PENGEMBANGAN KELINCI

Informasi Kelinci PRESTASI INDONESIA

USAHA TERNAK KELINCI GAGAL DAN GAGAL DAN GAGAL LAGI

Kematian adalah awal terputus generasi penerusnya

Judul itu kelihatannya lucu, tapi kenyataan demikian,  peternak awal biasanya bersemangat menggebu gebu, seolah olah raja kelinci, kandang diformat bagus kalo perlu yang mahal, pakan bagus walau dibelinya dengan harga mahal, buku referensi banyak,  tapi kok gagal ya, ini hampir banyak dilontarkan oleh para peserta pelatihan, bahkan ada yang putus asa sudah banyak dana yang dikeluarkan tetapi tidak berhasil juga. Kenapa ?

1. Pengalaman Itu penting.

Supaya kita bisa mengambil  pengalaman orang lain yang sudah lama mencobanya, adalah dengan  bertanya kepada yang sudah berpengalaman, dari A sampai  Z.  Untuk mencuri pengalaman ini, pelatihan secara total menjadi pilihan. Ini meliputi  bagaimana kehidupan  ternak kelinci. tahu bagaimana  aktivitas kelinci, tahu kegiatan anak kandang (si pemelihara) dan tahu jenis dan pakan yang diberikan, dan masih banyak lagi pengalaman yang harus diambil., termasuk pengalaman penyakit dan obatnya.

2.  Berburu bibit dengan gen bagus.

Ini tujuannya adalah masalah kelangsungan ternak kelinci, daya tahan terhadap penyakit, Daya tahan terhadap iklim dan kemampuan untuk adaptasi. Seperti apa bakalan atau bibit yang bagus ?  silahkan baca pada artikel pemilihan bibit di blog.

3. Membuat kumunitas  peternak kelinci.

Komunitas ini bermanfaat dikala ada kendala,  sebagai wahana tukar informasi,   tempat  sebagai tukar  menukar indukan atau pejantan, sehingga tetap terjaga keunggulan kelinci, dan menjadikan kelompok ternak untuk media komunikasi dalam memperkuat kekuatan peternak kelinci, baik tahap produksi (pemelihara), tahap pasca panen penjualan ternak kelinci) dan sebagai usaha bisnis untuk produk dari ternak kelinci.

4.  Kok masih Gagal

Ini memang perlu perhatian khusus, ada beberapa hal yang menyebabkan kegagalan usaha yang diluar yang telah dibahas.  Bahasan dan uraian ini akan kami tulis pada tema tersendiri pada sikologi ternak dan peternak. ( kasus ini  dibahas dalam pelatihan secara tuntas  dengan kenyataan yang ada)

Iklan

3 Juni 2010 - Posted by | usaha ternak elinci | , , ,

5 Komentar »

  1. Pa prestasi kelinci mengeluarkan video ga,cara2 beternak kelinci,kalau ada bagaimana sy bisa mendapatkannya,agar sy bisa belajar dgn melihat,bukan hanya dgn membaca artikel saja.makasih

    Komentar oleh Nana | 7 Juni 2010 | Balas

    • Terima kasih.
      Untuk vidio tata cara Pemeliharaan kelinci sebenarnya sudah ada, Prestasi Indonesi dalam memberikan vidio ini diberikan cuma cuma pada saat pelatihan usaha ternak kelinci tingkat lanjut.
      Vidio ini memuat gambar dari pengenalan bibit sampai usaha pasca panen kelinci, termasuk cara usaha bisnis kelinci. Pelatihan usaha ternak kelinci ini biasanya diadakan setahun atau dua tahun sekali dengan peserta yang telah memiliki sertifikat pelatihan yang dikeluarkan Prestasi Indonesia, semoga maklum.
      Salam dari Prestasi.l

      Komentar oleh prestasi kelinci | 9 Juni 2010 | Balas

  2. kapan ya pak di adakannya pelatihan pasca panen?

    Komentar oleh fery | 9 Juni 2010 | Balas

    • Insya Allah bulan oktober/nopember.
      Tapi biasanya pesertanya yang sudah pelatihan pertama dan mempunyai ternak indukan minimal 100 ekor. kecuali peserta dari perbankan, Lembaga keuangan, Restoran, Perhotelan, Pengusaha.
      Silahkan mempersiapkan.
      Salam dari Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 11 Juni 2010 | Balas

      • makasih info nya Insya Allah bisa.

        Komentar oleh fery | 13 Juni 2010


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: