PENGEMBANGAN KELINCI

Informasi Kelinci PRESTASI INDONESIA

PSIKOLOGI TERNAK KELINCI

.

Kedengaran yang asing bagi kita, dan pengalaman mengatakan tantang penyakit kelinci , banyak peternak yang selalu menyalahan  atau mencari pembenaran, dimana kelinci yang sakit disebabkan oleh : karena pakan, karena musim, karena kandang, karena bibit , karena  kurang minum, karena tempat , karena ruangan, karena kurang sinar matahari dan masih banyak yang selalu yang disalahkan alam atau cipytaan Yang Kuasa.

Tapi kita jarang menyalahkan pada diri kita  sendiri, kenapa kelinci sakit, kenapa kelinci kembung kenapa kelinci mati. kenapa anakan kelinci pada mati dan masih banyak penyakit kelinci yang datangnya justru dari kita sendiri.

Sebagai salah satu contoh kecil saja, bagaimana kalau kita tergesa gesa menyelesaika pekerjaan terutama pada pekerjaan yang menyangkut dengan ternak kelici  ?. atau segera menyelesaikan pekejaan dimana kerjaan yang dikerjakan belum selesai, Apa yang terjadi ?

Pengalaman membutikan bahwa brindil akan terjad kematian, walau tidak serentak. Ini percaya atau tidak, fakta membuktikan demikian.

Coba kita koreksi, benarkah demkian? maka  yang sudah pernah mengalami brindil mati itulah yang akan menjawabnya

Iklan

2 Agustus 2010 - Posted by | Tentang Prestasi

3 Komentar »

  1. Saya pernah melihat kelinci yang baru melahirkan,ternyata ia memakan kembali plasenta/bali si brindil,seperti kucing habis lahiran,kira2 itu emang kebiasaan kelinci atau kebetulan aja,kalo emang kebiasaan boleh tau gak fungsinya kelinci makan plasenta itu untuk apa?

    Komentar oleh aku | 2 Agustus 2010 | Balas

    • Ada beberapa hal hal yang menyebabkan demikian. diantaranya :

      1. mempunyai riwaat atau pengalaman jelek atau trauma pada kelinci, misalnya dikawin paksa, belum saatnya dikawinkan sudah dicampurkan dengan
      pejantan, pemberian makan yang tidak kontinyu waktunya, artinya selisih jam pemberian pakan lebih dari 1,5 jam jarak dari kebiasaan.
      2. Kelinci mengalami depresi saat saat menjelang kelahiran , antara lain dikarenakan kotak kurang nyaman, terlalu sempit (ukuran ideal kotak anakan
      minimal 50×40 dam kalo sama luas indukan minimal 1×1 M jadi luas indukan untuk beranak membutuhkan kandang minimal luas 1,5 X 1 M) ini untu
      kelinci pedaging.
      3. Kurangnya persediaan pakan di kandang saat menjelang kelahiran,
      4. Yang kadang dilupakan, kelinci betina butuh calsium lebih banyak dibandinkan dengan jantan, sehingga kecukupan kalsium perlu tersedia.
      5. Jangan suka memindah kelinci betina bila sudah dikawinkan,

      Semoga maklum.
      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 3 Agustus 2010 | Balas

      • kelinci dalam kondisi sehat pasti akan memakan placenta, karena pada placenta terdapat kandungan hormon oxytocin yg membantu induk supaya kuat mengejan & hormon yg memacu kelenjar payudara utk memproduksi ASI, jd apabila placenta tidak dimakan justru ini menjadi masalah…..

        Komentar oleh anu | 29 Juni 2013


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: