PENGEMBANGAN KELINCI

Informasi Kelinci PRESTASI INDONESIA

MENGAPA KELINCI MAHAL ???

.

Disaat Prestasi Indonesia di undang untuk ke Direktur  Bogasari, ada pertanyaan yang menggelitik  dari beliau.  SAYA DENGAR  KELINCI  YANG DIKELUARKAN  OLEH PRESTASI MAHAL, MELEBIHI HARGA PASAR  ???

Saya sadar, pertanyaan itu merupakan pancingan, bagaikan  sama sama sapi, mengapa  sapi  keturunan lebiih mahal dibanding lokal ??  itu yang dikiaskan kami.

Ada  beberapa ternak menjadi mahal (bukan hanya kelici), diantara yang  mendongkrak harga adalah :

  • Silsilah kelinci
  1. Menggambarkan garis keturunan
  2. Tidak kawin keluarga
  3.  Menjaga genetik yang baik
  4. Tidak terjadi persilangan
  • Riwayat kesehatan
    1. Mencatat penyakit yang pernah di deritanya
    2. Mencatat obat yang telah diberikan
    3. Mncatat riwayat induk tentang kesehatan
    4. Mencatat  Riwayat kesehatan yang lain )nafsu makan dan gejalanya(
  • Riwayat  pakan yang diberikan
  1. Untuk  menjaga  kerhasilan beternak, karena pakan yang baik
  2. Untuk mencegah  terjangkitnya penyakit.
  3. Untuk mencegah anti Nutrisi
  4. Untuk menurunkan keurunan yang sehat.

MENGAPA  PRESTASI  TIDAK MAU MENDUKUNG PROYEK KELINCI MISALNYA DARI PEMERINTAH DAERAH ??

Untuk menjawab ini, memang  perlu dijelaskan, bukan berarti tidak mendukung program pemerintah di berbagai daerah di kabupaten, tetapi ada yang lebih mendalam dalam hal ini.

  1. Prestasi mengharapkan, bahwa kelinci yang dari prestasi maunya beternak dengan ala prestasi, artinya pada waktu kelinci diperbantukan, maka Prestasi Harus memberikan pelatihan dahulu, agar tingkat keberhasilannya  lebih tinggi. Maaf,  ibarat belum pernah beternak kelinci, hanya sekedar magang atau membaca buku, kemudian memberikan pelatihan, sehingga  kegagalan beternak disalahkan  peternak dan ternaknya.
  2. Mendingan  harga yang berkualitas ternak yang membuat berkualitas  dari pada harus memaksakan  kehendak, sehingga terjadi kegagalan . misalnya sama besarnya, warnanya, mengapa harus  beli yang mahal.  Pada hal  ada tiga hal tersebut diatas.
  3. Pendampingan beternak dalam proyek sangat perlu bukan knjungannya, melainkan manajemen beternak dari bibit sampai keberhasilan, termasuk  pendukungnya (kandang, pakan, kotoran).
  4. Harus menimbukan satu kelompok yang kompak, bukan saling bersaing. misalnya saling tukar pikiran, memberikan masukan dan bertukar pejantan harga tidak terjadi kawin keluarga.

BETERNAK  KELINCI   ITU SAMA CARANYA DENGAN KAMBING ATAU DOMA

Sangat berbeda, beternak kelinci jauh lebih kearah kasih sayang yang tinggi dan kelinci masuk  dalam kategori binatang malam. Sehingga dimalam hari kelinci lebih banyak beraktifitas, maka disarankan :

  1. Pemberian dimalam hari harus diperbanyak dari ada siang hari.
  2. Aktivitas biologis lebihbagus dilakukan malam hari ( matahari sebelum terbit dan setelah terbenam.
  3. Dimalam hari seharusnya kita banyak berkujung di kandang, agar terjadi komuikasi amtara kita demgan kelinci.
  4. Sesediit mungkin kita beraktifitas di kandang kelinci di siang hari, agar kelinci disiang hari banyak tidurnya..

SALAM  PRESTASI

 

6 Februari 2012 - Posted by | Berita Kelinci PRESTASI, usaha ternak elinci

57 Komentar »

  1. SALAM PRESTASI
    Sekarang prestasi harus lebih hati hati, kadang sebagian orang atau kelompok yang menginginkan Prestasi tidak berkembang. Saya setuju dengan konsepsemula, silahkan sekelompok orang atau lembaga itu yang menginginkan kelinci harga murah, apalagi dignakan untuk indukan.
    Kepada kawan kawan yang budiman, kegagalan beberapa proyek di daerah jangan dilimpahkan pada Prestasi. Prestasi jangan dikambinghitamkan, katanya indukan di Prestasi mahal, sulitnya mendapatkan indukan dari Prestasi dan lain sebagainya. Itu semua kalau saya katakan, ono rego ono rupo, ( Harga mahal sesuai dengan kualitas ).
    Terima kasih prestasi yang telah menjawab email kami dan terima kasih atas informasi yang diberikan pada kami yang jauh dari kantor Prestasi.
    Maju terus Prestasi.
    Hormat dan sukses.

    Komentar oleh Somdoni | 8 Februari 2012 | Balas

  2. Salam hormat,
    biarkanlah mereka yang tidak senang pada prestasi, maka akan semakin rapat barisan prestasi.
    Suara suara tidak usah diperhatikan yang hanya sekedar menjelek jelekkan..
    Kami merasakan betapa kami sekarang bisa mandiri karena lantaran dari arahan Prestasi.
    SALAM PRESTASI

    Komentar oleh kaswari | 8 Februari 2012 | Balas

    • Salam kompak selalu untuk saudaraku kaswari.
      Salam prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 14 Februari 2012 | Balas

  3. Assalamu’alaikum Prestasi Indonesia .
    Mau tanya nih pak. Kapan diadakan tutorial, seminar, pelatihan lagi ?
    kapan, di mana, dan apa syarat untuk ikut pelatihan ?
    Terus, ada buku, modul atau panduan beternak kelinci yang dijual ngga pak ?
    Matur Nuwun .

    Komentar oleh Ardhiansyah, Bantul, Yogyakarta. | 12 Februari 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      pelatihan insya Allah tanggal 10-11 maret. diadakan di klaten jawa tengah.
      Fasilitas yang diberikan modul/makalah, sertifikat, penginapan, akomodasi selama dua hari ikut pelatihan, peralatan mandi, tas da obat obatan kelinci. biaya 500 rb.
      semoga maklum.
      salam kami

      Komentar oleh prestasi kelinci | 14 Februari 2012 | Balas

  4. Prestasi yang terhormat,
    Kasihan saudara saudara kita yang belum tahu prestasi, tetapi menilai prestasi, atau bahkan memberikan komentar tentang pirestasi tap tidak tahu prestasi.. Kasihan dech.
    Rapatkan barisan, Kita pemberdayaan masyarakat kecil dengan modal kecil.
    Selamat berjuang.
    Salam prestasi

    Komentar oleh wiryato | 16 Februari 2012 | Balas

  5. Silahkan tidak senang prestasi, tapi jangan menfitnah prestasi. Kenyataan prestasi berguna bagi masyarakat kecil, saya merasakan sendiri, dulu keluarga saya kesulitan, alhamdulillah dengan perantara prestai kami bangkit.
    Terima kasih Prestasi.
    Salam Prestasi

    Komentar oleh amri | 16 Februari 2012 | Balas

    • semoga semakin bermanfaat bagi masyarakat banyak.
      Salam prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 17 Februari 2012 | Balas

  6. Kawan kawan semua, kita perlu sering bersilaturrahmi, kita perlu diskusi, kita gairahkan kembali pertemuan bulanan tiap pon, disamping ajang tukar pejantan, kita perlu tahu info info terkini dari pusat.
    Salam prestasi.

    Komentar oleh jadii | 16 Februari 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      kami tunggu kawan kawan semua.
      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 17 Februari 2012 | Balas

  7. Prestasi itu emangnya besar ???
    hanya organisasi kelinci , mengapa dibar besarkan. Disana hanya ada satu jenis kelinci. Gitu aja kok dibesar besarkan.
    saya pernah kontak prestasi, mau cari kelinci jenis lion atau fuzy lop , tapi tidak punya, itu kok dikatakan besar..
    Bagaimana mau melayani kelinci di masyarakat ???
    Ngaca bung !!!

    Komentar oleh cecep | 16 Februari 2012 | Balas

    • Buat cecep,
      lebih baik anda ke prestasi d klaten, setelah dari sana dan bertemu sama pak mutasim baru komentar.
      Jangan kabar burung saja kamu jadikan rujukan.
      Diskusi dan bertemu, barangkali nanti membuat tambahan wawasan saudara.

      Komentar oleh yusuf | 16 Februari 2012 | Balas

      • Salam prestasi, dan ingat lajur kanan

        Komentar oleh prestasi kelinci | 17 Februari 2012

    • Buat aak cecep,
      Kayaknya saudara salah menilai, sayang sekali ya anda belum ke prestasi. Coba kesana, barangkali bisa merubah pikiran saudara..
      Salam kami, Cepi

      Komentar oleh cpi | 16 Februari 2012 | Balas

      • kita tidak bisa memaksakan kehendak.
        Salam Prestasi

        Komentar oleh prestasi kelinci | 17 Februari 2012

    • Saya tidak bela siapa siapa,
      tapi buat cecep, coba anda silaturrahmi kesana. Barangkali yang disangkakan pada prestasi salah.
      kita jangan merusak persatuan . justru kita galang persatuan.
      Salam dan persatuan bangsa

      Komentar oleh sogol | 16 Februari 2012 | Balas

      • Mari kita sama sama memberdayakan masyarakat.
        Salam prestasi

        Komentar oleh prestasi kelinci | 17 Februari 2012

    • Yang perlu ngaca itu anda cep.
      coba hubungi prestasi cabang yang paling dekat dari daerah anda. bila bingung, kontak ke pak mutasim.
      salam Prestasi

      Komentar oleh Pujo | 16 Februari 2012 | Balas

      • Sabar adalah kekasih yang kuasa

        Komentar oleh prestasi kelinci | 17 Februari 2012

    • Cep, pak mutasim hanya punya kelinci dua macam, yaitu jantan dan betina.
      Tapi bisa memenuhi kebutuhan daging tuh!
      Gak usah buat masalah di blog lah, kalau gak seneng blog ini, ya gak usah dibaca saja

      Komentar oleh Johar | 16 Februari 2012 | Balas

    • Halo saudaraku cecep,
      Yuk kita main ke Prestasi di klaten, saya juga mau tukar jantanku yang sudah setahun jadi pemacak.
      Barangkali bisa membuka cakrawala kita.
      Salam Prestasi.

      Komentar oleh pembarep | 16 Februari 2012 | Balas

      • Dengan senang hati, kami menunggu saudara

        Komentar oleh prestasi kelinci | 17 Februari 2012

  8. Wah gayeng kiyi.
    bisa jadi tambah wawasan untuk debat kusir. he… he….

    Komentar oleh doni | 16 Februari 2012 | Balas

  9. Kita berfikir yang realistis saja, yang dimaksud peternak besar mestinya punya berbagai macam kelici, so yang butuh kelinci bisa terlayani, lha kalau hanya satu macam, mana bisa melayani kebutuhan kelinci.masyarakat!! realistis saja, realistis, bicara secara realistis bung .
    Hanya punya sejenis saja kok dibilang besar. wah wah kerdil , sungguh kerdil

    Komentar oleh cecep | 17 Februari 2012 | Balas

    • Anda perlu pencerahan dan kedewasaan berfikir.
      Jangan berfikir picik. datang saja ke prestasi. Biar tahu siapa prestasi.
      salamku.

      Komentar oleh hanafi | 17 Februari 2012 | Balas

      • Santai saja. ingatlajur kanan

        Komentar oleh prestasi kelinci | 17 Februari 2012

    • Terima kasih masukannya.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 17 Februari 2012 | Balas

  10. Buat bung Cecep,
    Kayaknya anda perlu wawasan luas, kalau perlu belajar di Prestasi. Jangan bagaikan katak dalam tempurung.
    Maaf, ini saya sampaikan pada anda, kayaknya anda baru kebingungan.
    Salam kami

    Komentar oleh nufam | 17 Februari 2012 | Balas

    • Buat mas nufam, antai saja, jangan marah. ingat lajur kanan waktu pelatihan

      Komentar oleh prestasi kelinci | 17 Februari 2012 | Balas

  11. Wah , cecep semakin kasihan, jadi komentar seadanya tanpa pembuktian.

    Komentar oleh Yusuf | 17 Februari 2012 | Balas

  12. Mengapa ya kang cecep kok malah jadi ngawur komentarnya. Adakah yang bsa bantu kang cecep

    Komentar oleh doni | 17 Februari 2012 | Balas

    • Buat mas doni, santai saja. kenapa ikut terlarut. ingat lajur kanan waktu pelatihan.
      Salam prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 17 Februari 2012 | Balas

  13. Mang Cecep,
    Yuk bareng bareng ka Klaten, saya juga lama gak ke Prestasi. nanti dari stasiun Bandung ke klaten turun di stasiun klaten, pasti di jemput kok, jadi gak usah mencari alamatnya.
    salam Prestasi

    Komentar oleh jadii | 17 Februari 2012 | Balas

    • santai saja, yang mau silaturahmi ke klaten, silahkan. dengan senang hati kami terima.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 17 Februari 2012 | Balas

    • kang jadii maaf,akang alumni prestasi indonesia? boleh tahu no.tlp yg bs d hubungi sy di bandung pengen maen ke kandang akang,sekedar nambah ilmu..

      Komentar oleh pepi | 25 Februari 2012 | Balas

      • Coba ke Igbal Muhammad, Jl Majalaya XI no 12 Antapani Bandung

        Komentar oleh prestasi kelinci | 26 Februari 2012

      • maaf untuk alumni prestasi kelinci yg ada d bandung sy sudah mencoba menghubungi sdr. iqbal muhammad yg d antapani tp beliau tidak bisa di temui,kepada siapa lagi sy harus menghubungi alumni prestasi klaten yg ada d bandung? mohon bantuannya dan trmksih informasinya.

        Komentar oleh pepi | 6 Maret 2012

  14. Yang namanya bibit unggul pasti harganya lebih mahal dibandingkan yg biasa,realistis aja. Buat yg berkomentar,yg baik d ambil yg jelek tinggalkan.

    Komentar oleh Herlambang | 18 Februari 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      Semoga semua bisa berfikir positif seperti saudara.
      Salam prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 18 Februari 2012 | Balas

  15. Dijual kelinci pedaging dengan harga 28rb/kg (hidup). Stok yg ada sekarang sekitar 27 ekor kelinci. Bila berminat hubungi : 021-94702130 (hanya melayani wilayah jakarta, bekasi, dan bogor). Terima kasih

    Komentar oleh Zahriska Dewani | 19 Februari 2012 | Balas

  16. Assalamu’alaikum,

    Pak Tasim, mau tanya berapa harga flamish giant, baik induk maupun anakan?
    Kalau ada daftar harga jual kelinci, minta tolong kirim ke email saya.
    Berapa juga harga ongkos kirimnya ke Palembang.
    Apakah Prestasi Indonesia punya cabang di Palembang?

    Terima kasih sebelumnya..

    Komentar oleh baba | 24 Februari 2012 | Balas

    • Coba kontak langsung pak mutasim saja di 0818930092

      Komentar oleh prestasi kelinci | 24 Februari 2012 | Balas

  17. salam pak mutasin..saya di bandung,pengen belajar beternak kelinci pedaging,tp saya pengen lihat2 peternakan kelinci alumni prestasi kelinci indonesia sambil belajar.. saya harus ketemu siapa di daerah bandung??
    mohon informasinya pak..terima kasih.
    salam sukses.
    maaf mau nanya juga kalau pelatihan d bandung kapan ya? makasih.

    Komentar oleh pepi | 25 Februari 2012 | Balas

  18. salam prestasi makin makmur rakyat berkat prestasi indonesia numpang lapak ni mau usaha kecil”an minta alamat kelinci siap tusuk tangerang

    Komentar oleh sumanto | 29 Maret 2012 | Balas

    • Salam Prestasi kembali.
      Terima kasih. Untuk tanggerang populasi kelinci menurut data prestasi sangat kecil, apalagi untuk kelinci pedaging.
      Adakah temen temen di sekitar tanggerang bantu Mas Sumanto ???
      Mas sumanto kasih dong nomor anda, biar bisa kontak langsung.
      Salam kami.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 29 Maret 2012 | Balas

  19. Salam kenal dr ujung sumatra
    Assalamu’alaikum,Pak Tasim saya pingin skali punya kelinci jenis flamish giant,fl dan rex tri calor baik induk maupun anakan?minta tolong daftar harga jual kelinci tolong kirim ke email saya skalian ongkos kirim ke aceh

    Komentar oleh syukri | 13 Oktober 2012 | Balas

  20. Salam kenal dr ujung sumatra
    Assalamu’alaikum,Pak Tasim saya pingin skali punya kelinci jenis flamish giant,fl dan rex tri calor baik induk maupun anakan?minta tolong daftar harga jual kelinci tolong kirim ke email saya skalian ongkos kirim ke aceh.

    Komentar oleh syukri | 13 Oktober 2012 | Balas

  21. Salam kenal dr ujung sumatra
    Assalamu’alaikum,Pak Tasim saya pingin skali punya kelinci jenis flamish giant,fl dan rex tri calor baik induk maupun anakan?minta tolong daftar harga jual kelinci tolong kirim ke email saya skalian ongkos kirim ke aceh.
    Salam prestasi

    Komentar oleh syukri | 13 Oktober 2012 | Balas

  22. obat mencegah kutu apa ya?? huft…, padahal tiap hari kandang tak bersihin pake karbol…, si kelinci tetap garuk garuk dan sempat kuliat si kutu berlari lari, saat mau saya tangkep keburu kaburu kabur semakin dalem…, susah juga nangkep kutunya😦

    Komentar oleh sito | 14 Oktober 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      Coba saudara beli obat kutu di apotik atau toko obat hewan, caranya dengan menyiris bulu kelinci dengan sisir yang sudah diberi obat tersebut, usahakan setelah disiri, badan kelinci di selimuti kain tipis (hanya untuk melindungi dari jilatan), setelah satu jam badan kelinci bisa di bersihkan dengan sisir lebih lembut tanpa obat, cukp dibilas dengan air biasa.
      Selamat mencoba

      Komentar oleh prestasi kelinci | 15 Oktober 2012 | Balas

  23. Reblogged this on jonegoro13.

    Komentar oleh zik611 | 26 Januari 2014 | Balas

  24. assalamualaikum, saya di sidoajo, pgen banget belajar beternak kelinci.pengen
    lihat2 peternakan kelinci alumni prestasi.boleh minta alamat n no tlp
    untuk wilayah sidoarjo dan surabaya ?

    Komentar oleh Toni Andrianto | 22 Maret 2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: