PENGEMBANGAN KELINCI

Informasi Kelinci PRESTASI INDONESIA

CARA MEMBAWA KELINCI JARAK JAUH

Kelinci merupakan hewan yang mempunyai keunikan dalam menunjukkan jati dirinya,  keunikan diantaranya kemampuan  untuk menunjukkan dirinya adalah bila terasa  teraniaya, maka timbul jibakunya untuk tidak makan sampai mati, atau kelinci dalam depresi bisa membuktikan dirinya bunuh diri dengan kematian yang ditandai teriakan melingking yang terengal sengal.

Salah satu depresi kelinci adalah perpindahan lokasi dalam jarak yang lebih  25 Km. Bagaimana cara agar kelinci tidak dipresi cara pengangkutannya? berikut tips cara membawa kelinci jarak jauh:

1. Dai segi  ternak :

  • Pastikan kelinci yang akan dibawa  adalah sehat.
  • Umur kelinci yang dibawa minimal berumur tiga bulan
  • Belilah kelinci dari penangkar atau peternak yang sudah berpenglaman ber tahun tahun
  • Bila perlu dalam pembelian kelinci, hewan tersebut mempunyai recording yang jelas

2.  Dari segi Tempat.

  • Bawalah kelinci dengan tempat yang nyaman bagi kelinci dalam perjalanan.
  • Luas kandang satu ekor minimal kelinci dapat bergerak maju dua langkah dan tinggi dua kali dari tingi kelinci, dan satu kandang satu ekor
  • Kandang harus banyak ventilasi udara, tidak lembab dan tidak panas. (makanya menggunakan kardus tidak cocok untuk membawa kelinci dalam perjalanan jauh)
  • Usahakan kandang untuk perjalanan menggunakan  keranjang yang terbuat dari kayu atau platik.
  • Biasanya para penangkar atau peternak sudah menyediakan kandang untuk para pembeli yang  menjalani perjalanan jauh

3. Dari segi Transportasi

  • Angkutlah kelinci pada waktu sore hari , jangan siang hari.
  • Bila menggunakan mobil, pastikan kadang angkut ventilasinya baik, sukur menggunakan AC
  • Bila kendaraan umum, angkutlah kelinci di pagi pagi hari, dan usahakan maksimal  lima jam istirahat
  • Berilah pakan hijauan dalam  dan pakan sebelumnya (pakan di kandang  pternak sebelum dibawa)
  • Bila menggunakan kendaraan roda dua, jangan kencang kencang, karena bisa menyebabkan mata kelinci  sakit, ditandai mata berair

4. Setibanya di kandang.

  • Berilah air minum sedikit (disediakan) yang sudah dicampur dengan vitamin  C
  • Berilah obat injeksi untuk kecapean atau kelelahan ( Banyak di pet shop menjualnya)
  • Berilah hijauan secukupnya dan pakan sebelumnya berada di peternak atau penangkar.
  • Untuk kelinci  Indukan atau Pejantan, jangan segera untuk mengadakan perkawinn, tunggulah minimal satu bulan setelah dikandang baru, ini agar kelinci menyesuaikan lingkungan kandang dan pakan.
  • Jangan dicampur dengan kelinci yang sudah ada duluan, tetapi dikarantina dan biar saling kenal dulu.

Itulah beberapa tips yang perlu kami sampaikan untuk menjawab banyak email yang masuk pada email si_prestasi@yahoo.co.id.

Iklan

30 Juni 2010 - Posted by | Perhatian Terhadap Kelinci, usaha ternak elinci | , ,

11 Komentar »

  1. Saran saya sih mening dikardus aja,soalnya kalo naek kendaraan umum kadang gak enak ama yang lain kalo kelincinya kencing.asal kardusnya dikasih pentilasi aja biar kelincinya gak kepanasan.

    Komentar oleh Rismana | 2 Juli 2010 | Balas

  2. lha kalo kerdus bawahnya jebol gimana mas??? apa ga lari2 tuh kelinci hehe

    Komentar oleh geledeksuper | 7 Juli 2010 | Balas

  3. Enggak, soalnya pengalaman pribadi saya,pernah bawa kelinci dari jakarta ke kuningan naik bus pake keranjang bekas buah2an,malah disuruh bayar satu karcis lagi dan kalo gak mau kelincinya suruh taro bagasi saja.Sadis banget kan! Akhirnya karna uangnya pas2an,dgn penuh kasih sayang relakan memangku keranjang kelinci itu diatas kedua kakisaya,gak apa2 deh celana saya dikencingin n diberakin dia,yg penting kelincinya slamat ampe kampung halaman.Wah jadi curhat nih he2x

    Komentar oleh Rismana | 16 Juli 2010 | Balas

    • Coba kalo alas keranjang dikasih kain, diatas kain dikasih kertas koran, dan atas koran dikasih kain lagi, dan sampinnya dikasih solasi lakban bening separoh aja, wah pasti ok.
      Silakan coba.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 19 Juli 2010 | Balas

  4. Saya baru memulai ternak kelinci sekitar 1 bulan yang lalu saya ingin bergabung dalam perkumpulan para peternak kelinci di indonesia sebab jika ada kelinci yang perkembangan maupun penjualan

    Komentar oleh Sigit | 19 Juli 2010 | Balas

  5. pak,hrga kelinci jenis pedaging(flam) indukan dpenangkaran Bpk brp?bobot brp?

    Komentar oleh andri | 25 November 2010 | Balas

    • coba hubungi langsung ke 0818930092 atau 081318930092

      Komentar oleh prestasi kelinci | 25 November 2010 | Balas

  6. kalau pake kardus kaga ape ape kan ?
    soalnya kalau naek kendaraan umum ngabisin tempat mba -.-
    ntar pnumpang laen pda komplen –“

    Komentar oleh Henty Kpop Sone | 4 Juni 2013 | Balas

  7. sya pengen bawa kelinci pulang kampung versi saya plang kampungnya pake pesawat harus gmn ea

    Komentar oleh ani | 25 April 2016 | Balas

    • Karena pulang menggunakan angkutan udara, saran saya sebelum berangkat silahkan minta surat ke dinas peternakan setempat sebagai pengantar , diantaranya intinya jumlah kelinci dan tujuan kelinci dibawa. Dari dinas sudah ada formnya. Setelah selesai dibawa ke karantina bandara untuk di cek dan mendapatkan surat dari karantina untuk membawa hewan lewat pesawat.
      Salam prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 20 Mei 2016 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: