PENGEMBANGAN KELINCI

Informasi Kelinci PRESTASI INDONESIA

CARA MEMILIH INDUK KELINCI PEDAGING

 

Banyak pertanyaan yang berkaitan dengan induk kelinci pedaging dan sekitar indukan kelinci pedging. Sebenarnya bagaimana cara memilih induk kelinci yang baik dan bagus untuk keturunannya ?

Bagaimana  strategi  pengadaan indukan kelinci indukan ?

  • Sebelum membeli pada seseorang atau peternak atau penangkar, maka carilah tahu , siapa dia, pedagang kah, peternak kah, penangkar kah atau hanya sebagai makelar.
  • Apakah peternak yang akan kita ambil bibitnya itu sudah beternak lama, lebih dari sepuluh tahun ? atau baru beberapa tahun. ini penting untuk menilai kelinci yang dipelihara
  • Usahakan bisa melihat kandang, walau hanya sebagai kandang sample, ini perlu untuk menaksir kelinci yang dikembangkan
  • Cari tahu keluarganya, apakah sekeluarga ini mendukung ternak kelinci atau tidak, ini penting untuk mengukur tingkat keberhasilan beternak.
anak kelinci satu angkatan

Bibit anak kelinci Flam yang sewarna, walau sesaudara, lebih didominasi badanya dengan bulu satu warna

Bagaimana agar  induk kelinci pedaging itu kita dapat ?

  • Carilah kelinci yang  bertulang besar, pinggul yang besar, tapi jangan gemuk dan kaki depan pendek.
  • Bulu dan kulit, carilah yang panjang dan lebih kaku, biar induk lebih tahan  cuaca ketika di musim dingin
  • Tengoklah dan pastikan jumlah punting ada delapan dan besar
  • cari pungung yang  datar dan tidak cekung, agar mendekati gen flam.
  • Lebih aman dalam mencari bibit di lakukan di peternak kelinci flams atau di pbnangkar kelinci flam.
  • Induk flam yang genetiknya kurang bagus, biasanya menurubkan keturunannya lebih kecil dari induknya, mestinya minimal sama dengan induknya.
  • Banyak beranggapan, kelinci flam yang penting besar, setelah dipelihara beberapa bulan terjadi masalah, hal ini karena kualitas bibit yang kurang bagus.
  • Apabila memungkinkan, carilah bibit yang mempunyai riwaya kesehatan yang baik artinya tercatat kesehatann dan obat yang diberikan.
  • Disarankan, untuk beli indukan jangan di pasar bebas, kalau ingin mendapatlkan kualitas bagus
  • Secara  fisik, mata harus cerah, body bagus dan tidak kelihatan lesu atau ngantuk
  • Bulu harus bersih, terutama bagian sekitar kelamin. kulit disekitar kaki juga harus bersih dan tidak kasar.
  • Kalau warna bulu, sebenarya tidak masalah, tetapi biasanya flam itu warna cenderung sewarna sekujur tubuhnya, artinya genetik yang mengarah ke  flam cenderung lebih banyak.

27 Juli 2012 - Posted by | Perhatian Terhadap Kelinci

42 Komentar »

  1. kalo mau beli indukan flams di prestasi harga brp/ekor ?

    Komentar oleh itsar | 28 Juli 2012 | Balas

  2. SALAM PRESTASI
    pak, untuk jenis Flams sebenarnya hanya warna coklat saja atau ada warna lain? Dan apa beda Flam yg punya gelambir di dagu dengan yg tidak? Apa benar yg bergelambir secara genetik cenderung lebih besar drpd yg tidak?

    Komentar oleh risanti | 30 Juli 2012 | Balas

    • Biasanya satu badan sati warna, kalau satu badan beberapa warna, kemungkinan genetiknya sudah rusah, atau galur kemurnian berkurang.
      Flam warnanya bisa coklat, hitam, abu abu, dan lainnya

      Komentar oleh prestasi kelinci | 30 Juli 2012 | Balas

  3. Gambar di atas meninggalkan kesan kelinci akur. supaya ga saling kelahi, triknya bagaimana pak ?, sampai umur berapa pak biasanya bisa disatukan seperti itu? pemeliharaan seperti gbr di atas sepertinya mendekati habitat aslinya yaitu bebas di tanah, tapi untuk kotorannya ( urine) tidak tertampung dan fesesnya terkontaminasi dengan tubuh kelinci

    Komentar oleh risanti | 30 Juli 2012 | Balas

    • Yang penting pakan cukup setiap saat, hijauan selalu tersedia baik untuk dikonsumsi, air jangan terlambat.
      Untuk pemisahan, dilakukan kalau sudah umur empat bulan, biasanya sudah menunjukkan dewasa kelamin, misalnya berlatih menaiki temennya, suka bercumbu dan lainnya

      Komentar oleh prestasi kelinci | 30 Juli 2012 | Balas

  4. ass wb wb, Menyambung jawaban bpk no 2 diatas (utk risanti) tentang “kemungkinan genetiknya sudah rusak”, Saya punya yang seperti itu. Bodi flam besar, tapi memang ayahnya dulu kelinci lokal sumatera warna putih. Ibunya abu-abu dari prestasi. Nah sekrang dia sudah indukan, dan beranak 1 kali dikawinkan dengan jantan sumatera yang kecil tapi sedikit agoran (mungkin gen jantannya sudah kacau). Pertanyaan saya:
    1. Kalau dikawinkan dengan jantan coklat flam dari prestasi, apakah anaknya bisa kembali memiliki gen normal?
    2. Dulu saya punya indukan belang sumatera, dikawinkan dengan flam coklat prestasi, anaknya cantik-cantik. Besar-
    besar, tapi terjadi beberapa warana. Ada juga yang sewarna yakni abu-abu, dan hitam. Apakah ini salah gen?
    3. Apakah bisa membeli 1 jantan saja dari prestasi? soalnya betinia sudah ada. Dan saya belum bisa pelihara ter-
    lalu banyak karena sulit mendapatkan anak kandang yg mengerti ttg kelinci.
    Terima kasih, dan selamat menunaikan ibadah puasa

    Komentar oleh nevis@maizar.yahoo.co.id | 31 Juli 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      Uji coba yang saudara lalukan baik baik saja, tetapi juga harus menerima hasil dari silangan tersebut.
      Anakan dari perkawinan sumatra (jantan) dan betina flam, biasanya masih mendominasi dari sang bapak, tapi ada juga condong ke Flam, tinggal genetik yang kuat yang mana. Kalau mau mengembalikan ke gen flam lagi, saudara bisa melakukan perkawinan kelinci saudara dari flam keturunan dengan flam pejantan, nanti setelah keluar betina, saudara bisa mengkawinkan anakan yang betina untuk dikawinkan pejantan flam yang lain, maka akan menurunkan betina yang sudah mendekati flam, kemudian anakan betina dikawinkan jantan flam yang lain lagi, maka akan menghasilkan flam yang cenderung gen yang baik. silahkan untuk mencoba kembali.
      Untuk menghadirkan kelinci pejantan dari prestasi tidak masalah, nanti bisa diurus perijinan dan prosedurnya nya untuk sampai di sumatra.
      SALAM PRESTASI

      Komentar oleh prestasi kelinci | 31 Juli 2012 | Balas

      • sy punya Flam setengah setengah ( wkt sy tinggal bbrp bulan ke Pontianak sama adik saya dikawinkan dg beda ras yg lbh kecil). hasilnya lumayan bagus ( sebesar sang ibu Flam ) tp warna campur aduk dg bulu panjang seperti Flam neneknya. selanjutnya sy kawinkan dg pejantan Flam murni dg harapan agar ttp sebesar Flam. tp yg namanya keturunan, ada anak yg masih seperti sang ayah,

        Komentar oleh risanti | 2 Agustus 2012

      • Tentu Bpk, saya akan mengembalikan gen flam keaslinya dengan menghadirkan pejantan prestasi lagi. Gimana mungkin, sy akan hasil binaan Bpk. Apapun yg terjadi sy akan solid dengan prestasi. Tapi nunggu yang anakan ini siap kawin dulu. Nanti disamakan dengan dengan indukan yang sudah pernah melahirkan. Cuma ada, ada indukan sudah hampir 3 bulan masih juga menyusui anaknya karena memang si induk tidak di kawinkan dengan pejantan. (Habis pejantan prestasi tak ada lagi), yang jadi pertanyaan :
        1. membawa resiko tidak, indukan yang minta dikawinkan tapi tak juga dikawin-kawinkan? Soalnya sy lihat bodinya tambah besar dan terkadang anaknya malah diajak kawin, pada anaknya betina semua (kalau jantan dijual)
        2. Apa benar anak yg menyusui sampai 3 bulan, kekebalan tubuhnya sangat oke? soalnya sy lihat besar badannya sudah hampir sama dengan induknya
        Oke trima kasih dulu Bapak, sampai jumpa lagi

        Komentar oleh nevis@maizar.yahoo.co.id | 11 Agustus 2012

      • Wah, kalau indukan menyusui sampai tiga bulan, anaknya pasti seneng, Cuma kita selaku penangkar akan kehilangan satu kesempatan kelahiran satu kali setahunnya. Kalau belum ada pejantan, kawinkan dulu dengan pekantan yang ada.
        Untuk kekebalan tubuh, kok belum ada penelitian dari prestasi sampai kesana (menyusui 3 bulan).

        Komentar oleh prestasi kelinci | 11 Agustus 2012

  5. Kalau beli 1 jantan aja di prestasi, bisa pak?

    Komentar oleh nevis@maizar.yahoo.co.id | 27 Agustus 2012 | Balas

    • boleh, silahkan

      Komentar oleh prestasi kelinci | 27 Agustus 2012 | Balas

      • Makasih ya Pak. Maaf, saya belum bisa pesan terlalu banyak. Harap makslum, dulukan pernah Bapak bilang “Untuk bertahan jadi peternak, masa sulit minimal 3 tahun. Saya kan baru masuk tahun ke 2. Jadi ilmu yang Bapak berikan ternyata dalam praktek masih banyak yang belum saya dapat. Contoh tentang indukan. Ternyata salah satu ilmunya, dia tidak bisa berdekatan kandang dengan betina lain ya, Pak? Apalagi betina itu lebih tua umurnya. Tapi saya sudah bertekat, apa pun terjadi, saya akan tetap pelihara kelinci.Soal kelinci prestasi, memang tak ada tandingannya dengan kelinci lain, makanya saya ingin mengembalikan garis keturunan ke aslinya. secara perlahan.Dan ilmu yang bapak berikan, akan tetap saya pertahanankan, walaupun di daerah saya, saya belum menemukan rekan peternak. Tapi suatu saat nanti saya yakin ada rekan yang bisa membuat kelinci saya bisa lebih berkembang.

        Komentar oleh nevis@maizar.yahoo.co.id | 3 September 2012

      • Terima kasih,
        Semoga cepat terwujud yang saudara harapkan. dan menjadi pelopor di sana Amien.
        Salam Prestasi

        Komentar oleh prestasi kelinci | 3 September 2012

  6. Apakah telinga turun sebelah ikut menentukan kualitas calon indukan Flemish pak? Ada beberapa kelinci flemish saya yang telinganya turun sebelah. Mohon pencerahannya pak,terimakasih.

    Komentar oleh Yuwono | 22 September 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      telinga turun, itu disebabkan kelinci stress, diantaranya :
      1. pakan kelinci yang monoton/sejenis terus terusan.
      2. Kandang kelinci terlalu sempit.
      3. Nutrisi pakan kuang terpenuhi secara keseluruhan
      4. Suka di keluar masukkan dari kandang
      Untuk mengatasinya, coba kelncinya di umbar di tempat yang luas dan dikasih pakan yang bervariatif, semoga sepuluh hari berikutnya sudah kembali sehat.
      salam kami

      Komentar oleh prestasi kelinci | 22 September 2012 | Balas

  7. Siang Pak. Kalau sepasang kelinci berapa ya pak? maaf saya baru pemula, dirumah sudah ada 4 tapi lokal. Ada gak perwakilan prestasi di jambi, saya dari kota jambi

    Komentar oleh dissy | 26 September 2012 | Balas

    • Coba langsung pada pak mutasim di 0818930092

      Komentar oleh prestasi kelinci | 26 September 2012 | Balas

  8. maaf, kalau hasil utama prestasi kelinci apakah kelinci anakan? biasa dijual umur berapa, harga? terima kasih

    Komentar oleh huda | 4 Oktober 2012 | Balas

    • Terima kasih, anakan kelinci dari prestasi hampir tidak pernah di jual, karena akan dibesarkan untuk jadi kelinci pedaging atau indukan..

      Komentar oleh prestasi kelinci | 7 Oktober 2012 | Balas

  9. Salam prestasi, saya tertarik untuk membeli jantan dan indukan FG, apakah bisa dilayani untuk daerah sulawesi? Domisili saya di Gorontalo. TERIMA KASIH

    Komentar oleh ronal | 1 November 2012 | Balas

    • Terima kasih, bisa langsung ke 0818930092 untuk masalah indukan atau pejantan kelinci

      Komentar oleh prestasi kelinci | 1 November 2012 | Balas

  10. saya pernah ternak kelinci tapi cuman lokal, tapi gagal karena susah berkembang biak.. faktor apa saja biar masa kawin kelinci lebih cepat apa ada trik tersendiri… kalau indukan di farm prestasi harganya sampai berapa ya

    Komentar oleh indarto | 8 November 2012 | Balas

  11. Assalamuailkum Wr. Wb. Pak salam kenal saya Zifa skrg domisili Maluku. Saya butuh sepasang Flamish Giant yg sudah remaja/ dewasa. apa bapak bisa kirim luar pulau? dan harga nya brp ya?
    saya tunggu jawabannya. trimakasih.

    Komentar oleh ZiiFaa Ajaahh | 16 November 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      untuk bandara disana namanya apa, atau bandara yang paling dekat di mana ?

      Komentar oleh prestasi kelinci | 16 November 2012 | Balas

      • Bandara Pattimura Ambon pak. Domisili skrg di Ambon. Saya sudah coba sms ke nmr 0818930092 tapi tidak ada balasan y pak?
        Kalau bisa sy minta list harga nya pak untuk sepasang FG remaja / indukan yang sudah isi. sekalian ongkir smuanya smpai ambon. trimakasih.

        Komentar oleh ZiiFaa Ajaahh | 20 November 2012

      • Maav, Ralat untuk sms dengan nmr 0818930092 sudah dibalas. trimakasih pak sudah berkenan membalas pertanyaan sy dan smnggu lgi sy order y pak. trims ^^

        Komentar oleh ZiiFaa Ajaahh | 20 November 2012

  12. mohon info penyedia bibit kelinci pedaging?

    Komentar oleh danieldoen | 16 Januari 2013 | Balas

  13. Assalammualaikum…….. mohon pencerahan berapa ukuran kandang kelinci flam yang ideal, sy pengen mencoba beternak kelinci terimakasih atas pencerahannya wass……

    Komentar oleh setyo | 17 Januari 2013 | Balas

    • Untuk indukan, disarankan lebar dan panjang 1 meter dan tingg 70 cm

      Komentar oleh prestasi kelinci | 22 Januari 2013 | Balas

  14. asslamualaikum wr wb mau nanya nih ,kelinci flam di prestasi indukan bobot nya brp kilo pak

    Komentar oleh anam | 19 April 2013 | Balas

    • terima kasih, indukan kelinci di Prestasi standar flam

      Komentar oleh prestasi kelinci | 19 April 2013 | Balas

  15. Ass wr wb, mau tanya Pak Fakih, Kenapa sih indukan kelinci pedaging, rawan kematian?
    Sudah 2 ekor indukan saya mati. Pertama mati saat anak berumur 40 hari. Alahamdulillah si anak bisa selamat karena 40 hari sudah lumayan besar. Tapi sekarang, baru 13 hari, si induk sudah mati. Sepertinya si induk tidak nyaman diburu anak. Usai menyusui si induk jadi duduk diam.Terhadap masalah ini, yang jadi pertanyaan saya:
    1. Bagaimana cara menentukan konsisi induk yang jadi terancam nyawanya karena menyusui anaknya?
    2. Bagaimana cara menyelamat kan anak yang beru berumur 13 hari?

    Komentar oleh Nevimaizar Maasin, Bangkinang, Riau | 27 September 2013 | Balas

    • Terima kasih,
      Induk mati pada umur menyusui, paling banyak kasusnya, saran saya pagi pagi jam 06 sudah diberikan pakan, jam 10 diberikan pakan hijauan siang hari diberi makanan penguat (bisa katul atau sumber karbohidrat yang lain), sore hari hijauan , malam hari hijauan. Jangan sampai kandang kehabisan pakan. Porsi kelinci menyusui hampir 3 sapai 4 kali makannya dari biasanya.
      Untuk anakan yang ditinggalkan indukan, bisa disambung dengan susu bayi dan dilatih pakan hijauan yang jenis rumput kecil bila umurnya menganjak 35 hari, tapi yang agak kering..
      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 28 September 2013 | Balas

  16. Reblogged this on jonegoro13.

    Komentar oleh zik611 | 22 Januari 2014 | Balas

  17. Mohon info ..
    1.Untuk daerah Blitar – Jawa timur apakah sudah ada yang membudidayakanya ?
    2.Berapa sepasang indukanya + ongkos kirim Ke blitar – Jawa timur?

    Mohon di bales ke no 08567590542 / masfuk.mubarok@unilever.com

    Komentar oleh Masfuk Mubarok | 3 Maret 2014 | Balas

  18. Assalamualaikum wrwb. Mohon info dimana saya bisa mendapatkan indukan untuk area bekasi – cikarang? apakah sudah ada peternak di daerah ini? Saya pemula dan baru akan mencoba beternak kelinci. Juga mohon info apabila ada schedule pelatihan di Jakarta dan sekitarnya. Terimakasih infonya. Wass.

    Komentar oleh Robby | 7 Maret 2014 | Balas

    • Ijin bapak. Utk di wilayah kab. Batang apakah ada

      Komentar oleh Bintoro | 20 Januari 2016 | Balas

      • Ada, silahkan kontak duluke 0818930092

        Komentar oleh prestasi kelinci | 22 Januari 2016


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: