PENGEMBANGAN KELINCI

Informasi Kelinci PRESTASI INDONESIA

MASUK BAGIAN MANA KITA

.

Sebagai pengetahuan saja (bukan ilmu) bahwa beternak kelinci mempunyai maksud dan tujuan yang berbeda beda, dan  masuk dalam beternak apa posisi kita

A. Beternak kelinci sebagai Hobby

Pada kelompok ini, memelihara kelinci sebagai kesenangan, hiburan,mengisi waktu kosong,  klangenan atau prestise seseorang, sehingga semakin  ternak kelincinya indah ( beda dengan yang lain/(dampak positif), membuat kagum orang lain, maka si pemilik akan semakin mantab untuk menyayangi binatang tersebut. Dan beternak kelinci ini akan lebih senang dalam mengikuti lomba, baik kontes  penampilan maupun besarnya.

B. Beternak kelinci sebagai  Sambilan

Beternak kelinci pada kelompok ini adalah tujuannya sebagai iseng, coba coba barangkali menghasilkan, sehingga pada tahap ini biasanya melihat kebehasilan peternak lain tanpa melihat kegagalan dan perjuangannya. Tahap ini yang paling banyak yang digandrungi oleh peternak kelompok ini. Dan biasanya para peternak ini  sudah mempunyai pendapatan (income rutin), sehingga dalam beternak kelinci  hanya untuk menghaslkan usaha sampingan.

C. Beternak kelinci sebagai Usaha

Pada posisi ini merupakan usaha peternak untuk dijadikan penghasilan utama,sehingga perjuangan untuk memperoleh dari usaha ternak sangat tinggi,  tidak berani coba coba, dan dalam beternak bukan untuk tempat kunjungan. Beternak kelinci pada posisi ini, apabila kelinci sakit  akan dicarikan obat agar sembuh, karena kelinci dijadikan seperti bagian anggota keluarga yang juga seperti sakitnya keluarga. Maka  pelajaran, pengetahuan dan ilmu akan diterapkan benar, karena penghasilannya benar benar dari beternak kelinci.

D. Beternak kelinci sebagai metos

Ada sebagian masyarakat,  beranggapan, bahwa pasangan suami istri yang lama  tidak dikaruniani anak, maka disarankan untuk memelihara kelinci pedaging untuk di ternak, dan sebagian  untuk di sembelih guna dimakan, agar bisa mempunyai anak atau keturunan. Sekali lagi, ini adalah metos atau kepercayaan.  Kalau ada sebagia masyarakat telah mencoba dalam beternak kelinci pedaging dan menjadi kenyataan. Wallahu alam.  Dan biasanya setelah tercapai apa ang menjadi keinginan, kemudian tidak melanjutkan.

F. Beternak kelinci sebagai ikut ikutan

Melihat beternak hanya melihat sisi mudah dan keuntungannya, tanpa melihat  proses dan kendalanya. Apalagi untuk mengali pengetahuan dan Ilmu yang harus di perdalam. Pada  posisi ini kebanyakan mengalami kegagalan yang jauh lebih besar, karena belum mempunyai sendi sendi dasar beternak kelinci, terutama pada bagian ilmu ternak kelinci (skologi ternak). Dan pada posisi ini secara tidak langsung yang kadang memberikan informasi pada peternak pemula, bahwa beternak kelinci itu sulit.

Dengan masuk dalam kategori tersebut, maka akan mempengaruhi keberanian  seseorang dalam memutuskan  yang ada kaitannya dengan ternak kelinci (misalnya berani menambah ilmu, mendapatkan bibit unggul bibit, mengunakan pakan yang berkualitas ,dan kemauan silaturrahmi kepada para peternak sesama).

Iklan

13 Mei 2011 - Posted by | Berita Kelinci PRESTASI

8 Komentar »

  1. “Melihat keberhasilan dari peternak lain”, Pak? Khusus Bangkinang, Kab Kampar, setelah saya tanya ke Dinas Peternakan, belum ada peternakan khusus kelinci. Kecuali bbrp org yg pelihara beberapa ekor kelinci karena hobi. Nah, saya mmg untuk usaha sampingan, krna sy PNS. Tapi sy menganggapnya kelinci bagian dari keluarga yg harus selalu diselamatkan. Saya tak punya anak kandang. Semuanya saya yang kerjakan, termasuk membuat kandang, cuma dalam perawatan terkadang dibantu istri dan anak2. Kiat apa yg hrs saya buat agar minat sy ini berkembang, kalau bisa, sy ingin jadi orang pertama yang tercatat punya peternakan kelinci pedaging di daerah saya. Apa bisa ya Pak?

    Komentar oleh Nevimaizar Maasin | 6 Juni 2011 | Balas

    • Insya Allah bisa. Nanti kita bicarakan di pelatihan

      Komentar oleh prestasi kelinci | 6 Juni 2011 | Balas

  2. prestafeed & GMP itu dijual bebas untuk semua peternak atau hanya untuk anggota prestasi kelinci pak?? ongkir ke kediri berapa ya?? atau ada cabang yang menjual di kediri?? trima kasih jawabannya.

    Komentar oleh Andryas Affandi | 13 Juni 2011 | Balas

    • dipakai dan bebas, siapa saja boleh.
      silahkan kontak ke 0818930092
      salam prestas

      Komentar oleh prestasi kelinci | 13 Juni 2011 | Balas

  3. kalau kita ingin bekerja sama dengan prestasi dalam penjualan kelinci apakah harus membeli indukan dari prestasi dan ikut pelatihan dulu??

    Komentar oleh Andryas Affandi | 22 Juni 2011 | Balas

    • Terima kasih,
      Untuk kebutuhan daging kelinci, rekanan prestasi dalam kontrak pemenuhan daging, ang biasa dilakukan rekanan adalah :
      1. Akan survey dulu kebersihan kandang ( dari kotoran, kelembaban dan sekulasi udara)
      2. Disurvey kesehatan kelinci ( obat apa saja yang telah masuk dalam tubuh kelinci)
      3.Jenis pakan yang diberikan (terutama konsentrat)
      4. Kemampuan untuk mensuplay (harus kontinue)
      5. Dan hanya khusus kelinci jenis pedaging (Flamish)
      6. Menandatangani kontrak.
      Itu yang biasa dilakukan prestasi dengan rekanan yang membutuhkan daging kelinci

      Komentar oleh prestasi kelinci | 22 Juni 2011 | Balas

      • kalau New zealand atau australia bisa kan?? ga harus flamish??
        minimal setor berapa KG per bulan?? harga juga ditentukan prestasi??
        maaf pak banyak tanya.. hehe..

        Komentar oleh Andryas Affandi | 8 Juli 2011

      • Terima kasih,
        Harga kelinci ditentukan oleh oembeli an penjual. Dalam hal penjalan kontrak, prestasi hanya mempertemukan , silahkan nego sendiri, prestasi tidak mengambil keuntungan dari itu,
        Saat ini, sebanyak banyaknya kayaknya ok, msal sebulan tiga ribu pun saya kira no problem.
        Semoga bisa memenuhi.

        Komentar oleh prestasi kelinci | 8 Juli 2011


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: