu adalah masih hubungan keluarga atau sedarah.
      kalau kita memahami perbedaan pengetahuan dan ilmu, maka kelinci mudah untuk dikembangkan.
      salam prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 25 Januari 2012 | Balas

      • apa efek negatifnya kalo perkawinannya masih sedarah,dan apakah ada nilai positifnya
        maaf mas saya banyak nanya soalnya saya baru pemula dan baru kali ini saya bisa menanyakan permasalahan kelinci di blog ini.tks

        Komentar oleh orox rabbit | 30 Mei 2012

      • Terima kasih,
        Jangan mengawinkan kelinci yang masih sedarah, karena akan menurunkan generasi yang tidak bagus, mudah kena serangan penyakit karena daya tahan tubuh yang tidak kuat.
        Semoga mengerti

        Komentar oleh prestasi kelinci | 30 Mei 2012

  10. akhirnya kelinci saya mati juga…………

    Komentar oleh Chika Gichikasari | 24 Januari 2012 | Balas

    • Jangan putus asa,tetap semangat jadikan sebagai pengalaman.perbanyak pengetahuan cara beternak yg baik dan benar.ok

      Komentar oleh Herlambang | 27 Januari 2012 | Balas

  11. Saya ragu karna ngak pandai nyuntiknya.ada alternatif lain selain suntik?

    Komentar oleh Arief Rahman Nur | 4 Februari 2012 | Balas

  12. kelinci saya tidak mw makan

    Komentar oleh Arief Rahman Nur | 4 Februari 2012 | Balas

    • coba diberi madu dan susu dengan cara lewat pipet.bila berani dengan penyntikan vitamib akan lebih bagus.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 6 Februari 2012 | Balas

  13. ass wr wb, Ini ada kasus Pak. Kelinci jantanku pemurung 2 hr ini, tak mau makan. Beberapa minggu lalu dilepas sama betina dara siap kawin. Mmg kawin mereka terbukti betina telah hamil. Masih lincah sih. Lalu karena ada indukan menyusui perlu kandang nyaman, si indukan menyusui pindah ke kandang jantan. Si jantan pun numpang sementara di kandang induk menyusui tadi selama 2 hari karena kandang lagi dibersihkan. Setelah itu si jantan dilepas, wajahnya langsung murung. Lalu ia mencari betina satu lagi yang sedang hamil di luar. Rupanya betina telah buat lobang. Si jantan masuk ke lobang itu, lalu tidur siang disana. Takut kecolongan si betina beranak di luar, si betina pun dikurung. Si jantan biarlah lepas. Eh… bukannya malah senang. Dia malah pendiam dan tak mau makan. Berdasarkan hal ini yang ingin saya tanya:
    1.Haruskah betina hamil ini dikeluarkan lagi agar si jantan kembali ceria?
    2.Memang berapa jatah umur keliinci jantan? Soalnya ada kemarena jantan lain, setelah menghamili, lalu tak ada lagi betina akan dihamilinya, lalu dia melihat kelinci jantan lain kawin sama betina lain, dia malah menggigil, murung lalu mati mendadak
    3.Diatas umur 8 bulan, tidak dipotong, tidak kawinikan, apa memang begitu si jantan rawan murung tak mau makan, lalu mati? Soalnya sudah 3 yang seperti itu
    Oke Pak, trims atas jawabannya

    Komentar oleh Nevimaizar Maasin | 20 Maret 2012 | Balas

    • Wa alaikum salam.
      Terima kasih.
      Sebenarnya kasus ini pada waktu pelatihan sudah diutarakan banyak kasus, coba dibuka lagi catatan pada lajur kanan tersebut.
      kelinci jangan sering dipinda pindah tempat , terutama pejantan, karena sangat mempengaruhi kondisi psikologisnya kelinci. apalagi ada pejantan lain yang menempati kadang mereka, walau hanya sebentar.
      Jenis kelinci flam, umur bisa mencapai 4-6 tahun.
      Semoga dapat dimengerti.
      salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 21 Maret 2012 | Balas

  14. Wow, berari ada harapan mati lagi deh, Pak. Itu tandanya jantan dari prestasi dulu, habis. Tinggal bayinya yg harus sy besarkan. Soalnya kasihan dikurung terus. Karena digilir keluarnya, bentuknya serupa, akhirnya tertukar. Atau karena harapan sudah tipis, disuntik B12 takut karena sudah dicoba beberapa kali akhirnya mati juga, saya kapok menyuntik, masih ada cara lain kah, Pak?

    Komentar oleh Nevimaizar Maasin | 21 Maret 2012 | Balas

    • Coba pakan dirubah demikian :
      1. Hijauan diberikan layu, jangan kena air terutama air hujan. Hijauan dilayukan dengan ditiriskan.
      2. Berilah pakannya di campur madu. Minuman diberi GMP lebih banyak, satu tutup botol untuk dua liter.
      3. Hindari kelinci strees, msalna banyak tamu yang melihat.
      4. Jangan panik, santai saja (lajur kanan waktu pelatihan)
      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 22 Maret 2012 | Balas

      • Makasih byk Pak. Nasehat bpk akan sy lakukan. Soalnya setelah diberi madu, dia masuk sebentar ke kandang pilihannya. Lalu lari lagi ke luar dan tidur siang di lobang yang yg dibuat si betina. Alhamdulillah, sakali lagi makasih Pak

        Komentar oleh Nevimaizar Maasin | 22 Maret 2012

  15. ass wr wb
    saya putri di Jogja..
    kelinci saya udah 2 hari g mau makan wortel atau kangkung dan cm tiduran aja dikandang, biasanya kl ada yg lewat di depan kandang pasti heboh dan ngajak main, tp ini ada org didpn kandangnya dicuekin..

    hari sabtu kmrn dikasih pelet (sebelumnya blm pernah) trus mulai minggu pagi ga mau makan sampe senin sore..udah kubawa ke dokter hewan katany cm kaget krn pakannya diganti tiba2 dan dikasih vitamin,cm sampe dirmh masih g mau makan juga..

    dr td siang makanannya saya blender dan diambil air nya trus saya suapin, dia mau, tapi kl dikasih wortel atau kangkung biasa dia g mau makan..

    oiya,,dia g mencret..
    itu gimana yah? kasian liatnya >_<
    mohon info nya

    Komentar oleh Putri | 2 April 2012 | Balas

    • Terima kasih.
      Yang perlu kita pahami dulu adalah, penyebab tidak mau makan karena apa ?. Ada beberapa penyebab kelinci tiba tiba tidak mau makan :
      1. Pakan yang dibrikan terus menerus tanpa ada variatif,
      misalnya selama lebih empat hari hanya dikasih satu atau dua jenis pakan secara terus terusan.
      2. Perubahan pakan secara mendadak.
      misalnya biasanya makanan tiap hai A,B, C tiba tiba diganti pakan F tanpa adaptasi dulu.
      3. Kelinci kekurangan gizi atau kandungan mutrisi pakan yang diberikan kurang memenuhi kebutuhan kelinci
      Misalnya hanya kangkng saja atau wortel, dimana sumber calsium dan protein kurang.
      4. Kelinci memunjukkan gejala sakit, sehingga perlu diberi vitamin, kala jelas sakit bisa dikasi antibiotik.
      5. Di rumen kelinci erlu adanya bakteri positif yang lebih banyak, maka berilah bakteri positif pada minumnya.

      Saran saya :
      1. Suapin dulu kelinci dengan madu dan dicampur dengan vit B 12
      2. Bila memungkinkan, kelinci dikeluarkan dari kandang, biar bebas dulu.
      3. Untuk karbohidrat, bisa diberikan gandum (bisa roti tawar)
      4. Jangan panik, tetap kasih sayang kita diberikan pada kelinci .

      Semoga bisa dilakukan, semoga cepat sehat.
      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 3 April 2012 | Balas

      • pada umumnya kebanyakan penghobis atau peternak pemula ada 4 masalah dalam kelinci yang sering terjadi:
        1. kelinci kembung
        2. kelinci mencret
        3. kelinci bersin2/pilek
        4. kelinci scabies

        Dari ke empat masalah yang sering terjadi itu,dengan cara pengobatan tradisional. ramuannya apa saja dan cara pengobatannya bagaimana ( ini sangat berguna bagi peternak yang memiliki modal kecil yang harus beli obat jadi?

        Komentar oleh orox rabbit | 30 Mei 2012

      • Terima kasih,
        Coba buka jurus sakti lajur kanan pada waktu pelatihan, disana sudah di jelaskan sampai detail
        Salam prestasi

        Komentar oleh prestasi kelinci | 30 Mei 2012

      • terima kasih prestasi kelinci
        mudah2an dengan masukan2 dari prestasi kelinci,usaha yang ke2 kali ini bisa berjalan dengan baik.dulu pertama kali saya mencoba ternak kelinci dengan jumlah indukan 30 ekor mati semua karena sedikit ilmu yang saya tau.
        maju terus prestasi kelinci

        Komentar oleh orox rabbit | 30 Mei 2012

  16. assakum.,

    sya mau nannya., klo kelinci saya kan lgi hamil., trus ngga doyan makan di pojokan trus.,
    itu knpa ya..?

    Komentar oleh randy | 20 Juni 2012 | Balas

  17. asakum.,
    saya mau tanya.,
    klo klinci saya lgi hamil., tpi ngga doyan makan udh 2 hari nie., di pojokan trus.,
    itu knpa ya..?

    Komentar oleh randy | 20 Juni 2012 | Balas

    • Wah, itu pertanda mau sakit, berilah vit B 12 setiap dua hari. kemudian berilah hijauan rumput yang sudah dilaukan, teruama daun lebar.
      Semoga cepat sehat

      Komentar oleh prestasi kelinci | 20 Juni 2012 | Balas

  18. terimakasih pak, artikel.a sangat brmanfaat, dan sangat jelas. semoga kelinci2 jd pda sehat.

    Komentar oleh maulana | 16 Agustus 2012 | Balas

  19. maaf, mau nanya..
    kelinci saya pada waktu lebaran kmrn saya titipkan ke penitipan hewan…setelah pulang dr tempat penitipan, mulai td pagi dia ga mau makan,, pdhal selama dipenitipan saya menyertakan pakan yg biasa saya berikan (wortel + kangkung) tp sejak pagi dia ga mau makan, kl saya keluarkan dr kandang dia mau lari2,,cm kl di kandang jd tiduran terus..

    sampe saat ini saya suapin air madu, jus wortel (selang seling tiap 2 jam sekali) sm saya kasih multivitamin…
    apa perlu dibawa ke dokter yah?perlu disuntik vit. B12 atau cukup dikasih vit. B12 secara oral?

    Komentar oleh Dinda | 24 Agustus 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      Kemungkinan kelinci saudari stress, dan tertekan dan akan berakhir kelincnya jadi sakit.
      Langkah yang saudara tempuh sudah bagus, kalau belum atau tidak mau makan, disuapin madu dan vitamin oral, kalau makannys sedikit bisa diberi vitamin injeksi B12. Bila ada GMP, berilah GMP pada minuman atau di suapin, biar bakteri yang merusak bisa di netralisir.
      Salam kami.
      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 25 Agustus 2012 | Balas

      • untungnya kelinci saya udah mau mkn tanpa diberi vit. B12 inj, cm hari pertama agak ‘repot’ krn tiap 2-3 jam hrs kasih air madu atau jus wortel, takut dia lemas krn dia sama sekali ga mau makan, apalagi waktu malam..untungnya mulai kmrn udah mau makan dikit2..

        terimakasih info dan sarannya ^^

        Komentar oleh Dinda | 27 Agustus 2012

  20. asskum..
    Mo tnya nie om..,kelinci q jnis angora yg betina baru beli 2 hr kmrin mati,umurny sktr 4 bln.,prtama di beli matanya agak belekan,trs q kasih obat tetes mata,tp sejak itu sharian tdk mau mkan smpai ahirnya mati.,yg q mo tnyain apa ada hubnganny obat tetes mata dan kelinci yg tdk mau makan…

    Komentar oleh nugpindho | 10 Oktober 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      saran saya, kalau beli ternak kelinci, belilah di penangkar kelinci, atau peternak besar, mahal dikit tapi kualitas bisa dipertanggungjawabkan. Jangan beli di pasar atau penjual di pinggir jalan.
      Saya duga kelinci itu pindah lokasi dan suhu udara ada perbedaan yang signifikan, sehingga terjadi depresi di kelinci, berakibat mudah mati karena daya tahan tubuh yang rendah.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 11 Oktober 2012 | Balas

  21. mau tanya pak, saya punya kelinci dan kelihatanya kembung, terdengar suara berisik di perutnya dan terlihat sangat lemas sampai tidak mampu menyangga kepalanya. dan tidak mau makan walau sudah saya suapin. tindakan pertama kita apa? apakah injeksi vit b12 intramuskular? dan dosisnya berapa? terimakasih

    Komentar oleh jefri | 4 November 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      coba perutnya di elus elus pakai minyak jinten, setelah kentut, berilah madu di mulutnya, kalau sudah mulai duduk, coba berilah cairan GMP secukupnya, kalau memang sudah dua hari tidak makan, berilah injeksi vit B 12 dan pisahkan dari kandang tersendiri.
      Semoga berhasil

      Komentar oleh prestasi kelinci | 5 November 2012 | Balas

  22. URGENT,!!! Dok hr ini kan hari libur nasional jd smua klinik hewan tutup. Saya butuh konsultasi..

    Kelinci saya umur 1thn, sdh 3 hr lesu mknnya sedikit. Hari ptama dbawa k dokter cm dsuntik vitamin. Kemudian mlmnya badanya panas, jadi kita ksh neozep sampai 2hr, tdk ada perubahan, mkn kangkungnya dikit sekali. Pup dan kencingnya tdk mencret, hanya sedikit ( krn mmg mknnya sedikit). Pagi ini saya ksh curcuma. Selama sakit 3-4hr ini Dia ga mau nyentuh peletnya, maunya cm kangkung dan cenderung hanya batangnya saja.

    PLEASE URGENT
    PLEASE URGENT
    PLEASE URGENT
    PLEASE URGENT
    PLEASE URGENT

    Komentar oleh Svenska | 15 November 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      saran saya :
      Pertama berilah injeksi (suntikan) antibiotik dan vit B12 untuk pengobatan pertama, kemudian berilah minuman melalui pipet, yaitu campuran madu satu sendok teh, GMP setengah sendok teh dan air putih tiga sendok, campur dan berikan pada kelinci yang sakit melalui mulut dengan campuran tersebut dengan mengunakan pipet.
      Langkah kedua, pindahkan ke kandang karantina untuk kelinci sakit, berila perlakuan agak istimewa agar cepat sembuh.
      Langkah berikutnya, ulangi penyuntikan antibiotik dan vitamin B tadi pada hari ketiga dengan dosis setengah sampai satu cc.
      Semoga dapat menolong, maaf balasnya agak terlambat, karena tadi baru melantik pengurus baru prestasi di banjarnegara
      Salam prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 15 November 2012 | Balas

  23. tanya pak.kelinciku usia 8 bln smuanya jantan,yg 1 sy sk bw kelinci ke rmh ortu,pas balik dari rmh ortu kelinciku ga mau mkn pelet sy pikir kembung jd sy obatin pk rebung tp ga ngaruh.3 hr kmudian klinciku mati.yg 2 usianya sma 8 blanan,dikawinin sm betina,yg betina ga mau kawin stiap kali dikawinin betinanya ga mau kawin.lalu yg jantan sy masukin kandang lg tp ga mau mkn pelet lalu 3 hari kmudian kelincinya mati lg.mohon pencerahannya?tks

    Komentar oleh dede | 19 November 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      Saran saya kalau mengawinkan kelinci, kelinci betina yang dibawa ke kandang jantan. jadi tida terjadi stress

      Komentar oleh prestasi kelinci | 20 November 2012 | Balas

  24. mas, mau tanya nih..
    ni knapa y kelinciku kok tiba2 gga mau makan..
    pdahal biasanya kalo makan, dia lahapp banget.

    trus, tolong kasi tau kiat2 merawat anak kelinci ya..
    makasii.. :)

    Komentar oleh arinta | 31 Desember 2012 | Balas

    • tu pertanda kelinci mau sakit, berilah vitamin dan di lepas dari kandang. Kurangi hijauan yang sifatnya lemas (sayuran
      Coba baca artikel sebelumnya di blog ini, sudah banyak di uraikan.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 1 Januari 2013 | Balas

      • oke mas..
        oh iya..kalo telinga jatuh sebelah itu karena apa mas?

        mohon d jawab y.. maklum masih pemula..
        makasii…

        Komentar oleh arinta | 1 Januari 2013

      • Terima kasih,
        biasanya kalau telingan jatuh itu tanda kelinci mau stress, mialnya kandang terlalu sempit, atau kandang tidak nyaman, misalnya kurang sinar matahari. saran saya di lepas dulu saja selama dua minggu dan diberikan pakan yang seimbang dengan kebutuhan kelinci.

        Komentar oleh prestasi kelinci | 2 Januari 2013

  25. td kelinci aq udh ga mw makan gerak jg udh g mw, kynya dia mencret, hbs makan pelet, trs sama aq kasih obat mencret, trs lumaya aktif, tp g mw makan gmn caranya biar mw makn lagi kelinci aq

    Komentar oleh dinea | 1 Januari 2013 | Balas

    • Terima kasih,
      kelinci mencret dikarenakan bateri imbangan negatif dalam tubuh kelinci berlebihan, sehingga perut terasa tidak nyaman dan mules, berakibat kelinci malas makan dan bergerak.
      Tindakan yang tepat harus diobati dengan memberikan antibiotik.dan untuk menyeimbangkan bakteri dalam tubuh kelinci, disarankan dengan diberikan GMP, agar kelinci selalu sehat.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 2 Januari 2013 | Balas

  26. mau nanya mas, saya baru beli kelinci angora betina umur 3 bulan buat temen kelinci angora jantan saya yg umurnya 5 bulan.. nah pas saya coba keluarin yang betinanya dari kandang, yang jantan langsung ngejar sambil ngendus dan jilat2, mungkin dia udah siap kawin..
    pertanyaannya, kalo saya biarin kawin bakalan gimana? kalo ga boleh, sebaiknya saya gimana ya? makasih sebelumnya..

    Komentar oleh karima | 7 Januari 2013 | Balas

    • Terima asih,
      Untuk kelinci umur 3 bulan belum dewasa kelamin, dan si jantan baru dewasa kelamin, dua duanya belum dewasa fisik, kelinci jenis kecil itu umur dewasa sekitar 6-8 bulan.
      Kami sarankan di pisah dulu samai umur betina umur 7 bulanan, baru dikawinkan.
      Salam kami

      Komentar oleh prestasi kelinci | 8 Januari 2013 | Balas

    • pak saya mau nanya nih…
      Klo kelinci makanan nx apa ya pak, soal nx saya baru formula….

      Komentar oleh fauzi | 29 Maret 2013 | Balas

      • Kelinci pada dasarnya makanannya adalah hijauan yang tumbuh di bawah (tanah) dan bukan segar.

        Komentar oleh prestasi kelinci | 30 Maret 2013

  27. waduh…. kelinci saya cewek cowok nih… tapi semenjak dibeli, tidak pernah dipisahkan, selalu dalam satu kandang…..

    Komentar oleh NFL | 10 Februari 2013 | Balas

    • kelinci saya sudah berumur kurang lebih 5-6 bulan

      Komentar oleh NFL | 10 Februari 2013 | Balas

      • biasanya seumur segitu saudah kelihatan buah pelirnya kalau cowok

        Komentar oleh prestasi kelinci | 11 Februari 2013

    • coba di ce, kalau sudah umur segituan, biasanya kalau cowok sudah kelihatan buah pelirnya.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 11 Februari 2013 | Balas

  28. Ass wr wb, Maaf Pak Fakih, sengaja saya menulis ini di kelompok Kelinci Tak Mau Makan. Saya punya kasus seperti di rubrik ini. Tapi alhamdulillah kelinci yang tak mau makan tersebut, saya beri madu lalu di lepaskan. Rutin sampai sebulan kemudian dia pun sembuh. TAPI setelah umur hampir 1 tahun, beberapa kali dikawinkan, tak juga bisa-bisa hamil. Waktu dikawinkan seru sekali terjadi ITU TU jelas sekali. 20 hari kemudian dia pun sudah ada tanda-tanda akan melahirkan, dia buat lobang, menggorek lantai. Tapi lebih 30 hari hilang lagi, perutnya kurus lagi. Di kawinkan lagi seperti itu juga. Awalnya mau lalu perutnya hilang lagi. Anehnya dia malah mengisi kota melahirkan dengan rumput-rumput sisa makanannya. Nah, bpak, apa yg harus saya lakukan? Dia sehat dan lincah. Di dekatkan lagi dengan pejantan malah berbunyi huk-huk seperti layaknya kelinci hamil

    Komentar oleh nevis_maizar@yahoo.co.id | 19 Maret 2013 | Balas

    • Wa alaikum salam,
      Coba ganti pejantan, kemungkinan si betina ini pernah liat si jantan mengawinin betina lain. (barangkali cemburu berat he he he).
      Semoga semakin berhasil

      Komentar oleh prestasi kelinci | 19 Maret 2013 | Balas

  29. aduh, kayak manusia banget wataknya ya, pak. Makasih Pak

    Komentar oleh nevis_maizar@yahoo.co.id | 20 Maret 2013 | Balas

  30. maaf ditanggapi lagi, Pak. Jadi gara-gara jantannya kurang “Ganteng” ya Pak. Wah jelas dong. Jantan sumatera menurut saya badannya agak kecil, mulut panjang seperti tupai. Sedangan Jantan dari Prestasi, Ganteng banget. Telinga panjang, badan pesar, patuh. Tapi pernah saya minta 1 jantan kiriman Bapak. Bapak tak mau harus 2. Ya… padahal kelinci Prestasi idamannya kelinci betina, dan anaknya cantik-cantik dan unit-unit. Jadi ceritanya kelinci saya ini ibarat Tante-tante dikawinin sama brondong. Ternyata brondongnya lolo (bodoh) makanya si brondong di kasih nama BROLO, Brondong Lolo (brondong bodoh). Masa mau kawin malah mengggit punggung betina sampai berdarah darah

    Komentar oleh nevis_maizar@yahoo.co.id | 20 Maret 2013 | Balas

  31. Pak Fakkih
    Alhamdullilah kelinci saya yg lain baru beranak.masalahnya 2 hari ini makannya malas2an.padahal biasanya lahap.saya coba suapin madu n saya suntik pakai vit B complex.klo misalnya saya turunkan dari kandang bisa ndak ya.takut terjadi apa2 sama anakannya.untuk standart pemberian pakan konsentrat n hijauan Kira2 berapa banyak ya Pak untuk kelinci hamil n menyusui.trus antibiotik indogen seperti ditulis diatas itu produk mana ya Pak….saya cari diapotik pada ndak tahu.
    Terima kasih sebelumnya

    Komentar oleh merdi | 23 Maret 2013 | Balas

    • Terima kasih.
      Untuk kelinci bunting dan menyusui, usahakan hijauannya yang lebih banyak, biar kualitas susunya baik dan banyak, sehingga brindil yang lahir bisa hidup sampai dewasa.
      Selama si brindil sudah berjalan keluar kandang, bisa di turunkan sama indukannya di kandang yang lebih besar.
      Antibiotik indogen bisa dikirim dari klaten.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 24 Maret 2013 | Balas

  32. kelinciku lagi mencret. dia tidak mau makan,minum juga tidak mau,diem tengkurap aja ga mau gerak.telinganya uga dingin..cara untuk mengobatinya gimana ya? udah dikasih madu dan obat mencret tapi masih tetep z keliatan lesu. kasian ngeliatnya

    Komentar oleh ninin | 1 April 2013 | Balas

    • Coba di suntik vit B 12 dan disuntik antibiotik endogen, mudahan segera sehat

      Komentar oleh prestasi kelinci | 5 April 2013 | Balas

  33. mau tanya ..
    kelinci saya bulunya rontok parah , tapi pola makannya teratur nafsu makannya juga baik ada yang bilang karna perubahan wrna bulu tapi kalo saya perhatikan warna bulunya makin hari berubah sedikit demi sedikit apa benar bulunya rontok karna sedang perubahan warna bulu ?

    Komentar oleh anna chairuna | 4 April 2013 | Balas

    • Bulu rontok merupaka ciri asupan paakannya kurang menenebuhi nutrisi yang dibutuhkan kelinci, di perbanyak hijauan yang berdaun kecil dan panjang dan setiap pemberian minimal tiga macam hijauan (berilah pakan hijauan setiap pemberian minimal tiga macam rumput)

      Komentar oleh prestasi kelinci | 5 April 2013 | Balas

  34. Hi min, aku Pamela, aku punya kelinci 1 namanya Rihanna, dia lincah makan minumnya juga banyak, terus tbtb saya lihat kaki belakang kirinya pincang padahal gapernah jatuh atau kenapa2, saya baca di internet suruh kasi balsem, berhubung gak ada balsem saya kasih counterpain, udh saya oleskan sedikit2 tp blm sembuh juga itu knp ya? Apa ada alternatif lain min?

    Terus saya baru beli 1 kelinci lagi untuk nemenin Rihanna. Malamnya saya kasih pelet sama timun seperti yg biasa saya kasih ke Rihanna. Besokannya setelah saya pulang sekolah saya lihat kelinci yg baru itu mencret lumayan byk sampe kaki belakangnya belepetan gitu :( itu kenapa ya? Memang malam sampe besok sorenya itu hujan deres bgt, tp apa karna pakan yg saya kasih juga? Tapi kok cuma satu aja ya min? Pas saya elus-elus kupingnya agak dingin. Saya udh kasi air gula merah diminumannya tp gamau diminum, mau saya suapin langsung dia berontak saya gak tega megangnya, dia juga gamau makan. Saya harus gimana ya? Saya takut sekali kenapa napa..
    Tolong reply secepatnya ya min
    Kalo gak keberatan via sms (089613457801)

    Terimakasih banyak min :)

    Komentar oleh Pamela | 4 April 2013 | Balas

    • Saran saya, badan kelinci atau anggota badan kelinci jangan diolesi jenis obat obat gosok, karena malah akan menambah stress kelinci. Perlu dicari kenapa kakinya begitu, apa karena kurang calsium dan pospor karena tidak diberi akar akaran rumput ? coba di suntik calsium dan anti nyeri, biar kelinci lebih nyaman.
      Yang anda lakukan untuk menambah asupan pada pakan sudah benar, coba ditambah lagi madu, semoga kelinci cepat sehat.yang disebabkan

      Komentar oleh prestasi kelinci | 5 April 2013 | Balas

      • Kelinci yg barunya mati td pagi min :(

        Oh ya min, barusan aku pulang sekolah, aku liat minuman air gula+madunya sedikit berkurang terus kakinya udh lumayan baikan udh bisa napak sedikit makasih ya min.

        Tp aku mau tanya, kalo suntik calsium itu dibawa kedokter apa nyuntik sendiri? Kalo sendiri, beli calsiumnya dimana + nyuntiknya dibagian mananya?
        Thanks min :)

        Komentar oleh Pamela | 5 April 2013

      • Semoga terus sehat kelincinya, Untuk calsium injeksi, coba beli di apotik, semoga bisa terwujud impian saudara.

        Komentar oleh prestasi kelinci | 7 April 2013

  35. kelinci saya betina, sudah 3 hari ini malas makan, dan lemas, saya beri yeh hangat dia mau, tapi setelah itu lemas lagi. Selama ini makanannya saya variasi, pagi wortel, siang pelet, malam variasi juga kadang brokoli, wortel atau jagung, kadang say aberi rumput.

    Komentar oleh iland | 22 Mei 2013 | Balas

    • Saran saya, berilah injeksi obat Vit B, kemudian berilah hijauan setiap hari, agar kebutuhan nutrisi alami tercukupi.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 22 Mei 2013 | Balas

      • tadi sore kelinci saya mati pak, sebelumnya saya bawa ke dokter hewan, disana diberi infus. apa karena infusnya ya, saya tidak tahu. badannya tetap demam waktu dibawa ke dokter, saya jadi menyesal sekali

        Komentar oleh iland | 22 Mei 2013

      • Untuk kelanjutan memelihara kelinci, usahakan kelinci diberikan pakan secara alami dan ditanyakan waktu membeli, sebelumnya diberikan pakan apa, dan yang penting, belilah kelinci di peternak atau penangkar, biar tahu pakan sebelumnya yang diberikan.
        Salam kami

        Komentar oleh prestasi kelinci | 23 Mei 2013

      • sayang tidak diberikan data yan lengkap, misal gejala sakit, pakannya, hinauannya dan lainnya

        Komentar oleh prestasi kelinci | 29 Mei 2013

  36. karena kelinci saya mati, anak saya minta dicarikan kelinci lagi seperti itu, dimana kah saya bisa beli kelinci yang usianya kurang lebih 6 bulan, betina, sebagai teman kelinci yg masih hidup?

    Komentar oleh iland | 25 Mei 2013 | Balas

  37. Saya msh ragu apakah kelinci saya hamil atau tdk, sdgkn perkawinan sdh dr 25 hari yg lalu, gmn cara memastikannya selain dgn cara meraba perut kelinci?

    Komentar oleh lisa septiana | 24 Juni 2013 | Balas

    • Biasanya kalau mau dipegang atau diangkat akan protes, mengeluarkan suara

      Komentar oleh prestasi kelinci | 24 Juni 2013 | Balas

  38. trmksh,gan tas ilmu nya..tp,mau tnya neh: selain injeksi,ada gak cara laen,dg pengobatan alami??

    Komentar oleh any-yamaha | 30 Juni 2013 | Balas

  39. Pak,kmrn klnci q mati..
    2hr yg lalu 1,kmrn 1..
    Yg kmrn wkt sblm mati,teriak knceng bgd,ibarat org tuh sekarat..
    Q bingung krn ga tw menahu ttg klnci,aplg klnci lg skit gt..
    Q ksh susu sachet,tp ga mempan..
    Akhirny dy mati pak..
    Itu anak kelinci yg umurny bru 40hri lah kira2..
    Sedih bgd pak..
    Semua lahir 5,mati 2 jd tggl 3..
    Gimana solusinya pak cara mnjaga klncinya ?
    Kta org jawa ga boleh dipegang ?
    Apa bner..?
    Mnumnya hrus dksh obat2 gt ap biasa aj ?
    Takut mati lagi pak..

    Komentar oleh Emil | 23 Juli 2013 | Balas

    • Saan saya, selama umur kelinci masih dibawah 2,5 bulan, biar diasuh sama induknya, jadi tidak disarankan beli anakan umur dibawah 2,5 bulan. Karena tingkat kematian bisa tinggi,
      Untuk memperkuat kondisi kelinci, berilah minumannya dengan vitamin atau GMP, kemudian berilah hijauan yang banyak dan variatif, sekali pemberian mnimal dua macam hijauan.
      Salam kami

      Komentar oleh prestasi kelinci | 27 Juli 2013 | Balas

      • bapak, permisi saya mau tanya juga..
        ini kelinci saya baru berumur 1 bulan,alhamdulillah sehat, banyak makan..
        tapi ketika kencing, air kencingnya berwarna merah..
        setahu saya itu karena kbanyakan serat.. bagaimana menurut bapak?
        dan daun apa yang sebaiknya saya berikan?

        terima kasih banyak, Pak..
        salam prestasi.. :)

        Komentar oleh arinta | 23 Agustus 2013

      • Terima kasih.
        Untuk kencing yang berwarna merah, itu dipengaruhi asupan makanan dari hijauan yang diberikan, asal jangan kencing berwarna diikuti keruh, ini kemungkinn kelinci sakit didlam pencernakan.
        Klu kelinci dah makan banyak dan sehat, tidak masalah.
        Salam Prestasi kembali.

        Komentar oleh prestasi kelinci | 25 Agustus 2013

  40. boleh gk ngelepasinnya ke lantai tapi dari karpet

    Komentar oleh Anindya Annisa Sone | 20 September 2013 | Balas

  41. kalau obat cacing itu obat cacing khusus kelinci atau yang untuk manusia? Berapa takar biasanya?

    Komentar oleh shely | 12 Oktober 2013 | Balas

    • Terima kasih,
      kalau ada obat cacing kelinci lebih bagus, kalau tidak ada, bisa menggunakan obat cacing untuk kambing atau sapi, cuma dosisnya dikurangi.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 12 Oktober 2013 | Balas

  42. Pak Saya Punya Kelinci Tapi Kelinci Saya Lemas Sehingga Tidak mau Makan Bagaimana ya Pak Biar Kelinci Saya Bisa Makan Apa yang harus saya Lakukan Pada Kelinci Kecil Saya, Kelinci Saya Sudah Lemas Perut Sangat Kosong Tpi Terlihatnya Seperti Sakit Tolong Penjelasan nya Pak Kelinci Saya Tidak mau Kelinci Saya mati

    Komentar oleh Ketzu Arematea | 21 Oktober 2013 | Balas

  43. Pak saya mau tanya..
    kelinci saya umurnya hampir 2 taun..
    Beberapa hari yang lalu dia hilang terus ketemu2 lagi baru kemaren di tetangga..
    Tapi kelinci saya jadi pendiam dan susah makan padahal sebelumnya sangat aktif dan nafsu makannya baik..
    Harus bagaimana ya Pak biar kelinci saya baik lagi seperti dulu..
    Terima Kasih.

    Komentar oleh Citra Amalia S. | 23 Oktober 2013 | Balas

    • kayaknya kelinci saudara baru stress, coba beri susu dan madu, kemudian diberi pakan yang biasa dulu diberikan, kalau perlu di suntik vit B complek

      Komentar oleh prestasi kelinci | 24 Oktober 2013 | Balas

  44. pak bagaimana kalau kelinci masih kecil itu tidak aktif

    Komentar oleh waly daffa | 17 November 2013 | Balas

    • kami belum paham maksud saudara. tidak aktif gerak, atau makan atau yang lain, agar bisa diperjelas

      Komentar oleh prestasi kelinci | 17 November 2013 | Balas

  45. kelinci Q lg ga mau makan nih udah beberapa hari, badan nya kurus.. 2 minggu sebelumnya melahirkan. klo mw diberi madu sama dicampur vit b12 aturan takarannya segimana ya?thx

    Komentar oleh Hanny Hamzz | 19 November 2013 | Balas

  46. Gan kelinci ane kupingnya yg kanan turun sebelah dan lemes. Dia tiduran aj gk mau makan… Mohon solusinya…

    Komentar oleh abdul | 1 Desember 2013 | Balas

    • Saran saya.
      1. berilah vitamin dengan injeksi, misalnya vit B12.
      2. kalau dalam 2 hari tidak ada perubahan, berilah injeksi antibiotik

      Komentar oleh prestasi kelinci | 3 Desember 2013 | Balas

      • untuk pemberian dosis B12 & Bcomplex pada kelinci berapa cc/ml, dan pemberian brapa hari sekali, kira-kira untuk pelatihan d daerah tangerang kapan adanya dab berapa biaya untuk ikut pelatihan tersebut. trimakasih…….

        Komentar oleh karnoto | 8 Desember 2013

  47. Kelinci saya melahirkan didalam lubang, pas hari pertama melahirkan, lubangnya itu tertutup dan hari berikutnya saya suka liat si induknya menggali lagi mungkin mau menyusui. Tapi dihari ke5, lubangnya itu tetap terbuka dan si induknya kelihatan murung, banyak tidur tengkurap, mata sayu kaya berkaca2. Kemungkinannya kenapa ya? Share donk!

    Komentar oleh Hary | 2 Desember 2013 | Balas

    • 1. Berilah makanan kelinci seperti biasanya diberikan dalam jumlah lebih banyak.
      2. Berilah makanan ekstra tambahan, misalnya daun pepaya, daun katu, daun kacang tanah yang sudah tua.
      3. Berilah minuman yang diberi tambahan vitamin.
      4. Biasakan kita jangan terlalu sering melihat perilaku kelinci dalam mengurus anaknya.
      5. Kelinci adalah binatang malam, maka dimalam hari pakan harus lebih banyak.
      Mudahan bermanfaat.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 3 Desember 2013 | Balas

  48. ♍ªªΰ tanya donk,, kelinci sya 3 hari lalu jatoh dari lantai 2 ke lantai 1 dari balkon kamar sya,, cz Є̲̣̣̣̥М̣̣̥̇̊α̇̇̇̊N̤̥̈̊Ǧ̩̥ kelincinya d umbar,, kayanya jatohbya ♏αLαм,, tapi sya baru tahunya pagi2,,
    1 hari abis itu dya ƍäääª  ♍ªªΰ mkan,, murung,, kuyu,, itu kenapa yach ?? Dan penanganannya gmn ??

    Komentar oleh nia | 21 Desember 2013 | Balas

    • Terima kasih,
      apakah kelinci luka, nisal memar, patah tulang, atau berdarah misalnya. Coba kalau terjadi luka di suntik pengurang sakit, kemudian diberikan obat B complek, sama makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.
      Minumannya bisa diberikan madu.
      Selamat mengobati, semoga cepat sembu

      Komentar oleh prestasi kelinci | 22 Desember 2013 | Balas

  49. aku baru beli kelinci,kata penjualnya sih 2 bulan,wktu udh sampai rumah dia ga mau makan pelet dan wortel. minum pun cuman sedikit,eh aku kasih dia nasi baru deh mau makan,trus keesokan harinya kelinci ku ga mau makan dan minum lagi trus aku kasih nasi lagi dan dia mau ,tapi hari ini lebih sedikit dari yang kemarin,kalau di kasih lidi dia gigit2,kelinci ku knapa ya?
    minta solusi ny donk

    Komentar oleh astriani | 23 Desember 2013 | Balas

    • Terima kasih,
      Kemungkinan anakan ke

    • inci anda baru stress, dikarenakan tempat, pakan dan perilaku. usahan asupan pakan bisa masuk agar bisa bertahan,
      Saran saya kalau beli kelinci yang sudah dewasa, agar lebih tahan dan berkembang.
      Salam kami
    • Komentar oleh prestasi kelinci | 25 Desember 2013 | Balas

  • eh eh,,,,kelinciku skrang lagi mencret parah,sampe 2 kaki belakang kena kotorannya yang lembek terus bau lagii,jadi kurus deh.kasian kan liatnya,,
    kalau dikasih obat yang biasa nya buat manusia yang ada di warung bisa gaa?
    kalau bisa obatnya apa,,soalnya kalau aku ke apotek jauh bangeet,,,
    please balees

    thank’s

    Komentar oleh astriani | 2 Januari 2014 | Balas

    • coba diberi daun jambu biji, boleh diksih obat untuk manusia

      Komentar oleh prestasi kelinci | 2 Januari 2014 | Balas

    • kalau misalkan kelinci yang mencret parah sampai kaki belakang kotorannya trus malas makan itu bisa mengakibatkan kematian pada kelinci gak sih???

      Komentar oleh idha | 10 Februari 2014 | Balas

      • Terima kasih,
        Kalau kelinci nafsu makannya terus menurun, bisa menyebabkan kematian pada kelinci. Berilah antibiotik dan sumplemen serta vit B 12 biar cepat sembuh.

        Komentar oleh prestasi kelinci | 10 Februari 2014

  • dok kelinci saya tidak mau makan. sudah di kasih antibotik dan vitamin. tapi tetep gak mau makan. kata dokter dia stress berat. saya harus bagaimana

    Komentar oleh riezky amanda | 11 Juni 2014 | Balas

  • Saya mau tanya, kelinci saya kan baru melahirkan lalu tidak mau menyusui. Karna tidak mau menyusui bayinya, bayinya saya berikan susu kucing. Seteleh dua hari tidak terjadi apa-apa tapi keseokan harinya satu mati besoknya mati lagi satu dan sekarang ada yanglemas. Cara penanganannya bagaimana?

    Komentar oleh Natalie Suryajaya | 12 Juni 2014 | Balas


  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 94 pengikut lainnya.

    %d bloggers like this: