PENGEMBANGAN KELINCI

Informasi Kelinci PRESTASI INDONESIA

DADAKAN JADI PETERNAK KELINCI JUMLAH BANYAK

Banyak peternak  kelinci karena semangat dan modal ada, peternak dadakan ini membeli indukan sangat banyak  (lebih 50 indukan) dan kandang begitu bagus dan kualitas Prima. Benarkah akan menjadi sukses ???

Banyak peternak gulung tikar di pertengahan jalan, karena banyak kelinci mati, tidak bunting, penyakitan, beranak dimakan hewan lain arau anakan mati, kembung dan akhirnya memanggil dokter hewan untuk mengobati. Terjadilah pembekakan biaya akhirnya merugi.

Kita lihat banyak pengalaman yang sudah beternak  (bukan pedagang), kadang kandang jelek,  kelihatan kumuh,  kelinci sehat, anak kelinci sehat sehat dan lainnya. Bukan berarti kandang bagus  tidak mendukung keberhasilan beternak kelinci.

Kandang acak acakan

Keberhasilan beternak kelinci dapat disimpulkan :

1,  Modal utama bukan lah hanya uang , tetapi harus dibarengi dengan niatan yang bulat.
2. Belajarlah , minimal ikut pelatihan agar ber hasil dalam beternak kelinci, jangan disepelekan hal ini.
3. Sering bersilaturrahmi pada peternak yang lain untuk  bertukar pengalaman (ini gunanya kelompok)
4. Beternak kelinci harus berjiwa besar, tidak boleh pemarah.
5. Penyakit kelinci (scabies atau gudik, pilek, mencret, kembung, anakan mati, induk tidak mau menyusui, gagal
bunting, kelumpuhan, bulu rontok, luka luar sampai ada belatungnya dan masih banyak lainnya) ibi adalah
penyebab utamanya adalah peternak atau anak kandang, tapi kita selalu menyalahkan  pada hal hal berkaitan
pakannya, kandangnya yang lembab, musim (terlalu panas/dingin). Maaf kalau ini bertentangan dengan para
akademisi.

Sebagai contoh kecil saja, kelinci kembung sebenarnya karena pengaruh peternak atau anak kandang yang mempunyai hal sebagai berikut : keadaan peternak/anak kandang yang melakukan pekerjaan di kelinci  tergesa gesa(pingin segera selesai dan melakukan pekerjaan yang lain) dan  apabila mendapatkan informasi dari peternak lain ditelan mentah mentah tanpa mempertimbangkan  pengalaman itu sudah teruji atau belum. Apakah kelinci anda mengalami kembung dan sikap saudara seperti diatas ????  semuanya terserah saudara.

Bagi para pemodal banyak yang ingin memperbesar kelincinya, silahkan anak kandangnya di ikutkan suatu pelatihan kelinci dan masing masing anak kandang harus mempunyai tanggungjawab pada kelinci, misalnya satu anak kandang diberi tanggungjawab satu blok  kandang. Idealnya satu anak kandang mengurusi maksimal 50 ekor saja. dan  bila perlu mengangkat konsultan agar beternak kelincinya berhasil.

16 September 2010 - Posted by | Berita Kelinci PRESTASI, Perhatian Terhadap Kelinci, usaha ternak elinci

23 Komentar »

  1. benar sekali, apalagi pemodal seperti saya.
    sulit berkembang, tapi teman2 di lapangan tidak semua bisa di ajak kerjasama.
    makasi.

    Komentar oleh dwi | 18 September 2010 | Balas

  2. saya setuju,,,,,
    kalo semuanya ga dilakukan dengan sabar,,,
    saya yang orangnya yg egoisnya tinggi, tapi kalo liat kelinci lagi sakit n mati kayaknya mau nangis,,,,
    sayang saya tidak punya modal
    tapi saya akan terus maju,,,pada awalnya jg pada 2 bulan saya agak resah dengan kelinci2 yang mati..
    tapi saya ampe 5 bulan ini masih bertahan
    dan saya pengen lebih maju dan berkembang
    meski modal saya sedikit dan masih di bilang kurang
    saya hanya memanfaatkan tanah kosong dsamping rumah dan di belakang rumah yang ukuranya hanya 4 X 4 meter

    Komentar oleh iswan | 20 September 2010 | Balas

    • semoga kebulatan tekad ssudara menghasilkan yang positif. amien.
      salam prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 20 September 2010 | Balas

      • amien,,mkasih bgt gan…..
        saya memanfaatkan lahat yang minim saya supaya maksimal

        Komentar oleh iswan | 22 September 2010

  3. Sedikit Berbagi… awalnya saya beternak 4 indukan november 2009, semua anakan dan 2 ekor indukan mati, mulai lagi saya beli indukan anggora 5 ekor… E ternyata saya ditipu, yang saya beli bukan anggora melainkan silangan pejantan anggora dgn betina lokal, akhirnya saya cari info dan diinternet sebanyak2 nya, terutama dari kelinci.wordpress.com dan banyak peternak lain di Facebook. Desember saya tambah modal kelinci Rp. 6.000.000 sampai sekarang alhamdulillah kelinci indukan saya kurang lebih seratus ekor, 2/3 kelinci hias, 1/3 nya lokal dan potong.
    dan hasilnya Alhamdulillaah Diuar perkiraan saya sebelumnya
    Kesimpulan disamping ilmu ttg ternak kelinci, konsisten dan konsekwen, serta kecintaan kita thdp kelinci itu, modal bisa duimulai dari yang terkecil….

    Komentar oleh Destri Nova | 20 September 2010 | Balas

    • benar, kecintatan dan memahami pengaruh kita pada kelinci membuat untuk awal keberhasilan.
      selamat, semoga berkembang.
      salam prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 20 September 2010 | Balas

  4. Kemarin sy beli anakan kelinci jenis angora 3 ekor.. Yg se’ekor jantan.. Tp sayangnya baru dpt 1 hari.. Eh si jantan tiba2 perutmya kembung dan Mati. Apakah benar gara2 makan kangkung? Dan minum Air?

    Komentar oleh Mahmudi | 21 September 2010 | Balas

    • Terima kasih.
      hijauan, termasuk kangkung kelinci suka. Dan makluk hidup perlu air, sehingga kelinci haus diberi air. Logika yang gampang, kelinci kencing banyak, bagaimana kalo gak diberi air minum, apakan sayuran yang ada dan di peras sampai kering sama dengan air kencing yang dibuang. Pasti banyak kencing yang dibuang, maka air minum sangat pentin.
      Kembung disebabkan bakteri negatif dalam perut berkembang biak secara cepat dan tidak diimbangi dengan serat kasar. mengakibatkan kenerja di pencernakan bagian atas (lambung) agak tergangu. tapi bila di tinjau dari pskoloi ternak, kembung disebabkan oleh karena kita ingin kelinci segera cepat besar dan beranak pinak, sehingga rasa tergesa gesa timbul pada pekerjaan kita dalam menyelesaikan pekerjaan di kelinci. (kemrungsung jw). Dan tidak percaya diri, semua masukan dari orang lain dianggap benar (seperti kelinci tidak butuh minum). Saudara percaya atau tidak, bahwa psiklogi ternak hampir mempengaruhi sampai 60 % dalam usaha peternakan kelinci.
      Semoga paham.
      Salam prestasi.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 21 September 2010 | Balas

  5. ingin berbagi…dikit.kemaren saya maen ke salah satu peternakan kelinci didaerah saya karanganyar(solo)disitu ada sekitar 80 indukan,
    wah banyak banget ya mas(kata saya)
    ya mas,dulu ada sekitar 200 indukan mas (kata anak kandang)
    la koq sekarang cuman 80,pada laku di jual ya mas(saya)
    boro-boro ngejual mas,wong pada mati!!(Anak kandang)
    sudah pernah ikut pelatihan ternak kelinci mas?(saya)
    Belum pernah sama sekali mas,cuman dikasih teori sama juragan saya suruh ini-itu(anak kandang)
    Usut punya usut ternyata kelincinya itu investasi dari juragannya yang dapat uang pensiunan maunya sih buat usaha/kegiatan setelah pensiun tp sekaranga malah……?
    yang saya mau tanyakan kesimpulan apa yang dapat saya pelajari dari kenyataan di atas?saya petrnak pemula
    Dan maaf numpang iklan.untuk temen-temen yang susah ngejual kelinci pedagingnya(di wilayah solo) kami bisa membantu tapi sekla kecil ya,
    kami beli per kg rp 17.000 bisa contact 081380508135/087834886425 terima kasih sebelumnya.

    Komentar oleh rifai | 22 September 2010 | Balas

    • Selamat, semoga sukses terus.
      Jangan lupa, bila sudah sukses tetap ingat pada yang berkekurangan. Dan pesan pesan disaat pelatihan semoga tetap terjaga. amien.
      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 22 September 2010 | Balas

  6. Pak,berapa luas ideal kandang utk kelinci bunting dikurangi luas kotak beranak..?? trims atas penjelasannya..

    Komentar oleh ibraheem | 22 September 2010 | Balas

    • Yerima kasih.
      Luas kandang untuk indukan yang ideal adalah 4X5 dari kelinci ktika duduk,artinya bila kelinci duduk panjangnya 30 Cm, maka luas ideal adalah 120 X 150.
      Luas ini untuk induk bisa bejalan dan akan nyaman dalam mengasuk anak. Bila sempit, indukan malas menyusui.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 23 September 2010 | Balas

  7. Mas, sekedar info: kemarin saya beli 2 ekor jantan satu ekor betina dan saya lepas begitu saja dipekarangan belakang rumah saya (berpagar keliling), apakah ada kemungkinan untuk berkembang biak? Trima kasih

    Komentar oleh welly madiarta | 19 November 2010 | Balas

    • Terima kasih.
      Beli dua ekor jantan dan satu ekor betina, bisa menyebabkan pertarungan si jantan untuk merebut si gadis yang tinggal satu. Salran saya yang jantan satunya ditukar dengan betina saja. Insya Allah kelinci akan berkembang. Amien.
      Salam prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 19 November 2010 | Balas

  8. mas rifai,ak dr solo ak jga sulit dlm penjualan kelinci pedaging klw blh tau alamatna mna?

    Komentar oleh indri novianto | 22 November 2010 | Balas

  9. Ass wr wb mohon info dan penjelasannya bagaimana cara saya menjadi anggota prestasi indonesia dan kapan ada pelatiahan beternak kelinci hubungi saya by phoen 08128028941 atau email nurdin.uday@yahoo.com

    Komentar oleh nurdin | 23 Desember 2010 | Balas

    • terima kasih.
      Masalah program pelatihan, kontak langsung saja sama pak Mutasim ke 0818930092.
      salam prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 23 Desember 2010 | Balas

  10. didaerah saya pemasaran masih sulit mas, terus kalo ada juga diterima ama bandar tapi harganya murah, apa mas bisa ngebantu trims…

    Komentar oleh Konten Campuran | 8 Februari 2011 | Balas

    • ma’af bos,posisi dimana ?

      Komentar oleh Arifin | 8 Februari 2011 | Balas

      • Jetis Tarubasan Karanganom Klaten

        Komentar oleh prestasi kelinci | 11 Februari 2011

  11. hi prestasi, psikologi ternaknya bener2 pengetahuan baru.tp masalahnya pada hari2 tertentu jadwal kasih makan kelinci saya bertabrakan dg jadwal kerja. akhirnya setiap pada waktu tsb saya terpaksa kasih makan 1 jam lbh awal. bagaimana menurut prestasi?

    Komentar oleh mahendra | 10 April 2011 | Balas

    • Terima kasih,
      Tidak masalah, yang penting ketepatan waktu yang dijadikan rutinitas.
      Salam prestasi.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 11 April 2011 | Balas

  12. salam lestari, kami peternak kelinci di tawangmangu siap untuk diajak kerjasama terutama peternak kelinci yg susah jualnya, kami siap bantu. an. hartono hp.089673454368

    Komentar oleh hartono | 25 Januari 2013 | Balas


Tinggalkan Balasan

