PENGEMBANGAN KELINCI

Informasi Kelinci PRESTASI INDONESIA

KELINCI MENDADAK MATI TANPA ADA TANDA SAKIT

.

Menanggapi email email yang masuk pada kami perihal keluhan  seringnya  terjadi kelinci mati mendadak, perlu dipahami, bahwa ternak kelinci merupakan binatang yang unik, kelinci mempunyai sifat yang siap mati atau berani mati karena tindakan kita yang tidak diketahui oleh kita.

Secara teori, kelinci mendadak mati , banyak disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :

  • Pakan yang kurang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kelinci
  • Pakan asing yang kelinci belum pernah mengenalnya  (pakan baru yang dipaksakan)
  • Kelinci kena keracunan
  • Kelinci memakan pakan yang mengandung zat pengawet
  • Mengalami kecelakaan pada ternak secara fisik
  • Mengalami depresi tinggi (biasanya dalam perjalanan).

Sering terjadi kematian kelinci mendadak bila kita tidak memahami ilmunya

Memang dari uraian diatas kadang sudah diantisipasi dengan baik, toh juga ada kelinci mendadak mati yang bukan karena itu, tetapi kita masih mengalami kebingungan, kenapa demikian.

Selalu penulis sampaikan, bahwa kelinci membutuhkan sikap dari kita agar kelinci tetap bertahan hidup lebih dari empat tahun  dan dapat berkembang biak. Tetapi kenyataan , bahwa kelinci kebanyakan umur kelinci tidak lebih dari tiga tahun. Apa sebabnya ?  Percaya atau tidak, kematian mendadak pada kelinci (terutama kelinci menginjak dewasa sampai dewasa) disebabkan oleh sikap kita yang tidak disadari, yaitu :

  • Mendolimi ternak kelinci, misalnya salah satu kelinci diberi pakan beda dengan yang lainnya
  • Kelinci diremehkan kepada orang lain (misalnya : wah kelinci ini agak nakal , kelinci ini pernah ditawar , kelinci mau diikutkan kontes dan lainnya).
  • Membuat ternak tidak nyaman (misalnya disaat kelinci manja saat  mau diberikan pakan, tatapi kita cuekin)
  • Berfikiran buruk pada kelinci.
  • Kpminikasi kepada kelinci jarang sekali.
  • Kelinci bukan dijadikan bagian dari keluarga.

Itu semua kami serahkan pada saudara. Percaya atau tidak, fakta menunjukkan demikian

Iklan

18 Juni 2010 - Posted by | Berita Kelinci PRESTASI | , , ,

48 Komentar »

  1. Setelah mengikuti pelatihan keinci, kami sangat berterima kasih, sekarang kematian kelinci hampir tidak ada. Kami sampaikan mhon maaf sebesar besarnya pada Prestasi, dulu kami ragu dalam pelatihan, paling sama dengan pelatihan yang lain, ternyata justru pelatihannya bertolak belakang dengan dugaan saya. Sekali lagi mohon maaf.ima kasih.
    Saya usul, bagaimana bila diterbitkan buku skilogi terna kelini ? karena itu kunci dalam beternak kelinci ?
    Terima kasih.
    Bravo Prestasi Indonesia

    Komentar oleh Tama | 20 Juni 2010 | Balas

    • Terima kasih.
      Untuk buku psikologi ternak, nanti akan terbit bila desertasinya sudah di ACC. Karena hal ini bisa menimbulkan reaksi keras dari para ilmuwan dan akademisi bila buku yang terbit bertentangan dengan teori. Sabar aja.
      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 21 Juni 2010 | Balas

  2. Yth. Bpk Mutasim Faqih
    Saya sangat mengucapkan terima kasih balasan balasan yang di tulis ke email kami. Dan sekarang alhamdulillah sudah tidak masalah dengan kelinci kelinci kami.
    Bagaimana bibit bibit unggulnya itu bila di gaduhkan saja, biar cepat berkembang kelinci di Indonesia.
    Bravo Prestasi

    Komentar oleh somdoni | 26 Juni 2010 | Balas

    • Terima kasih.
      Saudara siap menggaduh? minimal 100 ekor.
      Semoga waktu dekat kami bisa mengunjungi anda.
      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 27 Juni 2010 | Balas

  3. hi prestasi, mo nanya ttg makanan neh. bayam duri itu bagaimana hukumnya bila diberikan kpd klinci? dan sumpel wuwu(bhs jawa) apa bisa sering diberika? sekian terima kasih.

    Komentar oleh mahendra | 10 April 2011 | Balas

    • Terima kasih,
      Untuk masalah hijauan, kami menyarankan bayam berduri jangan diberikan, disamping tanaman tersebut mengandung zat anti toxin, juga bisa melukai lidah kelinci. Kalau mau bagaimana ? selama ada hijauan yang lain yang lebih diminati kelinci, maka bayam tersebut tidak akan dimakan oleh kelinci.
      Untuk pertanyaan kedua kami sulit memehami, kami perlu data jenis tanaman, betuk daun, tinggi rendah, jenis rumput atau ramban. ini perlu data lebih lanjut.
      Terima kasih.
      Salam prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 10 April 2011 | Balas

  4. kalo untuk pilek gimana?awalnya bersin2 saya kira biasa, ternyata ada ingusnya.tlg penjelasannya

    Komentar oleh mahendra | 8 Mei 2011 | Balas

    • Terima kasih,
      Kami sarankan dalam pemeliharaan kelinci, perlu diberikan vitamin C minimal sebulan sekali.
      Untuk pengobatan, silahkan pake antibiotilk jenis L dan berilah Vit B complek setiap dua hari dengan injeksi. Lakukan selama empat hari.
      Semoga berhasil.
      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 9 Mei 2011 | Balas

  5. saya mau tanya nih
    Kelinci itu sebenarnya boleh di kasih air apa tidak?
    Kelinci itu boleh makan rumput gak?
    kelinci itu bagus gak kalo makan wortel dan kangkung yang banyak?

    Komentar oleh ali | 10 Mei 2011 | Balas

    • Saudara ali,
      Semua makluk hidup butuh air, maka kelinci juga minum, sehingga perlu dikasih air.
      Kelinci secara alamiah memakan hijauan yang ditanah, sehingga rumput perlu. Karena kita mengandangkan kelinci, maka pakan hijauan harus bervariasi sekali memberi pakan minimal dua macam, agar elinci dapat memilihnya.
      ortel dn kangkung, kelinci doyan, tapi jangan setiap hari dikasih it.
      Semoga megetahui

      Komentar oleh prestasi kelinci | 10 Mei 2011 | Balas

  6. Dear prestasi,,
    saya mau tanya, qo ada di tempat pembuangan (toilet) kelinci ada cairan warna cokelat.
    itu kenapa yah? apa tanda2 sakit??
    Kelinci saya pernah sakit mata, saya kasih obat mata manusia terus lincah lagi.
    Boleh2 saja atau gimana ya??
    Saya kasih makan pelet kelinci dan air minum di botol khusus. Atau ada makanan lain yg boleh dikasih yah?
    mohon jawabannya, terima kasih…
    sukses selalu 🙂

    Komentar oleh maria andryani | 16 November 2011 | Balas

    • kotoran maupun cairan tergantung dari bahan makanan yang dimakan, kecuali kalau keruh, ada masalah di pencernaannya.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 16 November 2011 | Balas

  7. help prestasi. kelinci saya bunting udah hampir satu bulan kok gak lahir-lahir ya anaknya? terus tadi pagi urin kelinci yang bunting itu kok berwarna merah itu apah sakit? kalau sakit perawatannya gimana ya?

    Komentar oleh ellan | 20 November 2011 | Balas

    • Terima kasih,
      Kelinci bunting bisa mencapai 35 hari, coba ditunggu beberapa hari lagi. Tapi ciri ciri bunting dah ada kan ???
      masalah urin berwarna kemerahan, banyak hal, diantaranya dari hijauan yang disajikan.
      Kalau urin kelinci warna merah dan penyakit ditandai beberapa hal, diantaranya mata sayu, bulu tidak gilap, banyak tiduran dan agak malas kalau di ajak komunikasi waktu memberi pakan.
      semoga maklum

      Komentar oleh prestasi kelinci | 20 November 2011 | Balas

      • terima kasih prestasi,
        iya ciri-ciri kelinci bunting memang sudah muncul, nafsu makan bertambah, perut induk kelinci tampak besar apalagi waktu tengkurep, perutnya kelihatan besar sekali. oh ya kalau kelinci kurang cocok dengan kandangnya apa bisa menyebabkan si induk menahan untuk melahirkan anaknya ya? apa itu mungkin pak?

        Komentar oleh ellan | 20 November 2011

      • Terima kasih
        Sangat mungkin, bahkan nanti kalau beranak tidak mau menyusui bisa terjadi.
        Salah satu ciri induk tidak mau menyusui dikarenakan induk kurang nyaman di kandang, misalnya : kandang terlalu kecil, kotak untuk beranak telat dimasukkan, lokasi kandang gaduh dan lainnya.
        Semoga bisa dimengerti.
        Salam Prestasi

        Komentar oleh prestasi kelinci | 21 November 2011

  8. apa ya yang keluar dari kelinci itu berwarna merah

    Komentar oleh riri | 11 April 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      Kami belum mengerti yang saudara maksud keluar merah.
      Apa kotorannya merah, atau urinnya merah, atau kelaminnya merah, atau keluar darah atau apa yang saudara maksud, Coba di perjelas. Semoga bisa diperjelas lagi.
      Salam kami.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 11 April 2012 | Balas

  9. umuur berapa ya kelinci bisa bunting???
    dan apa ngak apa dalam satu kandang itu kelincinya 4 ekor(2 jantan 2 betina)???
    gimana sih cara ngebedain kelinci jantan dan kelinci betina???

    Komentar oleh tata | 11 April 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      Untuk umur kelinci dikawinkan tergantung jenisnya, tapi pada dasarnya, bisa d lihat dari bobot kelincinya, misalnya bobot kelinci bila dewasa mencapai 2 – 2,5 Kg, maka umur 5-6 bulan bisa dikawinkan, tapi kalau kelinci dewasa bsa mencapai 3-5 Kg, kelinci bisa dikawinkan pada umur 7-8 bulan dan bila kelinci dewasa bisa mencapai diatas 6 Kg, kami sarankan kelinci bisa dikawinkan pada umur 10-12 bulan.
      Masalah perbandingan jantan dan betina, saudara bisa memberikan satu jantan untuk empat betina, bila di buat jadwal, setiap dua minggu sekali pejantan bisa mengawini satu betina.
      Untuk membedakan kelinci betina dan jantan bila umur dibawah dua bulan agak sulit kalau dengan cara penglihatan, tetapi bila dilihat kelaminnya dengan cara membuka bibir kelamin, maka bila ada benjolan itu pejantan, bila hanya terlihat lipatan (seperti bunga pisang) maka itu dipastikan betina.
      Semoga di mengerti.
      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 11 April 2012 | Balas

  10. pak saya mau tanyakenapa ya kelinci saya yang jantan tiduran terus dan ga aktif

    Komentar oleh eisha | 25 Mei 2012 | Balas

    • Kemungkinan aktifitas biologisnya tidak tersalurkan, karena kekurangan betina. Mestinya kelinci pejanan itu maksimal satu bulan harus ngawini betina.
      Kemudian juga bisa keana kurang serat kasar.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 25 Mei 2012 | Balas

  11. saya ingin nanya kenapa ya kelinci saya tiba tiba menghilang

    Komentar oleh khrisna | 28 September 2012 | Balas

    • Belum tahu maksudnya, menghilang bagaimana

      Komentar oleh prestasi kelinci | 28 September 2012 | Balas

    • haha, banyak maling kali 😀

      Komentar oleh salis | 9 Januari 2013 | Balas

  12. saya mau tanya , apakah dlm 1 kandang boleh 4 kelinci ? yg 2 kecil dan yg 2 sedang . kemudian kelinci satu yg kecil mati mendadak . pdhl semua kelinci sdh saya pelihara dengan baik . kira2 apa yah pnyebab nx

    Komentar oleh Dea Sapphira | 15 Desember 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      untuk pencampuran kelinci, sebenarnya kalau dilakukan sejak kecil (kurang dari dua bulan), sebenarnya bisa, tetapi kalau umurnya berbeda lebih dari satu bulan akan menjadikan masalah tersendiri, paling tidak akan menyebabkan perkelahian dan stress akhirnya terjadi kematian pada kelinci.
      Usahakan pemeliharaan kelinci kecil dikelompokkan berdasar umur dan besarnya badan.
      Smoga bisa dimaklumi.
      Salam prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 16 Desember 2012 | Balas

  13. Sebaiknya kandang kelinci ditempatkan ditempat tertutup atau ditempat terbuka?

    bagus mana kandang yang beralaskan pasir/tanah dengan kandang beralas kayu/lantai?

    Komentar oleh salis | 9 Januari 2013 | Balas

    • Beralaskan tanah atau pasir sanga bagus, yang jadi kendala diwaktu musim kawin dan melahirkan, si kelinci akan membuat kandang melahirkan dalam tanah.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 10 Januari 2013 | Balas

  14. Coba beli kelinci di penangkar, biar daya tahan penyakit teruji dan pasinya genetiknya baru Bila erlu beli kelincinya setelah renaja atau menjelang
    dewasa. Kunci keberhasilan beternak adalah di psikologi ternak

    Komentar oleh prestasi kelinci | 9 April 2013 | Balas

  15. ass, pak apa mungkin kelinci bisa mati mendadak karena stress? dalam arti stress itu banyak org yg dtg lalu memainkan nya dan mengejar2nya? karena kelinci saya seperti itu pak, hari jum’at ada acara di rmh, lalu saya keluarkan kelinci di taman (bermain&lari2an), lalu mengapa hari sabtu nya tergeletak mendadak mati gitu yaa? :””( trims..

    Komentar oleh azza | 23 Juni 2013 | Balas

    • Wassalam.
      Data yang diberikan pada kelinci kurang, tapi kami coba menjawab dan ada beberapa kemingkinan,
      1. karena kelinci dilepas liar, artinya akan makan apa yang dia temukan dan asing, sehingga mencoba untuk memakannya,
      2. Stress kelinci yang saudara ceritakan, kemungkinan kecil terjadi kematian,
      3. faktor psikologi ternak yang paling besar mendominasi, sehingga terjadi kematian mendadak.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 23 Juni 2013 | Balas

  16. asalamu’alaikum pak, saya mau tanya, kalo kelinci umur 3 minggu sering mati mendadak itu kenapa ya ? padahal beberapa jam sebelumnya masih lincah dan makan seperti biasa. lalu cara mengatasinya bagaimana pak ? terimakasih.

    Komentar oleh ghieghie | 5 Juli 2013 | Balas

  17. Untuk prestasi
    Kelinci indukan saya tiba2 mati tanpa sebap yang jelas. Ceritanya indukan tersebut mempunyai anak 5 ekor usia 2 bln. 2 hari yang lalu indukan tersebut saya kawinkan ( ada tanda2 birahi pd indukan n kawin sebanyak 3 kali ) .saya kawinkan indukan tersebut sebelum anak nya disapih.kira2 apa ya penyebap indukannya tsb mati? ?? Berapa usia ideal untuk menyapih brindil ??? Apakah sebelum dikawinkan lagi indukan perlu dipisah dengan anaknya
    Matur nuwun.

    Komentar oleh merdi | 8 Juli 2013 | Balas

  18. kelinci sy mati di karenakan kencing berdarah..obatnya apa ya?mksh mhn jwbnya

    Komentar oleh srihartini | 29 Oktober 2013 | Balas

    • Kencing berdarah, banyak faktor penyebabnya, untuk pertolongan pertama bisa diberikan injeksi antibiotik dan viyamin, serta diberikan madu, bila lewat oral susah, vitamin B complek bisa di injeksikan.
      Biasakan untuk memberikan pakan pada kelinci tidak berubah yang sangat drastis.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 29 Oktober 2013 | Balas

  19. Kelinci saya dr semalam mencabuti bulu badannya dengan banyak dan dikumpulkan jd satu tempat, kemudian sejam kemudian dia kencing bercampur darah,sudah itu dia seperti memaksakan untuk kencing sambil mengerang, itu kenapa ya?

    Komentar oleh titin | 29 Oktober 2013 | Balas

    • Apa pernah terjadi perkawinan ? lemungkinan mau beranak

      Komentar oleh prestasi kelinci | 31 Oktober 2013 | Balas

  20. kenapa kelinci saya selalu mati mendadak…apa karena setiap hari di beri makan kngkung?
    tolong jelaskan?

    Komentar oleh jhony | 21 Februari 2014 | Balas

    • Coba dibaca pada psikologi ternak bab kematian kelinci saat pelatihan

      Komentar oleh prestasi kelinci | 26 Februari 2014 | Balas

  21. Hi kak.. Boleh tanya? 🙂 Kalau boleh makasih ^^

    Kelinciku tiba-tiba lemas padahal tadi malam masih lari-lari.. Dan tiba-tiba pagi ini dia lemas tapi aku gak tau dia masih hidup atau mati..

    Jadi itu kenapa ya kak?

    Komentar oleh Amelia Putri | 14 Maret 2014 | Balas

    • terima kasih,
      kemungkinan asupan pakan kurang nutrisi, atau mungkin kena racun dari sayuran. perlu data yang lebih jelas.
      salam kami

      Komentar oleh prestasi kelinci | 18 Maret 2014 | Balas

  22. kalau kelinci
    dikasih makan
    azolla bisa
    gak & yang
    bagus dalam
    keadaan
    kering/basah?
    terimakasih….
    Follow
    Reblog

    Komentar oleh nabih9 | 16 Mei 2014 | Balas

  23. assalamualaikum, maaf mau tanya dirumah suami ternak kelinci ada 12 ekor, sbnrnya sy tdk setuju karena dia blm tau ilmunya, indukan 3 melahirkan semua total 19 ekor dan mati semua krn induknya ngga mau menyusui dan bulunya ngga rontok. dan skrg beranak 4 ekor dan tdk mau menyusui sm suami dijagal dipegangi kakinya biar anaknya menyusu, trus paginya induknya ngga mau makan, siang kejang2 mati, itu karena stres atau karena kembung masuk angin pak??? total mati mendadak sdh 3 dlm 6 bln terakhir.

    Komentar oleh aisah | 20 Juni 2016 | Balas

    • coba saudara ikut pelatihannya di Prestasi kelinci Klatenpada minggu ke empat bulan juli

      Komentar oleh prestasi kelinci | 12 Juli 2016 | Balas

    • COBA BERMAIN KE PRESTASI KLATEN SAJA, ATAU KONSULTASI KE 081318930092

      Komentar oleh prestasi kelinci | 5 Agustus 2016 | Balas

  24. Misi kak, mau nanya. Kelinci saya mati tiba-tiba dengan mulut berdarah dan lidah tergigit. Padahal dia makan lahap, dan ceria saat saya memberi makan pas sebelum sekolah. Saat saya pulang sekolah, dia sudah mati.
    Kira kira kenapa ya?

    Komentar oleh Refinaya j | 6 September 2016 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: