PENGEMBANGAN KELINCI

Informasi Kelinci PRESTASI INDONESIA

BRINDIL MATI DIMAKAN

Menjawab pertanyaan via email yang banyak sekali, dan bahkan SMS yang per hari lebih dari 200 sms yang masuk dan semuanya yang dinawab via sms atau emai masih kurang, perlu  kami menjelaskan kenapa brindil mati.

Ada beberapa macam penyebab brindil mati.

  1. Mati karena kecelakaan (jatuh, terjepit, terinjek induknya)
  2. Mati karena predator (dimakan kucing,tikus, ular, semut merah)
  3. Mati karena  prematur (belum waktunya)
  4. Mati karena penyakit (menurun dari induknya)
  5. Mati karena alam (kedinginan, banyak angin)
  6. Mati karena ulah induk (tidak mau menyusui, tidak mencabuti bulunya)
  7. Mati karena kanibal (dimakan induknya)

Penyebab untuk nomor 1-2 , ini perlu  adanya perbaikan fisik kandang, baik luasnya maupun skat serta jarak antara ruji ruji kandang, karena kandang dan kotak untuk beranak  yang nyaman akan  sulit masuknya predator menjadikan induk lebih senang menyusui anaknya.

Penyeban nomor 3 dan 4 , adalah  faktor induk, sehingga pemilhan dan seleksi induk merupakan Faktor  utama dalam usaha ternak kelinci. Indukan harus diketahui genetiknya an recording kesehatannya. ini penting apabila kita menekuni usaha peternakan kelinci.

Kusus penyebab nomor 5 , sebenarnya kelinci hidup di alam akan beradaptasi dengan alam dengan sendirinya, karena kita memasung kelinci dalam kandang, maka jangan sampai terpaan alam, kelinci tidak bisa mempertahankan. Saran kami disaat dingin dan angin besar, berilah tutup agar brindil nyaman.

Dan untuk nomor 6 dan 7 , ini karena sifat kita yang melekat dan kita tidak menyadari. Misalnya kita mengawinkan kelinci dengan paksa (bila perlu kita bantu pegangin), kotak ndukan dipakai induk lain,  kandang bekas induk lain yang belum dibersihkan.


Iklan

7 Januari 2011 - Posted by | Tentang Prestasi

23 Komentar »

  1. Pantes, saya memang banyak saya lakukan. Makanya brindil aku banyak yang mati.
    Saya perlu banyak belajar sama Prestasi.
    Kapan diadakan pelatihan lagi ??
    Tolong dikasih tahu.
    Makasih. salam prestai

    Komentar oleh Wardoyo | 7 Januari 2011 | Balas

    • Nah benar kan, makanya pentingnya pelatihan di Prestasi, Uraian dan yang disampaikan bisa memperbaiki diri kita. ah kalau ditanya pengalamanku, wah pokoknya jelek, e.. masuk prestasi, Puji Tuhan, aku jadi makluk yang lebih baik dan bermanfaat
      Makasih Prestasi

      Komentar oleh Puguh | 8 Januari 2011 | Balas

      • Halo mas wardoyo, sekarang dah punya kelinci berapa? aku sekarang juga dah semangat kerja lagi, dan untuk kegiatanku yang jelek (minum, medok) dah ku tinggalkan kok. Makanya kelinciku jadi banak.

        Komentar oleh Pungki | 8 Januari 2011

  2. Wah, ana ana wae,
    Hidup mati itu ditangan yang kuasa. Kelinci dirawat atau tidak, disayang atau tidak, kasih pakan yang bagus atau yang biasa, kalau jatahnya mati ya mati, jatahnya hidup ya hidup.
    Kok repot amat.

    Komentar oleh Nufam | 7 Januari 2011 | Balas

    • wah,,ciri-ciri orang yang suka pasrah ini,,hahaa

      Komentar oleh dian wahyu | 7 Januari 2011 | Balas

      • itu gak punya semangat hidup, gak usah makan, gak usah minum aja bung, gak makan kalo jatah hidup ya hidup, kalo mati mati ya mati. he he e

        Komentar oleh Gandung | 8 Januari 2011

    • Mas Nufam, Kita perlu usaha. Jangan nglokro, pasrah, kayak gak punya Tuhan saja.
      semangat… semangat, seperti Prestasi ini, semangat terus, maju terus.

      Komentar oleh andi | 8 Januari 2011 | Balas

  3. Prestasi mendalami hal hal ini, sampai sifat manusia mempengaruhi kelinci, Hebat.. hebat
    Apa pelatihan membahas yang demikian ??
    Kapan ada pelatihan kelinci lagi ?

    Komentar oleh Bowi | 7 Januari 2011 | Balas

  4. Kelinc yang beranak, kenapa di tempat kami erus mati. saya punya indukan 5 ekor dan jantan satu. Hampir semuanya pernah beranak, tetapi belum ada yang bisa umur sampai dewasa.
    Kandangnya terbuat dari kayu dan kawat strimin besar. sinar matahari bisa bersinar dan setiap indukan menempati kandang luasnya 100 cm X 120 cm. Pakan dari hijauan, kadang rumput kadang sayuran dan diberi ampas tahu., setiap 3 hari sekali diberi cemilan wortel. Dan setiap minggu sekali kami kasih vitamin agar sehat. Indukan sich sehat sehat.
    Masalah apa ya anakan kelinci kok umur lepas sapih sampai tiga bulan sering terjadi kematian.
    Maasih atas jawabannya.

    Komentar oleh Salsa | 19 Januari 2011 | Balas

    • Terima kasih.
      Secara teori dan pengetahuan, persyaratan sehat dan beranak serta anaknya menjadi induk mustinya bisa. Kenapa kok tidak bisa ??
      Hal ini secara psikologi ternak dibahas dalam pelatihan beternak kelinci, dimana secara psikologi ternak justru kunci dalam pengembangan kelinci.
      Semoga maklum.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 19 Januari 2011 | Balas

  5. Kalau beli kelinci flems kirim ke tanggerang .1jantan 2betina,1karung pelet dan 1paket gmp berapa harganya

    Komentar oleh Sriyono | 29 Januari 2011 | Balas

  6. Boss, mau bertanya .
    Kelinciku akhir akhir ini banyak kematian, terutama anakan dibawah enam bulan. Pakan dan minum seperti biasanya. Disebabkan oleh apa ya ?
    Kalau pelatihan membahas sikologi ternak itu yang dibahas apa ya ?? adakah bulan maret untuk pelatihan kelinci ???
    terima kasih.

    Komentar oleh imron | 31 Januari 2011 | Balas

    • Terima kasih.
      Untuk belajar skologi ternak erlu pelatihan, karena akan terjadi tanya jawab.
      Masalah pelatihan, silahkan kontak langsung ke 0818930092

      Komentar oleh prestasi kelinci | 1 Februari 2011 | Balas

  7. Selamat malam pak mutasim.
    Tadi saya bemain ke temen dan dapat informasi, kalau Prestasi mengeluarkan indukan sejumlah 250 ekor karena baru ada renovasi kandang (benarkah). Dan temen saya mengambil 25 ekor indukn. Saya melihat sendiri indukan itu.
    Kenapa pak mutasim berita pengeluaran indukan tidak di informaskan di Blog ??? kalo begini kan banyak yang keewa, ingin punya indukan bagus tidak tercapai.
    Apakah masih ada indukan di prestasi yang akan dikeluarkan lagi ?, atau kami bisa diberi idukan yang masih di prestasi ???
    maaf, saya agak kecewa mas.

    Komentar oleh Haris | 9 Februari 2011 | Balas

    • Terima kasih.
      Maaf. memang benar, karena ada renovasi kandang, maka satu blok kami keluarkan untuk di ternakkan di peternak.harga per induk Rp 300,00.
      Bila saudara mau ikut, silahka datang ke laten atau di kirim. telp atau sms ke 0818930092

      Komentar oleh prestasi kelinci | 11 Februari 2011 | Balas

  8. saya setuju saya mas haris……
    apa kira2 sampai sekarang masih ada indukan yg d lepas???

    Komentar oleh yusma | 16 Februari 2011 | Balas

    • Terima kasih,
      memang indukan yang dikeluarkan diperuntukkan bagi yang sudah beternak kelinci atau sudah punya pengalaman beternak kelinci.
      Bila saudara sudah beternak kelinci, silahkan datang ke klaten atau dikirim. lebih jelasnya pada pak mutasim langsung saja, no nya 0818930092

      Komentar oleh prestasi kelinci | 16 Februari 2011 | Balas

      • pak harga flam induk betina sekitar berapa di Prestasi?? dari terminal Penggung jauh nggak pak?? aku dari Cawas..

        Komentar oleh prasch | 7 Maret 2011

      • Terima kasih.
        Dari terminal penggung ke barat ke arah karanganom. sekitar 2 km ada puskesmas belok kiri arah klaten 700 meter. Ada gedung tulisan Prestsi Indonesia

        Komentar oleh prestasi kelinci | 7 Maret 2011

  9. sore pak., mau tanya!!
    aku punya flam, dan anakannya umur 1,5 bulan. dari 7 anak mati 2., dan matinya aneh !!
    bukan karena predator, tp kejang-kejang mendadak tanpa tanda-tanda sakit sebelumnya!!
    kiranya itu karena apa dan bagaimana mengatasinya.

    terimakasih…

    Komentar oleh prasch | 6 Maret 2011 | Balas

    • Selamat malam,
      Kematian brindil (anak kelinci) banyak penyebabnya. menurut pengetahuan, disebabkan karena asupan makanan yang kurang seimbang, misalna (1) hijauan mengandung racun, dimana anak kelinci di penetral racunnya belum sempurna,(2) Karena karbohidrat yang sudah basi ( katul, nasi, konsentrat atau bahkan ampas tahu yang sudah basi atau sudah berbau), (3) atau karena keracunan ekstern, misalnya asap, terutama asap rokok.
      Kalau menurut psikolgi ternak (ilmu tenak kelinci), sangat banyak hal yang menyebabkan kematian brindil ini.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 6 Maret 2011 | Balas

      • maturnuwun pak., tak coba cari penyebabnya., emang pakan rumput cuma nyari dan belum tau baik buruknya., selama ini aku kasih daun pisang, kremah/krokot, dan kemarin coba tak kasih daun pepaya dicampur kosentrat.

        kiranya terlalu nyiksa nggak pak.,??

        Komentar oleh prasch | 7 Maret 2011


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: