PENGEMBANGAN KELINCI

Informasi Kelinci PRESTASI INDONESIA

DATA PENYAKIT

Kepada para anggota Prestasi Indonesia dan para peternak kelinci  serta penangkar kelinci, apabila  tidak keberatan, kami mohon  informasinya ada tidaknya penyakit di peternakan saudara. dimana cirinya dibawah ini:

  1. Ada jenis penyakit, dimata  bagian pojok  ada bengkak ? tetapi sehat dan makan banyak
  2. Mata kelihatan garang dan kelinci seperti marah ??
  3. Bulu kalau di sisir terjadi kerontokan bila sisirnya diberi air.
  4. Kotoran agak sedikit bau dibanding biasanya,
  5. Bila kelinci kena sinar matahari kelihatan terengah- engah, seperti bernafas susah,
  6. Lebih suka duduk daripada jalan jalan, terutama menjelang sore atau matahari mau terbenam.
  7. Kecenderungan kelinci  mengalami gemuk namun bobot atau berat badan tidak berambah.

Bila ciri ciri ini terdapat di peternakan saudara, kami mohon diberi informasi, dan tindakan yang perlu, kami sarankan untuk dikarantina dulu atau disendirikan dikandang yang jauh (dipisahkan dari komunitas yang ada),

Penyakit ini mulai ada laporan pada bulan  september dan puncaknya di bulan desember,  lokasi yang sudah  memberi informasi adalah wilayah

Jawa barat :  Sukabumi, Pandeglang, Kabupaten Bandung, Garut dan Tasik,

Jawa Tengah : Purwokerto, Purbalinga, Wonosobo dan Purworejo, Salatiga dan Karanganyar

Kelinci yang berpenyakit seperti ini, disarankan jangan disembilih untuk pedaging, karena ciri ciri penyakit ini bila dibuka jerohannya ada ciri ciri sebagai berikut :

  • Hatinya berwarna  coklat muda dan bergerigi
  • Ususnya kasar dan bergulung
  • Kalau usus dibuka atau disayat, baunya sangat menyengat.

Prestasi Indonesia  telah mengamati sejak september yang lalu dan biasanya kelinci bisa bertahan hidup sekitar empat bulan setelah kena penyakit ini.

Atas informasi dan masukannya, atas nama Prestasi Indonesia mengucapka terima kasih.

 

 

24 Desember 2012 - Posted by | Berita Kelinci PRESTASI

49 Komentar »

  1. Terima kasih atas perhatian dan bimbingan dari Prestasi, Alhamdulillah, sejak adanya kejadian dan kami sampaikan pada prestasi, sekarang kelinci sudah kembali sehat dan ada yang kami sembelih, sudah kembali pada kelinci sehat.
    Kami hanya mengandalkan pada GMP saja, ternyata dah sehat.

    Komentar oleh wiwit | 24 Desember 2012 | Balas

  2. Terima kasih Prestasi,
    Saat kejadian saat itu, yang kena ciri seperti itu sejumlah 82 ekor dan posisinya yang paling bawah. Saran dari Prestasi sangat membantu kami, dan anggota lain sudah kami informasikan untuk daerah purbalingga. Sekali lagi terima kasih.
    Salam Prestasi

    Komentar oleh joko | 24 Desember 2012 | Balas

    • boleh minta nomer telpnya mas joko,saya daerah purwokerto.pengen liat peternakan kelincinya ?terimakasih

      Komentar oleh Aufa Rafif Dhaifullah | 24 Desember 2012 | Balas

  3. Bos, itu bengkak dimata bagian bawah atau atas, terus bengkaknya besar atau kecil ? kelinci saya ada satu ekor yang demikian, memang kelihatan gemuk, tapi timbangannya tidak bertambah. Apa obatnya bos ?

    Komentar oleh jRantyo | 24 Desember 2012 | Balas

    • Biasanya mata berair kemudian bengkak yang dekat hidung. Berilah vit C dan GMP. Jaga kandang jangan lembab atau banya kena air.
      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 25 Desember 2012 | Balas

  4. Benar, di bulan oktober, kelinci saya persis pada ciri ciri tersebut dan saya sembelih, hatinya benar benar berubah warna dan bentuknya seperti mengecil.
    Semuanya yang kena penyakit tersebut pada mati.
    Mohon pencerahannya

    Komentar oleh Winarno | 24 Desember 2012 | Balas

    • Coba kelinci yang sehat di karantina atau dipisahkan dari yang sakit, bila perlu di lepas di tanah selama seminggu (bila memungkinkan), berilah GMP untuk menjaga kekebalan tubuhnya.
      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 25 Desember 2012 | Balas

  5. Kelinci sakit dan mati dah biasa bro,. memangnya prestasi mau bantu mengganti yang mati ?

    Komentar oleh maryanto | 24 Desember 2012 | Balas

  6. Terima kasih mas atas informasinya dan balasan via emailnya. sekarang sudah pada membaik kelinci saya.
    Salam Prestasi

    Komentar oleh satijan | 24 Desember 2012 | Balas

    • Sama sama, selamat berkaya dan berwira usaha.
      Salam Prestasi kembali

      Komentar oleh prestasi kelinci | 25 Desember 2012 | Balas

  7. Bos, kalau terjadi atau ada ciri ciri yang disebutkan tadi, tindakan setelah di isolasi, perlu dikasih obat apa.? terima kasih informasinya.
    Salam Prestasi

    Komentar oleh prihatin | 24 Desember 2012 | Balas

    • Terima kasih,
      berilah pakan yang mengandung protein tinggi dan karbohidrat tinggi. Berilah GMP agar daya tahan tubuh terjaga.
      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 25 Desember 2012 | Balas

  8. maksih Prestasi
    atas infonya
    point 1 : tidak ada
    point 2 : ada, tp dah lama ( 1 induk jk bunting, jk tangan saya masuk ke kandang suka menerkam jari saya dan menggeram tp tidak melukai saya ). sepertinya sifatnya
    point 3 : tidak ada
    point 4 : bulan november ada bau dr beberapa pringkil feses saja. feses ttp bulat tp lunak, warna cenderung coklat kopi. itu saat mulai saya kasih hijaun berdaun lebar. namun itupun tidak semua kelinci seperti itu. kini sudah tidak ada kejadian
    point 5 : tidak ada
    point 6 :biasa saja
    point 7 : ukuran gemuk menurut rabaan ( tak ada penimbangan ), tp bobot signifikan minggu demi minggu

    SALAM PRESTASI
    risanti_wates kulon progo

    Komentar oleh risanti | 25 Desember 2012 | Balas

    • OK, terima kasih, semoga terus berkarya dan berhasil.
      Salam Prestasi kembali

      Komentar oleh prestasi kelinci | 25 Desember 2012 | Balas

  9. Lebih baik waspada, dari pada terjadi wabah, terima kasih Prestasi, saran dan email yang telah diuraikan secara jelas. Semoga prestasi selalu jaya dan berkembang serta bermanfaat pada masyarakat.
    Salam Prestasi

    Komentar oleh Ratna | 25 Desember 2012 | Balas

  10. Trimakasih atas informasi dari prestasi,bermanfaat

    Komentar oleh Rio | 28 Desember 2012 | Balas

  11. Ass wr wb
    Mau tanya Pak, dulu saya pernah mendapatkan sebotol obat suntik Kalsium dari bapak, karena kelinci saya lumpuh. Saya coba suntikkan ke daging bagian pinggul. Tapi malah akhirnya mati. Lalu pada kelinci lain yang kakinya bengkok usai melahirkan, saya suntik dikulit, sedikit, malah sehat. Lalu untuk mengawetkan Kalsium tersebut, saya simpan dalam Kulkas. Lalu kelinci ke 3, agak lemas karena sedang menyusui, saya suntik dengan Kalsium yang dingin hasil Kulkas. 3 hari kemudian, mati. Kenapa bisa begini pak? Apakah tak boleh mengawetkan obat suntik dalam kulkas?

    Komentar oleh Nevim Aizar@yahoo.co.id | 13 April 2013 | Balas

    • Terima asih,
      Untuk injeksi calsium yang mana ? kayaknya kami belum pernah ngasih obat itu, atau yang bening itu ? atau merk apa ? bisa di sms, barang kali salah ada tanda lain. bisa sms ke 0818930092 untuk merk obat tersebu, biar nanti bisa dijelaskan secara tuntas dan jelas.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 13 April 2013 | Balas

      • Kalsium buroglokonat, botol putih, isi bening, Pak. Daluwarsanya sampai oct 2013. Pembalutnya kertas merah putih. Tertulis dibagian merah: Larutan injeksi utk menambah kalsium pada sapi dan ternak lainnya. Oya Pak Nama Lengkap saya Nevimaizar Maasin yg dari Bangkinang, Riau. Saya ganti nama Nevim aja karena email lama macet.

        Komentar oleh Nevim Aizar@yahoo.co.id | 15 April 2013

      • He he he terima kasih, makanya kami tidak merasa kirim onat ke alamat yang email tersebut. Ok, besuk lagibila kedapata hal tersebt, cukup 0,2 cc aja sekali suntik.
        Kami tunggu report kesehatan kelincinya.
        Salam Prestasi

        Komentar oleh prestasi kelinci | 16 April 2013

  12. Pak kelinci saya pada bagian matanya ada bercak putih . Itu bagaimana mengatasinya ? . Terimakasih

    Komentar oleh Dwiki | 30 April 2013 | Balas

    • Coba diberi erla dulu, apakan mata sakit kena bagian kornea atau tidak. pakan hijauannya nya diusahakan di cuci dan dilayukan.
      Untuk ternak dibanjarmasin, coba langsung kontak ke 0818930092

      Komentar oleh prestasi kelinci | 30 April 2013 | Balas

      • Obat erla mycetin maksudnya ya? Itu obat tetes telinga? Apakah di tetes ke telinga kelinci yg bermasalah dengan matanya atau ke mata nya langsung?

        Terima kasih

        Komentar oleh Zadia | 21 April 2014

  13. Pak, kelinci saya mati satu per satu, awalnya saya tidak tahu itu penyakit apa. ternyata setelah mencari tahu, kelinci saya terkena scabies. sekarang masih ada yang hidup namun sudah terinfeksi. Dia hanya diam dipojok, murung, seing menggaruk garuk kaki, namun masih mau makan. yang mau saya tanyakan, obatnya apa? dan berapa lama kelinci yang terkena scabies dapat bertahan bila tidak diberi obat?

    Komentar oleh Tweeting ♥ Rabbit (@all_tweeting) | 1 Mei 2013 | Balas

    • Terima kasih,
      Untuk penyakit itu sebenarnya mudah pengobatannya, cobo di suntik dengan wormectin atau ivomec ( baca dosisnya), caranya diuntikkan rongga antara kulit dan daging si kelinci, biasanya satu atau dua kali sudah sembuh.
      Saran saya bila kelinci sakit segera diobati, jangan dipersakitkan. lebih baik mencegah dari pada kita harus mengobati.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 1 Mei 2013 | Balas

  14. Pak, ada kelinci saya tak bisa hamil. Sudah 3 kali ganti jantan. Tapi perut tetap kurus, anehnya dia suka menggaruk lantai, dan sesekali mengakat-angkat rumbut seperti mau membuat tempat melahirkan. Memang waktu kecil dia pernah sakit tak mau makan, lama juga, lalu saya lempas. dan Insyaallah sekarang sudah dewasa. Umur lebih hampir 1,6 tahun. Apa mungkin kelaminnya tertekuk karena penyakit waktu kecil? sehingga saat dikawinkan selalu gagal msk. Dugaan saya begitu. Sudah saya coba pula kawin dengan melepas di lapangan, gagal juga. Dipegangin, supaya jantan nya mudah bekerja. Tetap gagal sampai sekarang belum juga hamil. Anehnya lagi, dia agak gondokan seperti sehat sekali. Sebenarnya kenapa begitu, Pak? Cara apa lagi mengawinkannya?

    Komentar oleh Nevim Aizar@yahoo.co.id | 7 Mei 2013 | Balas

    • Terima kasih,
      Kemungkinan vertilitasnya rendah, perlu adanya tambahan asupan yang mengandung vit E ( coba cari di apotik ), usahakan dijajuhkan dari pejantan (betina tidak bisa melihat pejantan) selama 1-2 bulan. kemudiankawinkan ekantan yag bodinya lebih kecil. Mudahan dengan trik ini berhasil, oh iya, baca lajur kanan lebih jeli ya.
      Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 7 Mei 2013 | Balas

      • maaf vit E diapotik manusia maksudnya? Kalau pil atau cairan di botol gimana Pak? Apa harus di suntikan?

        Komentar oleh maizar | 12 Mei 2013

      • Kalau bentuk cairan atau tablet, bisa dicampurkan di minuman atau di masukkan via pipet.

        Komentar oleh prestasi kelinci | 12 Mei 2013

  15. Saya mempunyai kelinci umurnya kurang lebih 2tahun 3bulan, laki2. awalnya dia sehat2 saja tidak mengalami tanda2 sakit. Minggu sore saya mandikan seperti biasa kaki dan tangan. Keesokan hariinya pas saya pulang sekolah kelinci saya mata kanannya sudah tertutup dan ada putih2 sperti lendir yg menutupi dan kuping kananya turun. Mata kanannya tapi sehat2 saja. Makan minumnya lancar gaada gangguan. Tapi bener2 ngga tega mata kirinya tertutup kayak buta. Saya lap lendir2nya saya agak buka perlahan2 matanya itu bola mata item2nya tidak terlihat. Hanya terlihat putih. Kira2 itu kenapa ya? Mohon sekali tanggapannya😥. Thx

    Komentar oleh rahma | 27 Mei 2013 | Balas

    • Terima kasih,
      saran saya, kelinci jangan dimanja, apalagi dimandikan setiap hari.
      Untuk masalah mata, ini pasti ada banyak hal yang dapat mempengaruhinya, antara lain ada zat yang menyebabkan mata keluar air, misalnya kena debu, asap, zat kimia dari sabun, sampo.
      Coba saudara berikan obat, lakukan penyuntikan abtibiotik dulu, berilah vit C dan B, kemudian berilah tetes mata yang dalam bentuk saleb. Jangan diberi pelet dulu, gantikan dengan hijauan dan sejenis katul (bisa brand atau katul).

      Komentar oleh prestasi kelinci | 29 Mei 2013 | Balas

      • Biasanya saya memandikan 2minggu sekali.. Apa itu terlalu berlebihan ya? 2hari ini saya bingung mau dikasih obat apa. Akhirnya saya lap terus matanya. Saya amati juga matanya itu memang banyak lendir putih trs keluar dari mata, kadang menjadi kering sperti belek gitu jd makin gabisa melek mata kanannya. Saya takut matanya benar2 sudah tidak berfungsi:( Itu kira2 kesalahan faktor lingkungan, makanan, atau apa ya? 2hari ini saya memberi makannya wortel terus.
        Thx:)

        Komentar oleh rahma | 29 Mei 2013

      • jangan diberi wortel terus menerus, karena ada zat ati nutrisi pada wortel tersebut, berilah pakan yang variasi dari berbagai hijauan.

        Komentar oleh prestasi kelinci | 30 Mei 2013

      • Ohiya,obat tetes mata bentuk salep itu namanya apa dan bisa dicari dimana ya? seandainya kena asap/shampoo/sabun ke mata dampak yang ditumbulkan apa saja. Terimakasih:)

        Komentar oleh rahma | 29 Mei 2013

  16. Ohiya,obat tetes mata bentuk salep itu namanya apa dan bisa dicari dimana ya? seandainya kena asap/shampoo/sabun ke mata dampak yang ditumbulkan apa saja. Terimakasih:)

    Komentar oleh rahma | 29 Mei 2013 | Balas

    • Untuk obat mata salep bisa di beli di pet shop atau toko makanan ternak, biasanya ada. Untuk nama banyak jenis dan merk, saya kira bisa dipakai.
      Dampak dari zat kimia yang kena mata bisa merusak mata, usahakan kelinci dijaga kebersihannya, tidak usah sering dimandikan.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 30 Mei 2013 | Balas

  17. saya punya kelinci habis beranak dan menyusui, tapi ga tau akhir akhir ini jadi ga mau nyusuin anaknya, setelah di lihat ternyata terjadi bengkak pada susunya, di pegang seperti mengeras. mau Tanya pak, koq bisa terjadi begitu dan bagaimana mengobatinya. sebelomnya terima kasih.

    Komentar oleh ramdhan | 7 Agustus 2013 | Balas

    • Kemunkinan indukkena infeksi pada susunya, atau uga bisa kena mastitis. Saran saya, kalau kelinci sudah mulai hamil, kebersihan kandang harus terjaga. Dan induk perlu diliarkan dulu (dilepas dari kandang) minimal satu bulan.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 7 Agustus 2013 | Balas

      • terima kasih atas saran dari prestasi kelinci. saya hanya peternak pemula oleh karena itu masih butuh banyak bimbingan dan belajar. yang saya tanyakan apakah dari prestasi kelinci menjual buku panduan beternak kelinci dan bagaimana kalo mau pesan pakan kelinci PRESTAFEEDnya?

        Komentar oleh ramdhan | 11 Agustus 2013

      • silahkan kontak lamhsimh ke pak mutasim saja di 0818930092

        Komentar oleh prestasi kelinci | 12 Agustus 2013

  18. Ass wr wb. Maaf ma tanya. Kalau kelinci terlanjur kawin inces dengan anak sendiri. Gimana caranya menggugurkannya? Soallnya kaau dipertahankan anaknya pasti tak beres dan membuat repot saja

    Komentar oleh Nevimaizar Maasin, Bangkinang, Riau | 13 Desember 2013 | Balas

    • jangan digugurkan, biar sampai lahir, periode berikutnya jangan kawin sedarah.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 19 Desember 2013 | Balas

  19. pak, kelinci sy sering garuk2.. sy cek telinga, kaki dan bagian tubuhnya ga ada tanda2 scabies. suhu badan nya jg normal. tapi seperti ada ketombe di badannya. selama ini belum pernah sy grooming cuma pake bedak kelinci aja, apa itu pengaruh jadi ketombean ?
    sebelum dikasih makan pelet, sangat lahap kalau dikasi sayuran, setelah dikasi pelet belakangan ini tidak terlalu bernafsu dengan sayuran. ada masalah ga ya dengan pola makannya ?

    Komentar oleh Rara Mozzart | 26 Desember 2013 | Balas

    • Terima kasih,
      coba di cek lebih detail, kayaknya itu gejala pengakit kulit, bisa scabies.
      Masalah hijauan lebih suka, memang habitat alamnya kelinci adalah makan hijauan, terutama daun lebar yang di tanah.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 27 Desember 2013 | Balas

  20. Malam Prestasi,
    2 minggu yang lalu saya baru beli anakan kelinci lokal betina, sekarang sekitar 2 bulan usianya, fisiknya sehat, makan bagus,mata cerah,lincah,pup dan kencing lancar dan normal, kandang juga rurin dibersihkan, tapi perutnya semenjak saya pelihara selalu kembung dan sedikit keras, sudah saya kurangi hijauan bbrp hari ini tapi perutnya masih keras, kalo saya teliti perutnya seperti membiru, apakah mungkin ada penyakit dalam? Karena saya memiliki 14 kelinci belum pernah ada yg seperti ini. Oh ya makannya sehari2 rumput liar,sawi hijau,wortel,pelet.
    Terima kasih sebelumnya.

    Komentar oleh Michelle | 18 November 2014 | Balas

    • c0ba baca lagi dengan cermat lajur kanan diwaktu pelatihan

      Komentar oleh prestasi kelinci | 19 November 2014 | Balas

      • Maaf lajur kanan itu apa ya? saya belum pernah ikut pelatihan, sebelumnya terima kasih🙂

        Komentar oleh Michelle | 20 November 2014


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: