PENGEMBANGAN KELINCI

Informasi Kelinci PRESTASI INDONESIA

HATI HATI KELINCI YANG MULUTNYA LUKA

.

Disuatu daerah,ada peternak kelinci yang telah mempunyai ternak kelinci mempunyai ndukan lebih dari 100 ekor dengan kandang bambu. (memenuhi kebutuhan kelinci untuk bergerak).

Disaat Prestasi diskusi di arena  kandang dan sambil melihat kelinci sedang lahap makan rumput yang disediakan, dan dengan santainya kelinci sambil duduk makan rumput. Namun betapa kaget kami, ternyata ada bagian mulutnya yang luka  dan bengkak di sekitar bibir bagian belakang.

Kami perhatikan secara khusus dan kami keluarkan dari kandang, dan setelah kami amati, kami menyimpulkan bahwa kelici ini perlu di karantina atau dibunuh dan dibakar. Tetapi peternak merasa sayang, dengan pertimbangan kelincinya sehat dengan ditunjukkan makannya yang banyak, tetapi kami memandang kelinci itu tidak sehat. Karena kelinci itu sehat maka peternak tetap memeliharanya dengan baik. Setelah selang seminggu, peternak tersebut kontak dengan kami, dan bertanya kenapa terjadi kematian tinggi, padahal sehat, hanya ada sedikit luka di mulut bagian belakang. Disitu kami manjelaskan, bahwa sebenarnya kelincinya telah kena serangan virus yang menyerang di mulut dan biasanya bila kelinci mati, di mulutnya keluar bau yang sangat tidak enak.

Dari uraian terebut, maka peterna kelinci perlu meperhatikan sebagai berikut :

1. Pantaulah kesehatn kelinci secara fisik, terutama pada mulut kelinci, teradi pembengkakan atau tidak.
2. Apakah kelinci tersebut yang biasanya minum banyak, kemudian menjadi sedikit minum.
3. Bila terjadi luka, pembengkakan di mulut, muka nampak bulat yang tidak seperti biasanya, maka perrlu hati hati,
kemungkinan kena serangan virus penyakit mulut, maka langkah yang diambil :
a. segera dikaratina, dan diobati, bilaa perlu mengundang dokter hewan.
b. untuk yang sehat, berilah anti biotik dan pakan yang berkualitas (terutama kandungan nutrisinya).
c. Hati hati, virus ini bisa menular ada manusia,  setelah dari kandang,  mandi yang bersih dengan sabun
d. Jangan dianggap sepele penyakit ini, lebih baik menjaga kondisi kita dari pada mempertahankan kelinci sakit.

Demikian pengalaman kami, semoga bisa menjadikan para peternak lebih waspada, bila terjadi kematian yang cepat (setiap hari terjadi kematian), kami sarankan untuk memberitahukan pada dinas peternakan setempat.

18 Agustus 2010 - Posted by | Tentang Prestasi

17 Komentar »

  1. pak,apakah penyakit ini sama dengan penyakit mulut dan kuku yang menyerang sapi?

    Komentar oleh herlambang | 18 Agustus 2010 | Balas

    • Teima kasih,
      penyait itu brbeda dengan penyakit sapi yang dikenal penyakit mulut dan kuku. penyakit ini bila terjadi luka, pipi kelinci bisa berlobang dan baunya sangat bau busuk. dan bila sudah luka membusuk, kelinci tdak mau makan sama sekali. Yang menjadi masalah bukan masalah matinya elinci, tetapi menyerang ternak kelinci lainnya sangat cepat dan bisa menular pada manusia.
      Terima kasih.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 19 Agustus 2010 | Balas

  2. mau tanya pak..?
    saya belum pernah menemui penyakit semacam ini pada kelinci saya, apakah nama penyakit ini ya pak..? dan virus apa yang menyerang serta apa penyebabnya..?
    salam

    Komentar oleh harry | 19 Agustus 2010 | Balas

    • Terima kasih,
      sampai saat ini para peneliti kususnya di Indonesia) belum menemukan jenis virus semacam ini, hanya kemiripan ada domba pada era 50 an.
      Penyebab terjadinya virus ini adalah daya tahan ternak kelinci (Imun), kawn sedarah, kelembaban dan kotor kandang, sirkulasi udara kurang lancar dan sinar matahari kurang.
      Pemantaun harian pada kelinci harus dilakukan dan dua bulan sekali kelinci di liarkan di alam bebas selama dua – tiga hari untuk gerak badannya kelinci.
      semoga maklum.
      salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 20 Agustus 2010 | Balas

  3. Pak, mau tanya. Kenapa ya kelinci rex saya keguguran di usia kehamilan 2 minggu, dengan kondiisi yang keluar sudah berbentuk. Saya baru temukan masalah ini sekarang, kira-kira kenapa ya ? Secara fisik, si induk sehat, tidak ada yang luka, doyan makan dan kelihatannya nggak stress. Ini merupakan kehamilan ke dua, dan pada kehamilan pertama induk melahirkan dengan baik. Padahal untuk ngawinkan yang kemarin ini, saya kasih jeda 7 minggu. APa penanganan sebaiknya untk saat ini dan supaya tidak terulang.Mohon sarannya. thx

    Komentar oleh cathy (keboen kelin-chikoo) | 27 Agustus 2010 | Balas

    • Terima kasih,
      banyak faktor yang mempengaruhi keguguran atau prematur,
      diantaranya :
      1. Terjadi kawin paksa,
      2. Kandang sempit, sehingga saat kelahiran pertama dulu mungkin anaknya pada mati, sehingga kelinci ketakutan melahirkan
      3. Pakan yang mengandung bahan keasaman (terjadi vermentasi karena pakan basah, sehingga menimbulkan bakteri)
      4. Kandang sering ditengok oleh banyak orang yang bukan biasa kasih pakan.
      5. Saran saya, kelinci dilepas sekitar 2-3 minggu kemudian masukkan ke kandang yang beda.

      Semoga berhasil.

      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 28 Agustus 2010 | Balas

  4. Pak,saya png membawa kelinci2 saya ke luar kandang, tp saya kesulitan utk ‘menangkapnya’ lg karena biasanya mereka lari, saya takut mereka akan dimangsa predator..bgmn crnya?

    Komentar oleh ibraheem | 22 September 2010 | Balas

    • Terima kasih
      Bagus kalau kala waktu kelinc diumbar,tapi jangan diliarkan, coba diberi pagar seluas 3 meter persegi, yang penting kelinci bisa bebas beberapa hari.
      Semoga mermanfaat.
      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 22 September 2010 | Balas

  5. Saya ingin berkonsultasi. Saya memiliki betina, usia sekitar 10 bulan. Biasanya saya beri makan rumput (legetan, bandotan, tempuyung, dll) dan ampas tahu + polar.
    Sudah 2 hari ini kelinci saya tidak mau makan (sejak hari Minggu). Hari ini telinga sudah dingin, posisi jatuh di ke belakang.
    Kondisi feces –> feces terakhir keluar hari Minggu malam. Saat itu kondisi feces agak tidak biasa: ada beberapa yang lebih lembek dari biasanya, ada beberapa yang berbentuk lonjong menyerupai rantai. Warna feces saat itu hitam. Namun sejak hari Minggu malam sampai hari ini (Selasa siang), kelinci tidak mengeluarkan feces lagi.
    Kondisi air kencing –> kelinci masih mau kencing.
    Kondisi perut –> sesekali terdengar suara gemericik dari dalam perut.

    Saya sudah membawa kelinci saya ke dokter hewan (hari Senin siang). Oleh dokter hewan, dikatakan bahwa ada bakteri/ protozoa di dalam perut kelinci saya. Kemudian kelinci saya disuntik & diberi obat (antibiotik) untuk diminumkan selama beberapa hari. Ketika saya tanya, nama antibiotiknya Yekaprim.

    Selain itu, karena saya juga menduga bahwa kelinci saya kembung, saya juga memberi kelinci saya bawang putih (dihaluskan & dicampur dengan air + madu). Saya juga mengurut perut kelinci dengan bawang merah & minyak kayu putih agar gas yang ada di perut kelinci saya keluar.

    Namun hingga saat ini, kelinci saya masih belum mau makan (dan juga tidak keluar feces). Kelinci malah tampak semakin lemas.
    Yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah ada obat/vitamin/tanaman tertentu yang bisa menguatkan nafsu makannya? Karena dari waktu ke waktu kelinci saya makin lemas saja.
    2. Apakah yang saya lakukan sudah benar? Atau adakah hal lain yang bisa saya lakukan untuk membuat kelinci saya lebih baik?

    Terimakasih sekali untuk jawabannya..

    Komentar oleh Maya | 19 Oktober 2010 | Balas

    • Sdr. Maya, kelinci merupakan binatang yang mudah sakit dan mudah sembuh.
      Apabila kelinci dalam dua periode makan sedikit, bahkan tidak mau makan (pakan pagi masih, pakan sore juga gak dimakan) maka solusi yang terbaik adalah memberikan vaksin dalam bentuk injeksi (vit B complek)
      Kasus kelnci saudara bisa kami simpulkan berdasar pengetahuan sebagai berikut :
      1. Pernah pakan yang diberikan mengadung jamur (kemungkinan terbesar dari ampas tahu yang lembab dan tidak habis,) sehingga menimbulkan bakteri negatif berkembang di perut kelinci. Tandanya adalah feses terakhir kecil dn menyambung.
      2. Dengan berkembangnya bakteri negatif, menyebabkan bakteri di usus terlalu banyak, dan apabila sampai ke lambung akan terjadi kembung (tapi kembungnya tidak besar dan dipejet agak empuk).
      3. Kalau sakitnya sudah lebih dari tiga hari, coba beri injeksi vitamin B sedikit ( 1 cc) dan sehari disuntik dua kali. Tapi perlu di ingat bahwa peredaran darah kelinci kalau sampai dua hari tidak makan akan lemah beredarnya darah, hal ini dikarenakan pompa jantung melenah. Cobalah itu karena hal ini menurut saya sudah samgat terlambat Tapi semoga bisa tertolong. Amin (semoga kuat fisiknya).

      Kalau berdasar ilmu, penyebabnya kelinci demiian adalah :
      1. Si Pemelihara atau pemberi makan selalu terburu buru dalam kaitannya dengan kelinci (memberi pakan, membersihkan kotoran, tempat makan dan minum tidak dicuci),dan maaf, jangan suka emosional.
      2. Si pemberi pakan ingin selalu ingin cepat berkembang dalam memelihara kelincinya, tetapi tidak memberi hak hak kelinci yang sudah kita kurung ( makan, minum, nutrisi yang cukup bahkan tempat minum tidak di cuci, jangan hanya tiga kali seminggu, seharusnya setiap hari).
      Dua pokok itu yang menjadikan kelinci saudara menjadi demikian.
      Semoga maklum dan mengerti.
      Salam dari kami

      Komentar oleh prestasi kelinci | 19 Oktober 2010 | Balas

    • Dear Sdr Maya n Pengurus Prestasi,
      mohon ijinnya untuk sedikit berbagi siapa tahu bisa membantu kasus kelincinya Sdr Maya dan pecinta kelinci yang mengalami hal serupa. saya pernah mengalami pengalaman yang mirip sekali dengan pengalaman mbak maya,

      Ketika itu saya perhatikan kotoran kelinci saya mulai mengecil dari biasanya dan jumlahnya berkurang (dugaan saya ada masalah dengan pencernaannya/ kesulitan usus mencerna pakan), selanjutnya saya coba untuk mengurut perlahan bagian perutnya (ketika itu perut kelinci saya ada bagian yang mengeras pada pencernaannya)selama hampir 15 menit dengan menggunakan bawang merah (di parut)dengan minyak kayu putih sehari 3 kali.
      Minum saya cekoki perasan kunyit dan sedikit jahe secukupnya saja jangan berlebihan (maksud saya biar pencernaannya terbantu).
      biarkan kelinci di alam bebas dari pagi hingga sore (menurut saya dengan bebasnya bergerak kelinci akan terbantu untuk mengeluarkan kotorannya).
      Kelinci hanya saya beri makan wortel dan ubi jalar kira kira 100-200gr untuk kelinci seperti dutch/himalayan sebanyak 3 kali sehari, dan selebihnya kelinci memakan rumput yang di suka selama di bebaskan di halaman.
      Setelah hampir 4 hari saya kondisikan demikian alhamdulillah kondisinya sudah benar benar pulih di hari ke 5.
      semoga membantu, mohon maaf kalo ada yang tidak sesuai ilmu pemeliharaan kelinci, hanya berdasarkan pengalaman saja.
      semoga kelinci Sdr Maya bisa bertahan.
      salam……

      Komentar oleh harry | 20 Oktober 2010 | Balas

  6. mau tanya : kelinci saya jenis nederland dwarf, sudah 5 hari ini makan cuma dikit, kalau menelan sepertinya kesulitan, kotorannya kecil2 keras, perutnya buncit, tp minumnya lumayan , sebenarnya dia lapar tp krna kesulitan dalam menelan maknya jd malas makan, bkalau pagi kadang telinganya dingin, bagaimana cara penangannya? mohon pencerahan.

    Komentar oleh siti rahayu | 23 Agustus 2014 | Balas

  7. saya mw nanya pak…
    kelinci saya d bagian mulut ny ad sperti jerawat tp bernanah apakah termasuk virus yg dsbutkan d atas

    terima kasih

    Komentar oleh jayendra | 23 Januari 2016 | Balas

  8. Pak saya mau nanya, saya punya kelinci luka dibibirnya seperti robek gitu. Klo bibirnya dikasih betadine boleh tidak?

    Komentar oleh Nadya | 1 Maret 2016 | Balas

    • Sy mengalami hal yg sama skrg. Bisa bantu sy mengatasinya?:(

      Komentar oleh Ve | 25 November 2016 | Balas

  9. pak saya mau nanya, kelinci saya punya bengkak benjolan besar di bagian pipi nya , itu penyebabnya apa ya?
    kelinci saya kelinci kampung..

    Komentar oleh Potato | 9 Maret 2016 | Balas

    • Sy mengalami hal yg sama skrg. Bisa bantu sy mengatasinya?:(

      Komentar oleh Ve | 25 November 2016 | Balas


Tinggalkan Balasan

