PENGEMBANGAN KELINCI

Informasi Kelinci PRESTASI INDONESIA

SAYANG, TIDAK SEDIKIT PROGRAM GADUHAN KELINCI GAGAL

.

Niatan pemerintah untuk memperbanyak peternakan kelinci akir akir ini mulai marak , banyak dana dikucurkan untuk mensukseskan program peternakan kelinci. Tapi hasilnya, banyak program ini yang belm menggembirakan. uraian dibawah ini semoga bermanfaat untuk mengatasi kurang suksesnya program gaduhan kelinci.

Langkah pertama.

1.  Sebelum kelinci digaduhkan, calon penggaduh (pemelihara) sebulan sebelum menerima ternak kelinci perlu dimengertikan pada si penggaduh pada pengetahuan kelinci dan ilmu kelinci. (diadakan pelatihan minimal  11 jam efektif untuk memahamkan pengetahuan dan ilmu kelinci)

2. Yang perlu dimengertikan pada peternak meliputi,  pengetahuan kelinci, yaitu  manajemen ternak, manajemen kandang, manajemen pakan,  manajemen pengelolaan dan manajemen kelompok. Kemudian dimengetikan  ilmu kelinci meliputi psiklogi ternak, Pemahaman hakekat makluk hidup, sebab sebab kelinci sakit ,ilmu pengobaan kelinci dan tindakan yang diambil .

3. Untuk yang membimbing dalam program gaduhan ini, perlu mengerti benar aspek dari pengetahuan dn ilmu, sehingga program bisa berjalan. Memang kurang afdol, bagi pendamping atau tentor tidak mempunyai kelinci menjadi tentor atau pemdamping, arena nantinya hanya akan mengacu pada pengetahuan dan akhirnya gagal di tengah program. Pada point ini yang paling banyak  dilakukan, wal hasil kita bisa melihat program banyak yang gagal

 

Langkah kedua

1. Pendamping program harus minimal semingu sekali melakukan pengontrolan, apa terjadi penyakit, pakan yang diberikan, recording pada ternak, keadaan ternak. Ini hanya bisa diketahui yang sudah punya pengalaman beternak kelinci, tidak bisa hanya mengandalkan pada buku saja.

2. Mengikuti kelompok ternak yang sudah berjalan baik, agar bisa  dibimbing dan mencontoh yang sudah ada.

3. Jangan membentuk kelompok baru, yang justru nanti menimbulkan pengetahuan yang semu, karena semua belum punya pengelaman ilmu, mungkin hanya pengetahan saja yang baru dimengerti.

 

Fungsi Kelompok

Fungsi kelompok peternak kelinci sangat berfungsi untuk peternakan karena perkembangan kelinci sangat cepat, sehinga menimbulkan kerawanan pada kawin keluarga, maka disarankan bertukar jantan antara kelompok satu dengan kelompok yang lain. dan tentunya peternak harus mencatat terutama silsilahnya agar tidak terjadi kawin keluarga.

Setelah langkah langkah dilalui, pengelolaan manajerial kelompok di lakuan, temasuk memikirkan cara memasimalkan daging kelinci, setelah kelinci berkembang banyak. Semoga bermanfaat.

 

Iklan

23 Desember 2011 - Posted by | Berita Kelinci PRESTASI

1 Komentar »

  1. Ocre…sipp.

    Komentar oleh Maz rianrabbit | 25 Desember 2011 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: