PENGEMBANGAN KELINCI

Informasi Kelinci PRESTASI INDONESIA

TANDA TANDA KELINCI MAU SAKIT

.

Banyak para pemelihara kelinci mengalami kelincinya sakit, kemudian berakhir pada kematian.

Berikut disampaikan  cara mengenali kelinci mau sakit. Tanda tanda kelinci mau sakit diantaranya :

  1. Dua hari berturut turut palatabelitas (tingkat makannya) mengalami penurunan
  2. Kelinci lebih banyak duduk di malam hari, terutama jam 7-10 malam
  3. Tingkatan untuk minum lebih meningkat (lebih banyak),
  4. Bila diberi hijauan, kelinci kelihatan ingin makan, tapi sedikit, kemudian mulai duduk lagi,
  5. Air kencing mulai keruh dan kental
  6. Bulu bulunya  mulai kusam dan mudah rontok
  7. Kuku kukunya mulai masuk dalam daging, artinya kukunya tidak terlihat semuanya (ciri gudig)
  8. Sinar mata mulai sayu karena asupan makanya berkurang.
  9. Kandang mulai lembab, karena bakteri negatif banyak berkembang
  10. Kandang mulai berbau busuk.

Langkah bila mendapati ciri ciri tersebut :

  1. Kelinci di pindahkan ke kandang tersendiri
  2. Pakan diberikan bervariatif lebih banyak
  3. Berilah pakan yang kelinci suka ( wortel, hijauan sayuran, kacang kacangan)
  4. Berilah madu untuk memacu makan
  5. Berilah tambahan vitamin dalam minuman
  6. Sayuran dan munuman sebelum diberikan disemprot GMP
  7. Bila selama sehari makan masih sedikit, segera diberikan suntikan antibiotik dan B 12
  8. Kelinci jangan sering diangkat, karena akan menghabiskan energinya.
  9. Usahakan pemberian pakan yang disukai dengan cara diletakkan di atas tangan kita agar kelinci mau memakannya.
  10. Bila perlu dilepaskan kalau makanya sudah mulai mau makan banyak

Bila mengalami kesulitan, bisa kontak pada  0818930092  atau 081318930092  atau emil ke  si_prestasi@yahoo.co.id

 

Iklan

2 September 2011 - Posted by | Perhatian Terhadap Kelinci

106 Komentar »

  1. Thaks banyak.
    Tulisan yang sederhana, tapi sangat bermanfaat,
    Munculkan panduan panduan praktis seperti ini.
    Aku selalu mendampingimu.

    Komentar oleh ruli | 2 September 2011 | Balas

  2. kalau kelinci batuk batuk, tapi makannya seperti biasa, apa itu juga penyakit ???
    Pileknya kelinci apa mesti di ikuti batuk ??

    Komentar oleh febby | 2 September 2011 | Balas

  3. Gimna kalo air kencing kelinci,keruh setelah makan pelet?
    normal gak?
    thx yak atas infonya.

    Komentar oleh Fia | 17 September 2011 | Balas

    • Terima kasih,
      banyak pengaruh pada kencing kelinc yang keruh, diantaranya:
      1. Karena makanan yang kelinci makan.
      2. Karena gejala keguguran,
      3. Gejala sakit dalam pencernakan
      3. dan karena perubahan temperatur mendadak (biasanya perpindahan lokasi/daerah).
      Selama kelinci mafsu makan dan minum ada, berilah air minum dengan ditambah madu, kalau ada berilah campuran dengan GMP pada minumannya.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 17 September 2011 | Balas

  4. Ass wr wbm Pak Fakih. Kalau penis menyuntai atau memanjang di karena apa ya, Pak? Lalau membengkak sebelah, Karena apa itu ya, Pak? dan apa obatnya?

    Komentar oleh Nevimaizar Maasin | 26 September 2011 | Balas

    • Terima kasih,
      kasus ini biasanya terjadi pemaksaan, misalnya kelinci betina mau dikawin tapi tidk mau, namun si pejantan pingin ngawinin dengan nafsu, sehingga kadang kena lantai atau kena benda lain di penisnya, sehingga terjadi luka, termasuk bengkak sebelah.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 27 September 2011 | Balas

      • Benar banget, Pak. Habis ada teman kelincinya belum cukup umur, minta dikawinin ama pejantan saya. Katanya ingin dapat keturunan dari kelinci prestasi. Aduh, Pak. Sekarang ia dimasukkan kandang indukan yang lantainya di datar. Tak dilepasin lagi karena kasihan ia susah melompat. Dan tadi malam sepertiga Paracetamol dan Vit C, saya masukin diminumnya. Kalau untuk manusia, Paracetamolkan untuk penghilang rasa sakit. Dari hal ini saya mau tanya:
        1.Sudah betul/tidak diberi Paracetamol? Kan cuma sedikit.
        2.Yang bengkak itu kalau direndam air suam-suam kuku, atau dikompres kain panas, boleh tidak?
        3.Apa perlu disuntik Mendoksi LA? atau Vit 12?
        4.Kalau sudah bengkak begini, apa masih ada kemungkinan untuk membuahi? Soalnya saat belum bengkak,
        dikawinan sama idukan birahi, sampai harinya ini betinanya tak. juga melahirkan. Tapi ciri-ciri hamil ada

        Komentar oleh Nevimaizar Maasin | 27 September 2011

      • Terima kasih.
        Masalah paracetamol, kami belum pernah coba, tapi kalau di lihat kandungan yang ada di paracetamol, saya kira tidak masalah. Saran saya diberi hijauan daun panjang dan bervariatif, sore hari dikasih wortel satu biji tapi yang kecil, diberikan tiga hari sekali. Untuk suntikan antibiotik bisa dilakukan dan justru saya sarankan disuntik yang LA. Selama masih bisa mengawini, setelah sembuh tidak masalah..
        Semoga cepat sehat kelincinya.
        Salam Prestasi

        Komentar oleh prestasi kelinci | 27 September 2011

  5. Nanya lagi, Pak. Pelir nya malah membesar, padahal sudah di suntik LA sedikit lalu diolesin betadin dan minyak But-but. Jd :
    1.Apa perlu suntik LA lagi?
    2.Sampai berapa lagi biasanya baru sembuh? Soalnya ini agak aneh
    3.Apa iya obat infeksi buah pelir cara dikawinin dg betina siap kawin, agar normal dan sehat lagi?

    Komentar oleh Nevimaizar Maasin | 29 September 2011 | Balas

    • Terima kasih.
      Suntikan LA minimal 3 X, setiap 3 hari di suntik LA.
      Bila makannya tidak terganggu, biasanya 20-30 hari sembuh.
      Di sehatkan dulu saja.
      Baca lajur kanan pada gagal bunting.
      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 29 September 2011 | Balas

    • Ka mau tanya kalo penis kelinci menjuntai dan dia selalu membantingkan kaki belakangnya itu kenapa ya ?

      Komentar oleh Hendrik | 22 Desember 2016 | Balas

  6. Saya mau nanya pak, kelinci saya akhir-akhir ini malas berdiri, kira-kira sakit apa ya? Soalnya saya selalu memberi makan wortel ke kelinci saya, seharusnya saya harus memberi makan apa ya pak?

    Komentar oleh astrie | 23 Oktober 2011 | Balas

    • Terima kasih,
      kelinci membutuhkan nutrisi dari bebagai macam makanan yang kelinci makan. Kalau kita hanya menyediakan satu atau dua macam saja, maka sangat kesulitan untuk memenui gizinya. Kelinci yang malas brdiri, merupakan ciri kelinci itu kurang calsium dan unsur hara nya.
      Berilah hijauan sama akanya, biar unsur unsur yang lain bisa terpenuhi.
      Salam prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 23 Oktober 2011 | Balas

  7. Ass wr wb, Pak Fakih, Jumpa lagi ya. Mau tanya, Pak. Anakanku cacat. Saat ini umurnya hampir 2 bulan. Itu lho, ke 4 kaki nya melebar ke samping. Jadi jalannya seperti kura-kura, menyapu lantai. Gimana cara ngobatinnya Pak? Di bedong seperti baby tak mungkin lagi, karena sudah besar. Dari hal ini pertanyaan saya:
    1.Gimana ngobatinnya, dan apa obatnya
    2.Kira-kira sebabnya apa ya? Soalnya saat induknya hamil, memang indukan kena gudip, Saya suntik, sembuh. Lalu indukannya hamil sampai 33 hari. Dan ini anakan ke 3 di saya (sebelumnya saya tak tahu). Anak pertama 4, lalu 3, dan sekarang cuma 2 itupun 1 jalannya seperti kura kura.

    Komentar oleh Nevimaizar Maasin | 24 Desember 2011 | Balas

    • Terima kasih,
      Untuk masalah ini, waktu induknya hamil, kekurangan zat calsium, apalagi waktu hamil kena scabies, kebutuhan calsium harus banyak.
      Untuk obat pada anak agar tidak semper (jalan seperti kura kura), kok sulit ya, kalau bisa tapi sifatnya hanya smentaa, tapi jangan khawatir, bila itu betina, pengalaman kam, untuk indukan tidak masalah, bahkan lebih keibuan.
      Maalah anakan semakin menurun,sangat jelas kondisi kebutuhan calsium induk kekurangan.
      Semoga maklum.
      salam prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 24 Desember 2011 | Balas

      • sori lupa pak, Casium makanan dari mana rasanya? Kacang-kacangan atau….

        Komentar oleh Nevimaizar Maasin | 25 Desember 2011

      • Terima kasih,
        sumber calsium bisa dari akar akaran, misalnya akar dari tanaman kacang tanah. yang ideal, kalau memberi pakan kelinci jangan hanya sekedar hijauan, tetapi juga diikutkan akar akarnya, biar kebutuhan calsium terpenuhi,
        atau diberi tambahan mineral dalam pakannya. beli di toko pakan ternak atau di pet shop.
        Salam prestasi

        Komentar oleh prestasi kelinci | 26 Desember 2011

  8. apa yang dimaksud B2

    Komentar oleh Salma Khoirun Nafisah | 23 Februari 2012 | Balas

  9. Ass
    Mau nanya saya kan baru mencoba untuk memelihara kelinci. Saya beli 2 anakan kelinci anggora, yg satu mau makan peley yg d jual di pet shop; cuman yg satunya lagi hanya mau makan wortel. Kenapa bisa begitu dan apakah tidak apa2 untuk pertumbuhannya?

    Komentar oleh Zyda | 12 Juni 2012 | Balas

    • Wa alaikum salam.
      Sebenarnya kelinci secara alami memakan hijauan sejenis rumput dan sayuran bawah, sehingga saran saya dikasih hijauan saja, karena kelinci tidak mempunai geraham, maka pelet kurang menguntungkan buat kelinci.. untuk wortel jangan sering diberikan, karena bisa mengandung anti nutrisi.
      Kemudian untuk memberikan pakan, usahakan minimal dua macam, biar kelinci memilih mana yang di sukai.
      Salam kami

      Komentar oleh prestasi kelinci | 13 Juni 2012 | Balas

  10. Ass..
    Nanya lagi nih pak. 😀
    barusan kelinci saya mati, gejalanya tuh hidungnya basah. Pas saya bawa dia kdokter, kata dokternya nggak ada masalah. Trus kelinci saya diberi suntikan, katanya sih itu vitamin. – Kira2 apa sih yg mnyebabkan mereka mati? Makannya banyak dan kotorannya juga normal.
    – apa benar kelinci tdk blh diberi minum?

    Komentar oleh Zyda | 15 Juni 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      kelinci erlu diberi minum, kalau tidak nanti akan masalah beberapa bulan berikutnya. Masalah kelinci mati mendadak, atau karena ait, sebenarnya itu dibahas tuntas dalam pelatihan pada psikologi ternak.
      Semoga memahami.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 16 Juni 2012 | Balas

  11. Mas , lebih suli mana memelihara hamster dan kelinci ?????

    Komentar oleh Raven Roth | 29 Juli 2012 | Balas

    • kuncinya bukan yang sulit mana, tetapi kita memelihara dengan kasih sayang itu yang lebih mudah memeliharanya.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 29 Juli 2012 | Balas

  12. mas mau tanya kelinci anggora saya umur 3blnan kemaren batuk2..tapi nafsu makan tetap..apalagi kalau diberi wortel..tetapi air kencingnya kuning pekat..langkah yg harus dlakukan apa y mas..apa langsung dibawa ke dokter hewan..terimakasih

    Komentar oleh sofyan | 30 Juli 2012 | Balas

  13. siang mas..sama mau tanya klo kandang bwt kelinci lebih baik dari bahan kayu(saya dr bambu) atau besi..dan apakah kaya hamster bagus dikasih serbuk kayu..
    terimakasih

    Komentar oleh sofyan | 30 Juli 2012 | Balas

    • Alas lebih bagus menggunakan bambu, untuk dinding tinggal selera kita saja.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 30 Juli 2012 | Balas

  14. selamat malam,
    saya mau nanya,saya punya kelinci dy gk mau makan kenapa y??
    ciri2 nya dy lbh suka diam,mknpun kurang,telinga nya kadang panas,kadang dingin,buang airnyapun sedikit,tk seperti biasanya,,

    terjadinya gara2 waktu rabu mnggu kemarin tidur d bwh kolong kamar semalaman,,
    itu knpa y?lalu di obatinya bagaimana??
    trimakasih,,

    Komentar oleh dhias | 6 November 2012 | Balas

    • Saran saya, berilah vit B dulu ( bila perlu pake injeksi), apabila sehari masih demikian, berilah antibiotik agar bila sakit bisa sembuh. Usahakan pakan hijauan jangan segar dan air minum setiap sore diganti.
      Berilah minuman setiap hari dengan GMP, agar pencernakan kelinci bisa terbebas dari racun dan menetralisir bakteri negatif agar tidak berkembang biak melebihi ukuran seharusnya.
      semoga teratasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 6 November 2012 | Balas

  15. trimakasih atas sarannya,,

    Komentar oleh dhias | 11 November 2012 | Balas

  16. klinci sy ska diem.kl di bri mkn,mknnya sdkt abis itu duduk diem.pupnya tdk kering tpi agak bsh,pipisnya kning.knp ya?

    Komentar oleh Dwi Ayu | 6 Desember 2012 | Balas

    • Ciba minumannya diberikan GMP

      Komentar oleh prestasi kelinci | 8 Desember 2012 | Balas

      • kelinci saya terlihat murung, tidak mau makan, dan dia suka membunyikan giginya . itu kenapa pak?

        Komentar oleh tari | 29 Desember 2012

      • Terima kasih,
        Itu pertanda kelinci mau sakit, berilah vitamin dan di lepas dari kandang. Kurangi hijauan yang sifatnya lemas (sayuran)

        Komentar oleh prestasi kelinci | 1 Januari 2013

  17. asalamualaikum saya mau tanya ya mas perut kelinci saya kok bergetar terus kenapa itu mas

    Komentar oleh izaq | 4 Januari 2013 | Balas

    • Terima kasih,
      saya belum paham, maksud perut kelinci bergetar, coba di uraikan sedikit riwayat sehingga mengambil kesimpulan perut kelinci begretar

      Komentar oleh prestasi kelinci | 4 Januari 2013 | Balas

  18. maaf,mau nanya.saya punya beberapa kelinci tapi,salah satu ada yang sakit kencingnya kemana mana jadi bagian bokongnya bulunya rontok kena air kencing.obatnya pakai apa ya?trimakasih

    Komentar oleh wororabbit | 8 Februari 2013 | Balas

    • itu pertanda kena penyakit karena bakteri negatif, dan biasanya agak bau kencing atau kotorannya. coba disuntik dengan antibiotik dan diberi vitamin, semoga cepat kembali normal.
      Salam kami

      Komentar oleh prestasi kelinci | 8 Februari 2013 | Balas

  19. maaf mau tanya,,
    kelinci saya sembelit,perut agak kenceng sdh di kasi air madu, apa perlu d tmbah yg lain??
    karena buang air besar nya belum normal,,
    itu gmn??
    terimakasi

    Komentar oleh maya | 5 Maret 2013 | Balas

    • Terima kasih,
      Saya belum paham. perut kelinci sembelit ( apa mencret ?). Mudahan kalau kenceng, ini ada beberapa hal:
      1. Asupan makanan mengandung bakteri gas ketika dimakan dilambung menjadi gas,2. karena penyakit luka dalam (nijarang terjadi), 3. karena keracunan.
      Di cek. kotorannya warna apa, apa hitam dan lebih kecil dari biasanya, kotoran normal seperti biasanya.
      Coba diberi asupan vitamin dulu (bisa B complek) dan minum diberi GMP, agar ternetralisir bila terjadi racun atau bakteri pengurai negatif terlalu banyak.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 6 Maret 2013 | Balas

  20. Assalamualaikum wr.wb maaf mas numpang nanya kok kelinci saya susah di beri makan sayur maupun pelet setiap hari hanya mau makan bila saya suapi namun itu pun sedikit, mata nya layu pergerakan juga sedikit kotoran nya pun tiap hari nya terus berubah kadang kering kadang basah, air kencing kuning keruh namun tak berbau
    Padahal seminggu sebelum kejadian saya sudah suntikan kelinci saya…
    Terimakasih mohon bantuan nya: )

    Komentar oleh anggoro | 9 Maret 2013 | Balas

    • Wa alaikum salam,
      Kelinci saudara jelas bary sakit, ari penjelasan saudara yang sedikit, kemungkinan kelinci saydara sakit pada pencernakan.
      Untuk membantu hal tersebut, mestinya disuntik antibiotik tiga kali setiap dua hari sekali setengah cc. kemudian juga diberikan suntukan vit B complek.
      Usahakan diberikan minuman manis, bisa susu. hijauan kalau tidak dimakan, tdk masalah, yang penting vit B complek masuk.
      Semoga teratasi.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 9 Maret 2013 | Balas

      • Ok mas tak coba makasih saran dan info nya

        Komentar oleh anggoro | 9 Maret 2013

      • Maaf mas, ane mau nanya ne, kelinci kecil ane kenapa perutnye dan telinganya bergetar kenceng sekali ya? Mohon infonya. Makasih.

        Komentar oleh Kevin | 27 Mei 2013

  21. maaf saya mau tanya ..
    kelinci saya gak mau makan tapi pencernaan nya bagus perut nya lembek seperti tidak ada isi terus dia itu suka gigitin kain dan kayu
    itu kenapa y??
    terimakasih sebelumnya..

    Komentar oleh maya | 9 April 2013 | Balas

  22. maaf mau tanya, selain vitamin B12, itu apa lagi?

    Komentar oleh halimah | 27 Mei 2013 | Balas

  23. Maaf mas, ane mau nanya ne, kelinci kecil ane kenapa perutnye dan telinganya bergetar kenceng sekali ya? Mohon infonya. Makasih.

    Komentar oleh Kevin | 27 Mei 2013 | Balas

    • Maksud bergetar gimana ? sakit ? keracunan atau kena apa ? coba data data diberikan lebih banyak.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 29 Mei 2013 | Balas

      • Kalo dia diam, tubuhnya bergetar seperti detak jantung yg kenceng banget. Di bagian telinga juga demikian. Apakah memang faktor ketakutan atau detak jantung sang kelinci atau faktor keracunan? Selama ini sih gapernah kasi makan yang beracun.

        Komentar oleh Kevin | 2 Juni 2013

      • itu pertanda rasa ketakutan yang tinggi

        Komentar oleh prestasi kelinci | 2 Juni 2013

  24. maaf pak mau nanya . kelinci saya itu gak mau makan . asal saya kasih di buang nya . lalu ketika saya deketin dia lari . padahal sebelumnya dia tidak takut sama saya dan asal mau saya masukkan ke kandang dia nyakar dan mendndang

    Komentar oleh nyemas haslina | 24 Juli 2013 | Balas

  25. Saya mau tanya,saya baru pelihara kelinci,setiap sore kelinci saya gemetaran,saya selalu kasi makan sayur kangkung yang sudah saya layukan seharian dibawah matahari,tapi tak lama kemudian badannya kembali normal,rumah saYa di pinggir jalan,apa dy tidak suka suasana dirumah saya??
    Tp kelinci saya sllu aktif,,
    Dan apa pemberian sayur kangkung yang layu tidak baik untuk kelinci saya???
    Terkadang saya juga sering memberikan wortel untuknya….

    Komentar oleh jenny jen | 12 September 2013 | Balas

    • Terima kasih,
      biasakan memberikan pakan pada kelinci jangan hanya satu macam, tetapi setiap pemberian minimal 2-=3 macam. Lebih bagus kalau diberi hijauan rumput (tapi jangan yang pinggir jalan kadang terkontaminasi dengan asap).
      Salam kami

      Komentar oleh prestasi kelinci | 17 September 2013 | Balas

  26. pak, saya disurabaya, bagaimana caranya beli pakan prestafeed ? apakah ada cabang disurabaya ? saya juga tertarik beli indukan dari prestasi, bagaimana caranya ya ?

    sekalian mau tanya, kelinci saya jantan dewasa, tidak nafsu makan dan tidak nafsu minum, maunya disuapin itu juga sedikit, berak normal tidak mencret, perut tidak keras, cuman kalau kencing sering mengejan, jadi nyemprot kenceng begitu, kalau tiduran kepala sering menghadap keatas, tapi saya dengarkan nafasnya tidak bunyi(tidak sesak) dan tidak pilek. jadi bingung pak karena berat badan turun terus..
    terimakasih banyak sebelumnya.

    Komentar oleh antoni | 18 September 2013 | Balas

    • Terima kasih,
      Untuk pakan dan kelinci, silahkan kontak atau sms ke 0818930092
      Coba kelinci anda diberi antibiotik (suntik saja biar cepat bereaksi).). Biasakan kelinci diberi pakan hijauan (rumput).

      Komentar oleh prestasi kelinci | 21 September 2013 | Balas

  27. Kalau kelinci itu mulut atasnya sudah kaku dan kupingnya sudah mengeras (tidak lentur lagi) dan dia banyak diam di tempat, tidak mau makan apa itu tanda-tanda kelincinya mau mati ?

    Komentar oleh ocha | 21 September 2013 | Balas

    • Coba beri injeksi vitamin dulu, dan juga vit B 12

      Komentar oleh prestasi kelinci | 21 September 2013 | Balas

  28. mas sy mau tanya , kelinci saya perut nya buncit , trs badannya gemeeteran jantung nya kenceng bnget . n skrg dia makannya sedikit , kebanyakn murung

    Komentar oleh irra | 17 Oktober 2013 | Balas

  29. Mas saya mau tanya,bagaimana cara mengobati kaki kelinci yang bengkak?

    Komentar oleh jenny jen | 20 November 2013 | Balas

    • Maksud bengkak itu hanya korengan atau sampai nanahan atau hanya memar.
      Coba kalau belum sampai nanahan, biasanya lantainya terlalu keras,(misal dari kayu, kawat, besi atau almunium), sebenarnya lantai yang bagus pakai bambuna, karena sisinya melengkung.
      Coba di lepas dulu dan diberi vitamin saja

      Komentar oleh prestasi kelinci | 22 November 2013 | Balas

      • Kelinci idak saya kandang kan tapi di biar lepas di rumah,
        Bengkak nya hanya memar saja,apakah itu berbahaya?
        Atau sembuh dgn sendirinya?

        Komentar oleh jenny jen | 22 November 2013

      • Semoga tidak masalah, asal lantainya tidak keras, lebih bagus kalau dilepas di tanah.

        Komentar oleh prestasi kelinci | 27 November 2013

  30. ooh jadi tidak masalah ya mas, tapi msalahnya kelinci saya tidak pernah saya bawa kluar slalu didalm rumah, klo misalnya bulu mulai menggump[al paling saya gunting aja, tpi blm lama ini dia bersin” dan skarg sudah tidak apa”, trus klo masalh makanan cm dikasih wortel dan kangkung gmna mas apa dia merasa bosan???? makasih

    Komentar oleh ani | 18 Desember 2013 | Balas

    • coba makanannya jangan dua macam, sekali pemberian ada 3 macam, biar bisa memilih dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan kelinci.misalnya hijauan yang lain.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 19 Desember 2013 | Balas

  31. maaf pak untuk dosis antibiotik & vit B12 nya seberapa? apasetara dengan dosis bayi ato anak2?

    Komentar oleh Lai La Chibi | 27 Januari 2014 | Balas

  32. Pak mau nanya . Kan lagi sering
    hujan jadi kelinci saya kena
    pilek/flu . Pertanyaanya
    bagaimana cara mengobati
    kelinci yang pilek ?.masalahnya
    ditoko gak ada yg jual enroten.
    Apakah boleh pake obat
    manusia ? Trimakasih

    Komentar oleh dwiki | 29 Januari 2014 | Balas

    • Jagalah kandang dari guyuran hujan, terutama hijauannya jangan sampai kena air hujan. Silahkan diberikan obat manusia, tidak masalah. berilah antibiotik

      Komentar oleh prestasi kelinci | 1 Februari 2014 | Balas

  33. Ass
    Mw tnya…
    Gmp itu apa yah ???

    Komentar oleh tri | 9 Februari 2014 | Balas

  34. Itu beli na dmn yah gmp ??? Di jual bebas ?

    Komentar oleh tri | 11 Februari 2014 | Balas

    • di prestasi pusat menyediakan. silahkan kontak di 0818930092

      Komentar oleh prestasi kelinci | 11 Februari 2014 | Balas

  35. pak kelinci saya kok gc mau makan pak,padahal makanan nya wortel + kangkung,kenepa pak….?

    Komentar oleh agus | 12 Mei 2014 | Balas

    • berilah pakan hijauan daun kecil dan keras, misalnya rumput sawah. dan berilah vitamin tambahan. jangan terlalu banyak wortel dan kangkung

      Komentar oleh prestasi kelinci | 15 Mei 2014 | Balas

  36. saya mau bertanya: saya punya kelinci,tapi kelinci sya gak mau kawin…terus bulunya sering rontok tapi makannya doyan bgt.bila mau kawin si betina gak pernah mau..dibilang hamil juga gak kyaknya..trus da pa dengan kelinci saya…

    Komentar oleh Adjie Sultan Mustika | 14 Mei 2014 | Balas

    • wah, banyak faktor tu, dari segi kelincinya, kesehatannya, pakannya, kedewasaannya, trauma masa lalu, lokasi , sangat banyak pengaruhnya, coba datanya diperlengkap, biar bisa memberikan saran yang tepat.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 15 Mei 2014 | Balas

  37. Kelinci saya air kencingnya berwarna kuning keruh,mau sakit bukan ya……padahal saya ksh pakan pelet
    Kenapa bisa begitu,makasih

    Komentar oleh fenita | 18 Mei 2014 | Balas

    • kemungkinan kurang minum, misalnya menggunakan cara niple, coba air minumnya diberikan di tempat yang agak lebar, sehimhha kelinci dalam meminumnya leluasa, coba hijauannya diperbanyak , jangan wortel dulu.
      Semoga berhasil dan kembali semula.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 19 Mei 2014 | Balas

  38. Kelinci saya sama sekali tidak mau makan pelet, sudah pernah d coba malam tdk d ksih makanan selain pelet, tp sptinya sama skali tidak d makan, bagaimana supaaya mereka mau makan pelet nya, terimakasih

    Komentar oleh lili hebat | 22 Mei 2014 | Balas

    • Saran saya, berilah hijauan saja, biar kualitas kelinci lebih sehat dan lincah.
      Salam kami

      Komentar oleh prestasi kelinci | 29 Mei 2014 | Balas

  39. kelinci saya akhir2 ini air kencingnya mengendap, padahal tdnya cair biasa…trus nafasnya juga berbunyi, aoakah itu tandanya ada gangguan dgn pernafasannya?? apakah tanda2 ini sdh bisa dikategorikan kalo kelinci saya dlm kondisi sakit? lalu harus diberi obat apa? dan bagaimana dgn makanannya? (slma ini makanannya hanya pelet dan rumput kering). terima kasih

    Komentar oleh Winda Maya | 4 September 2014 | Balas

    • Terima kasih.
      saran saya air minum kelinci disediakan terus saja, artimya kelinci waktu butuh minum, air tersedia. Keadaan kelinci saudara menunjukkan kekurangan air minum. dan tanda kekurangan air minum biasanya air kencingnya keruh dan nanti bisa berakibat fatal.Berilah pakan hijauan yang layu jangan yang kering

      Komentar oleh prestasi kelinci | 8 September 2014 | Balas

  40. Assalamu’alaikum..saya mau nanya..kelinci saya dr td siang diam,g banyak bergerak makan pun sedikit,g mau makan hijauan cm mau mkn pelet aja badannya jg bergerak kuat n matanya agak sayu n perutnya jg kenceng..trs vitamin b sama antibiotiknya kita bisa kasih yg untuk manusia ya?

    Komentar oleh Nisa | 10 September 2014 | Balas

    • Walaikum salam.
      Kayaknya kelinci anda mau cenderung ke kembung. coba di pindah kandang dulu (di isolasi), terus diberi vitamin. usahakan hijauan segar dikurangi.
      Sementara diberi antibiotik dan anti rasa sakit dulu saja

      Komentar oleh prestasi kelinci | 12 September 2014 | Balas

  41. Assalamu Alaikum
    Saya mw brtanya pak,knp ya kelinci sya bandal susah d’atur
    klo pagi slalu ganggu sya tdur hngga sya terbangun dn klo siang d’rmh trus tidur tp klo sore dn malam kluar rmah sperti ank malam
    dn satu lg pak klo sya bebenah rumah knp ya kelinci sya mengikut mlah suka mengacak” perabotan sya

    mohon pencerahannya.

    Komentar oleh Adam | 16 Oktober 2014 | Balas

    • cOba saudara biasakan kelinci tertib, misalnya dalam memberikan pakan terjadwal, misalnya jam 7 pagi, jam 3 sore, jam 7 malam dan jam 5 pagi.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 19 Oktober 2014 | Balas

  42. pak, mau tanya.. perlu gak kita cek kesehatan kelinci secara rutin ke dokter hewan? kalo perlu berapa kali dalam sebulan? kalo baca2 dari referensi ttg kelinci sih, kelinci saya sehat, ga ada gejala sakit, cuma takut aja kalo kelincinya jadi sakit.. terimakasih pak

    Komentar oleh nina | 12 Januari 2015 | Balas

    • Jaga kesehatannya saja, sering diumbar saja biar sehat. Berilah vitamin dan makanan yang sehat terutama hijauan

      Komentar oleh prestasi kelinci | 15 Januari 2015 | Balas

  43. pak mau tanya, kelinci saya kok detak jantungnya cepat sekali sampai telinga dan hidungnya bergerak seirama detak jantung. tetapi tingkah lakunya seperti biasa, selama ini diberi makan wortel dan pelet. mohon balasannya, terima kasih pak

    Komentar oleh Fauzya | 23 Januari 2015 | Balas

    • tidak masalah kelinci anda, itu terjadi bisa karena lokasi agak panas atau sumpek (lingkungan tertutup). coba di liarkan sehari saja

      Komentar oleh prestasi kelinci | 26 Januari 2015 | Balas

      • Pak, saya mau tanya. Apakah kelinci mata berair dan kadang belekan itu tidak berbahaya? Kalau boleh tau, apa sebabnya dan Seharusnya diberikan apa? Terimakasih sebelumnya

        Komentar oleh fna9 | 30 Maret 2015

      • Penyebab utama adalah sirkulasi udara kurang bagus dan tingkat debu kasar terlalu banyak. perbanyak air minumnya

        Komentar oleh prestasi kelinci | 3 April 2015

  44. Pak,saya mau nanya kelinci saya kok pantat nya basah terus ya? terus suka keluar cairan kuning berlendir , harusnya diberikan apa supaya sembuh ?

    Komentar oleh 雌犬 クソ | 14 April 2015 | Balas

    • Terima kasih, kayaknya kelinci anda ada masalah di pencernakan, sehingga menyebabkan bagian belakang kelinci anda basah dan kotor. Ini disebabkan faktor pakan hijauan yang terlalu segar. coba dilayukan kalau dikasihkan pada kelinci. Faktor yang lain adalah terpaan angin yang tinggi pada kandang ( tapi ini kauistis saja). Obati dengan diberikan antibiotikdan vitamin b complek dengan disuntik masuk daging. semoga cepat sembuh kelincinya

      Komentar oleh prestasi kelinci | 22 April 2015 | Balas

  45. Mas saya mau nanya dong, kelinci saya urinnya kuning pekat, tapi nafsu makan tidak berkurang dan tetap aktif, masalah tidak ya?

    Komentar oleh vinny laurencia | 10 Juni 2015 | Balas

    • feces dan kencing kelinci kalau tidak sakit, dipengaruhi oleh aasupan pakan yang dimakan. selama sehat, tidak masalah di kelinci anda.
      Salam prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 20 Juni 2015 | Balas

  46. Mau tanya saya punya kelinci 6 yg 1 hidung dan skitar mulut basah itu sakit apa yah?apa bisa disembuhkan?dan skrg sudah dikarantina..
    Yg 1 lg skrg jd gak mau makan, sering duduk dpojokan tadi nya 1 kandang sama yg hidung dan mulut basah apa tertular jg?
    Ada cara buat nyembuhin k2 kelinci saya gak?
    Apa hrs k dokter??
    Terimakasih

    Komentar oleh Cheche | 26 September 2015 | Balas

    • Coba dilakukan penyuntikan antibiotik dulu, dan makananan yang berdaun panjang dan lunak tidak usah diberikan. Berikan daun jambuisi cukp lma lembar aja. semoga berhasil dan sembuh

      Komentar oleh prestasi kelinci | 14 Desember 2015 | Balas

  47. Mas.kelinci saya kenapa ya suka banget gemetaran..itu nggak papakah…atau dia mau sakit biasanya habis mandi juga menggigil…
    Tolong di tanggapin ya mas

    Komentar oleh gsoahskdk | 7 Desember 2015 | Balas

    • Untuk kelinci sebaiknya tidak usah dimandikan, tetapi dijaga kebersihannya terutama pada kotoran kelinci dan urinnya.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 14 Desember 2015 | Balas

  48. Maaf mas mau tanya, kelinci saya akhir2 ini lebih sering rebahan kalau dikeluarin dr kandang,sebentar jalan2 cari makan, terus gak lama rebahan lg. tp nafsu makan masih normal dan fesesnya pun normal. Itu kenapa ya mas?

    Komentar oleh Siskha | 19 Januari 2017 | Balas

  49. permisi mau nanya, kalo kelinci jarang mengengeluarkan air urine nya itu knpa yaa? sama kadang berwarna putih pekat, dan cara mengatasi nya.
    terimakasih

    Komentar oleh fajar | 2 Agustus 2017 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: