PENGEMBANGAN KELINCI

Informasi Kelinci PRESTASI INDONESIA

ANAK KELINCI (BRINDIL) KEMBUNG

,

Tatkala kita sedang memelihara indukan kelinci dan bisa beranak, betapa senang dan girang kita, sehingga kita selalu mengunjungi indukan yang sedang beranak terebut. Tetapi ketika Brindil menjelang umur 2-3 bulan terjadi kembung dan kematian setiap harinya, betapa sedihnya kita. Apakah anda mengalami hal ini ??

  1. Banyak saudara kita yang menyalahkan  Iklim karena musim hujan, karena hijauan segar, karena dingin, karena  masuk angin, karena banyak angin dan lainnya.
  2. Bahkan menyalahan  kandang yang  bahannya jelek, karena kandang menghadap arah angin, karena sinar matahari  terlalu banyak yang masuk,  karena  kelinci dikasih air minum.
  3. Ada juga yang mengatakan brindil kembung dikarenakan  brindil yang dilahirkan terlalu banyak,  karena makanan yang benyak mengandung air dan lainnya.

Kalau hal itu yang menyebabkan kembung,  apakah disaat tidak hujan  hujan, brindil tidak mengalam kembung ? atau  tidak dikasih hijauan kelinci tidak kembung ? atau kelinci  liar atau kelinci yang kita bebaskan tidak bisa berkembang biak ??

Mari kita ulas sikap kita, sehingga si Brindil tidak mati kembung.

BRINDIL KEMBUNG

Percaya atau tidak, hal ini terjadi karena :

  • Kasih sayang kita pada kelinci pasang surut, disaat senang kelinci sering dikunjungi, disaat sibuk sampai tidak sempat menengok sama sekali, hanya sekedar dikasih makan dan minum tanpa ada komunikasi dengan ternak kelinci.
  • Keinginan kita agar kelinci cepat berkembang, sehingga kita melakukan pekejaan yang ada kaitanya dengan kelinci tergesa gesa (kemrungsung), tidak percaya diri, apa yang diberi masukan  kepada kita tidak disaring dulu,
  • Informasi yang masuk pada kita terutama kaitannya dengan kelinci dianggap benar semua, ini biasanya pada peternak pemula atau peternak yang belum punyailmu  dasar untuk beternak kelinci.

Tepi kenapa setelah diurut, diberi obat kok bisa sembuh ???  itu artinya saudara sudah menunjukkan kasih sayang anda pada brindil sehingga  kembung bisa diatasi.

DARI  PADA  SI BRINDIL  MATI  KEMBUNG, LEBIH BAIK  KITA MENGATUR  SIKAP  KITA  AGAR  TIDAK  TERJADI HAL INI.  PERCAYA  ATAU  TIDAK  SAYA  SERAHKAN  PADA  ANDA


Iklan

18 April 2010 - Posted by | Tentang Prestasi

10 Komentar »

  1. Nderek Seneng,
    Saya membaca artikel ini sangat terkejut dan sangat setuju sekali, Prestasi punya lankah berani berdasarkan pengalaman., walau secara teks book tidak dibahas.
    Kami beternak hampir dua tahun dan setiap kelinci saya beranak belum pernah mencapai umur induk. Saya menyadari bila bekerja selalu ingin cepat selesai terutama dalam memelihara kelinci. Dan kasih sayang pada kelinci biasa biasa saja. (ini sudah saya sampaikan pada pelatihan)
    Saya terima kasih atas bimbingannya dan arahan bapak, sehingga dapat merubah sikap saya menjadi lebih tenang dan penyayang binatang. Setelah selesai pelatihan bulan nopember yang lalu, sekarang anak anak kelinci hidup semua dan sudah banyak . Sekalilagi saya terimakasih

    Komentar oleh huda | 18 April 2010 | Balas

  2. saya bingung dg masalah pemasaran kelinci,,.sekarang ini sulit sekali memasarkan kelinci di daerah saya (kediri), otomatis harganya jadi murah bnget…mohon sarannya pak sehubungan dengan masalah pemasaran kelinci trsebut, dan berapa standart harga perkilogram kelinci hidup? trimakasih sebelumnya

    Komentar oleh wahyu | 20 April 2010 | Balas

  3. Mohon advise-nya.
    Kelinciku sudah hampi seeminggu ini muncul suara grug grug grug (seperti suara air mendidih di tenggorokannya). Sudah kucoba kaih obat infeksi tapi hanya berkurang sedikit. SSampai saat ini nafsu makan masih bagus, tingkah masih lincah dan bandel. Kira-kira, sakit apa ya ? Bener nggak dia infeksi di saluran pernafasan ? Lalu obatnya apa ? Harus diminum atau disuntik ? Atau ada obat tradisionalnya ? Kalau diberi Gentamycin bolehkah ? Tolong ya, terima kasih banget.

    Komentar oleh cathy (keboen kelin-chikoo) | 22 Mei 2010 | Balas

    • Pengalaman kami, itu ada masalah pada saluran pernapasan. Coba diberi vitamin c dan vit B 12, diberikan dua hari berturut turut, insya Allah hilang. Eh, jangan lupa, kelincinya jangan untuk tontinan, ntar timbul lagi, he he

      Komentar oleh prestasi kelinci | 24 Mei 2010 | Balas

      • maturnuwun sanget atas sharing pengalamannya. Boleh pakai vitamin orang-kah ? Tapi maksudnya dosis dikurangi. Terima kasih

        Komentar oleh cathy (keboen Kelin-chikoo) | 25 Mei 2010

      • bisa, usahakan dengan oral,kalomasih mau makan
        Selamat mencoba

        Komentar oleh prestasi kelinci | 25 Mei 2010

  4. Iya nih anak kelinci saya enam cuman idup 2 ekor.kira-kira kalo anak kelinci kembung gitu dikasih oba apa ya?

    Komentar oleh Rismana | 24 Juni 2010 | Balas

    • Masalah kembung, sudah sering banyak pertanyaan, dan kami tidak menyalahkan ada pakan atau kelincinya, tetapi itu perlu memperlakukan kelinci terutama pada masa masa kritis ( 1-5 hari, 1-3 bulan dan 12-14 bulan). Masa kritis pada brindil (anak kelinci) biasanya terjadi kembung, mencret, tidak mau makan dan akhirnya mati, sedangkan pada kelinci dewasa biasanya scabies, tidak mau makan, pilek, atau bobot semakin mengecil akhirnya mati.
      Ada jurus untuk mengatasi tersebut, yaitu dengan belajar sikologi ternak. Pengalaman Prestasi puluhan tahun membuktikan bahwa psikologi ternak merupakan kunci dalam beternak.
      Kembung bisa diobati dengan di tusuk lambungnya dengan alat agar anginnya keluar ( disarankan sebelumnya di beri obat anestesi (bius) , tapi biayanya besar, kalo untuk kelinci jenis ungul mngkin bisa dilakukan. atau cara tradisional, kalo belum mengeras dapat dilakukan pemijitan secara halus dengan dikasih obat gosok sejenis jinten hitam.
      Semoga berhasil.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 25 Juni 2010 | Balas

  5. Saya baru membeli beberapa ekor kelinci umur 2 bulanan…

    Apakah tidak masalah jika saya kasih GMP??
    Kata beberapa teman saya, kelinci gk usah diberi minum, cukup hijauan saja, alasannya ntar gk doyan makan dll, mohon pencerahannya…

    Komentar oleh fauqie | 6 Maret 2015 | Balas

    • Kelinci itu juga kencing, butuh air, Kalau sumner hanya dari hijauanm maka bisa kekurangan air dan bisa berumur pendek. Saran saya berilah air minum,

      Komentar oleh prestasi kelinci | 24 Maret 2015 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: