PENGEMBANGAN KELINCI

Informasi Kelinci PRESTASI INDONESIA

TEMPAT PAKAN DAN MINUM DIGUNAKAN KELINCI LAIN

.

Kadang kita keheran heranan, kenapa kemaren dengan pakan yang sama lahap, bahkan sampai habis, tapi hari ini sama sekali tidak mau makan. Kita jangan langsung menvonis  kelinci sakit atau gejala sakit, tetapi mungkin karena tindakan kita yang kurang pas.

Perlu kita memperhatikan hal sebagai berikut :

  1. Kita usahakan tempat pakan tidak tertukar dengan tempat pakan kelinci yang lain. Hal ini bisa menyebabkan kelinci tidak mau makan. Apakah kita memperhatikan hal tersebut ???
  2. Begitu juga tempat minum, usahakan tidak tertukar dengan tempat minum kelinci yang lain, karena bisa membuat kelinci menjadi murung, akhirnya tidak mau makan. apakah kita memperhatikan hal tersebut ????
  3. Tempat posisi pakan dan minum jangan selalu berubah atau bergeser seperti biasanya. Perlu di ingat, bahwa kelinci dalam membuang kotoran dan pada waktu kencing akan selalu di tempat yang kelinci tentukan (tidak pindah pindah dan hanya tempat di kebiasaan waktu kencing atau buang kotoran), pernahkan kita memperhatikan hal tersebut ???
  4. Bila tempat pakan mau digunakank kelinci lain, harus dilakukan pencucian bersih kemudian dijemur di sinar matahari, setelah kering dicuci lagi dan dikeringkan dengan sinar matahari, baru bisa digunakan kelinci yang lain. Pernahkan kita melakukan ini ???

Hal hal tersebut perlu kita pehatikan apabila  ingin kelinci kita enjoy di kandangnya, karena kita sudah memasungnya di kandang, jangan diberi beban lagi karena pemaksaan kita (walau kadang kita belum tahu atau memahami).

Jangan menyepelekan hal hal ini, kalau ingin kelinci kita sehat dan maka banyak

Iklan

28 Desember 2010 - Posted by | Tentang Prestasi

14 Komentar »

  1. terima kasih tipsnya… 😀

    http://popnote.wordpress.com

    Komentar oleh Agung Rangga | 28 Desember 2010 | Balas

  2. Siip dech,
    Tulisanmu sangat sederhana, tapi banyak para peternak tidak tahu kesalahan kesalahan yang dilakukannya. Pada hal ini mestinya yang harus dilakukan, pengalaman saya demikian, setelah diskusi dengan prestasi, itu yang menjadi kegagalan saya waktu dulu dan sekarang alhamdulillah. terima kasih prestasi.
    Salam prestasi

    Komentar oleh Munjer | 29 Desember 2010 | Balas

    • Terima kasih.
      Semoga bermanfaat terus. amien
      Salam kembali

      Komentar oleh prestasi kelinci | 29 Desember 2010 | Balas

  3. Yh Bapak Mutasim,
    Yang paling bagus untuk tempat pakan itu terbuat dari plastik, kayu atau semen ?
    Saat ini saya menggunakan plastik untuk pakan ayam.
    Makasih .
    Salam Prestasi

    Komentar oleh Musrifah | 29 Desember 2010 | Balas

    • Terima kasih,
      yang pokok tempat pakan diusahakan yang berat, sehingga tidak mudah tumpah isinya.
      Salam prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 29 Desember 2010 | Balas

  4. Bos,
    Kenapa pengaruh itu besar ya, saya memang demikian yang saya lakukan,dan kadang kelinci tidak mau makan, anehya setelah saya ganti tempat pakan baru, esoknya pakannya habis bersih dilahapnya.
    Ilmu ilmu demikian itu harus dimunculkan terus bos, biar kesalahan kesalahan kecil ini bisa dimengerti dan membuat berhasil beternak.
    Salam hormat pada pengelola Blog ini.
    Sukses selalu untuk Prestasi

    Komentar oleh Ardi | 29 Desember 2010 | Balas

    • Terima kasih,
      Doakan saja semoga terus bemanfaat bagi banyak orang. Amien.
      Salam Pestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 29 Desember 2010 | Balas

  5. Salam saya.
    Mengapa tempat pakan yang akan digunakan kelinci lain harus dicuci dua kali dan dikeringkan dengan sinar matahari ?
    Setahu saya dalam buku buku kelinci tidak ada. Kok tulisan bapak aneh aneh saja.
    Pandangan saya kok sama saja, walau saya belum ternak kelinc, tapi saya punya pengalaman puluhan tahun beternak ayam, ganti tempat pakan tidak masalah tuh.

    Komentar oleh Munawar | 29 Desember 2010 | Balas

    • Terima kasih atas komentarnya.
      Bila punya pandangan lain. semoga bermanfaat semuanya. amien

      Komentar oleh prestasi kelinci | 29 Desember 2010 | Balas

  6. O.. begitu ya pak??? makasih infonya, memang saya sering menemui masalah seperti itu, kalo pagi semua tempat pakan saya ambilin dan cuci, kemudian waktu mengembalikan ke kandang sering terbalik balik, maklum bentuk dan ukurannya sama, sama menggunakan batok kelapa yang digantung pake kawat, biasanya untuk ayam.
    O ya, buat pak munawar, coba deh ternak kelinci pak, sesungguhnya sangat beda antara ayam dan kelinci, tapi mulai dari sedikit dulu aja pak. mohon maaf kalau kurang berkenan.
    terimakasih terutama buat pak Mutasim Fakih, moga tetap jadi rahmat bagi alam ini pak…

    Komentar oleh edi | 1 Januari 2011 | Balas

  7. Hal-hal demikian tidak terpikirkan oleh saya sebelumnya , terima kasih
    salam prestasi

    Komentar oleh edy nugroho | 2 Januari 2011 | Balas

    • Sama sama. semoga tambah sukses bersama kelinci.
      Salam kembali

      Komentar oleh prestasi kelinci | 2 Januari 2011 | Balas

  8. Boleh nggak kelinci dimandiin? Trus kalau makan nya nggak pakai tempat ble nga?

    Komentar oleh Loni | 13 Januari 2013 | Balas

    • Terima kasih,
      Kelinci takut air, kalau mau memandika, pakai air yang kabut atau disemprot pakai semproan tangan yang lobang paling kecil.
      Untuk masalah pakan, yang penting kelinci bisa enjoy, jadi tempat pakan bukan masalah boleh tidaknya mau dipakai atau tidak.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 14 Januari 2013 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: