PENGEMBANGAN KELINCI

Informasi Kelinci PRESTASI INDONESIA

ALHAMDULILLAH, PAKAN KELINCI PELET DAH DIUJI

Sejak dulu banyak yang  mempertanyakan plus minus  menggunakan pakan kelinci dalam bentuk  pelet, dan beberapa minus  atau kelemahan pelet diantaranya adalah  terlalu kerasnya  butiran sehingga membuang banyak energi kelinci dalam menyunyahnya.

Kami mengadakan penelitihan secara aplikatif, dimana Prestasi menguji cobakan pakan pelet yang telah di formulasikan oleh team formulator Prestasi  Indonesia dan bekerjasama dengan pabrik pakan yang menghasilkan pakan ternak dalam bentuk pelet,

Dari data ujicoba menghasilkan sebagai berikut :

  • Pakan diujicobakan dalam bentuk pelet pada kelinci sebanyak 850 ekor dewasa, secara palatabel atau kedokohan atau tingkat kelahapan  makannya , kelinci suka pada pakan ini
  • Kelinci dalam memakannya pakan cenderung cepat hancur setelah pakan  masuk dimulut, artinya energi yang dikeluarkan untuk mengunyah sedikit (karena pelet tidak dibuat sekeras pada pelet yang biasa dikeluarkan di pabrik pada umumnya).
  • Hasil laborat  analisa yang dilakukan oleh lembaga yang berwenang, protein kasar : 15,8  , Serat kasar :17. Lemak kasar : 3  dan kadar air : 8,9 .
  • diameter bentuk pelet dibuat   1 cm dan tekstur pelet  berwarna coklat tua.
  • Ketahanan pelet ini berkisar  3-4 bulan  Gambar   Gambar

Demikian dari hasil penelitian  pakan yang dahulu temen temen  untuk menguji cobakan pakan pelet pada kelinci di lingkungan prestasi dan hasil ujicoba dilapangan cukup menggembirakan bagi temen temen yang persediaan pakan hijauan berkurang, tetapi ingat bahwa pakan kelinci utamanya adalah hijauan dan pelet ini hanya sebagai pakan tambahan untuk mengurangi jumlah hijauan.

Wah, kalau harga kok cukup tinggi ya, karena per kg menembus pada harga Rp 3850. kemampuan yang dikerjasamakan dengan pabrik pakan yang menghasilkan pakan peler, Prestasi  hanya diberikan  per hari   menghasilkan pakan kelinci dalam bentuk pelet hanya sekitar sepuluh ton saja, atau per bulan hanya sekitar 25 ton.

Ini hanya sekedar info buat teman teman dari hasil ujicoba yang telah diujikan.

semoga bermanfaat,

SALAM PRESTASI

 

 

6 Juni 2014 - Posted by | Tentang Prestasi

51 Komentar »

  1. Pak Mutasim Yth.
    Untuk pengiriman selnjutnya, kami mencoba pakan pelet 200 kg dulu.
    Sukses buat Prestasi, semoga semakin bermanfaat bagi peternak,
    Salam Prestasi

    Komentar oleh Ratno | 6 Juni 2014 | Balas

  2. Luar biasa, Sukses untuk Prestasi Indonesia.
    Sukses untuk semuanya keluarga besar Prestasi Indonesia.
    Terobosan baru dan membantu kami kami yang kadang mempunyai masalah pakan di musim kemarau. Kami ingin pesan pakan pelet ini. no pak Fakkih masih di 0818930092 ??
    Salam Prestasi

    Komentar oleh Wowok | 6 Juni 2014 | Balas

  3. Perkenalkan, nama saya Nanang. saya peternak kelinci dan sudah punya sekitar 80 indukan dan anakan sekitar 160 an ekor. saya belum anggota Prestasi Indonesia. apakah saya boleh membeli pakan dari prestasi Indonesia.
    Terima kasih, maaf kalau tidak berkenan.

    Komentar oleh nanang | 6 Juni 2014 | Balas

  4. Untuk membeli pakan pelet ini caranya bagaimana ? saya di sidoarjo jawa timur. dan membayarnya kemana

    Komentar oleh brahim | 6 Juni 2014 | Balas

  5. Kalau di kirim ke cikampek biaya kirim berapa bos. saya mau coba 50 kh dulu.

    Komentar oleh Tatang | 6 Juni 2014 | Balas

    • bisa dikirim. masalah biaya kirim kami belum tahu kalau sampai cikampek.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 6 Juni 2014 | Balas

  6. Kelinci saya baru sedikit, boleh gak kalau beli 10 Kg dulu. saya dari sragen

    Komentar oleh arik | 6 Juni 2014 | Balas

  7. saya di Banjarmasin, apa bisa kirim sampai banjarmasin ? mau pesen 25 Kg

    Komentar oleh rodat | 6 Juni 2014 | Balas

  8. Bos, bahan bakunya apa saja.

    Komentar oleh Jarir | 6 Juni 2014 | Balas

    • Bahan bakunya : untuk karbohidrat : katul, pollar, gaplek dan jagung, protein dari : bungkil kopra, bungkil kacang, bungkil sawit dan bungkil wijen, numgkil kedelai. palatable : tetes tebu, brand, biji bijian dan masih banyk bahan yang digunakan. termasuk aaditive untuk mendukung pakan menjadi lebih palatable.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 6 Juni 2014 | Balas

  9. pemberian pelet berapa gram per makan? per hari berapa kali?

    Komentar oleh kelinci oranye | 7 Juni 2014 | Balas

    • per hari diberikan 2 % dari bobot hidup kelinci. dberkan pagi dan sore bersamaan hiauan sore dan malam full hijauan

      Komentar oleh prestasi kelinci | 7 Juni 2014 | Balas

  10. Prestasi, makasih infonya ya…jadi pengen coba nih

    Komentar oleh itsar | 7 Juni 2014 | Balas

  11. kalau pesen hanya 5 Kg bisa gak mas, saya di blitar. ongkos kirim saya yang bayar.

    Komentar oleh Rina | 7 Juni 2014 | Balas

  12. Boss, kemasannya berapa kiloan yang paling kecil ? ada yang kisaran 10 sampai 20 Kg tidak. saya dari Banyuwangi,

    Komentar oleh Naryo | 7 Juni 2014 | Balas

  13. Untuk pelet 100kg dikirim ke kudus kota, total berapa pak? +ongkos kirim, Terima kasih

    Komentar oleh Taufiqur Rohman | 16 Juni 2014 | Balas

  14. Terima kasih Prestasi, peletnya ok, dah dua minggu ini kelinci saya nampak lebih bersinar dan lincah. dan kotorannya tidak bau. bulan depan pesen lagi ya .
    Salam Prestasi dasn salam buat pak mutasim

    Komentar oleh Fitri | 19 Juni 2014 | Balas

  15. Bagaimana cara pesen pakan kelincinya ? saya pingin mencoba pakan pelet dari Prestasi.
    Terima kasih informasinya.

    Komentar oleh Gandung | 19 Juni 2014 | Balas

    • Bisa, silahkan kontak di 0818930092 Tu 081318930092

      Komentar oleh prestasi kelinci | 20 Juni 2014 | Balas

  16. Terima kasih pak, sudah teratasi berkat pakan pelet dari prestasi dan saran bapak dan hingga kelinci sekarang mulai bagus dan sekarang dah hamil. sekali lagi terima kasih

    Komentar oleh priyayi | 19 Juni 2014 | Balas

    • Alhamdulillah kalau bermanfaat untuk semuanya. Salam Prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 20 Juni 2014 | Balas

  17. Terima kasih prestasi, berbagi pengalaman saja, saya menggunakan pakan pelet produk prestasi selama tiga bulan ini, dalam pemberian pakan saya lakukan pagi dan sore hari bersamaan juga saya kasih minum pagi dan sore, ternyata hasilnya bagus, kelinci saya cepat besar dan yang indukan rata rata beranaknya 8-10 ekor dan indukannya malam hari full saya kasihhijauan. Bagi temen temen yang menggunakan pelet dari prestasi coba diberikan minuman yang cukup, jangan sampai kehabisan, nanti saudara bisa melihat hasilnya. Ini tidak promosi lho, hanya berbagi pengalaman..
    Salam buat pak mutasim.
    Salam prestasi

    Komentar oleh Yamto | 5 Juli 2014 | Balas

    • Salam prestasi kembali.
      Terima kasih atas berbagi ilmunya.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 7 Juli 2014 | Balas

  18. Saya di Sangatta Kaltim bisa kirim ke sana gak ? kalau bisa saya pesen 50 kg ekspedisinya pake apa ya ?

    Komentar oleh Acep A | 7 Juli 2014 | Balas

    • Bisa, cuma ongkos kirimnya jadi mahal banget.

      Komentar oleh prestasi kelinci | 7 Juli 2014 | Balas

      • Kalau pake ekspedisi kira-kira berapa ongkos per kg ?

        Komentar oleh Acep A | 8 Juli 2014

      • coba hubungi di 0818930092

        Komentar oleh prestasi kelinci | 9 Juli 2014

  19. salam prestasi..
    cara membeli gmn gan..,saya dri lamongan..mnta no contact yg bsa d’hubungi gan..

    Komentar oleh busthomi | 8 Juli 2014 | Balas

  20. pelletnya bisa tahan berapa hari pak?trims

    Komentar oleh guntur | 11 Agustus 2014 | Balas

  21. Lama tak berkunjung ke Blog Prestasi. Selamat Prestasi Indonesia
    SALAM PRESTASI

    Komentar oleh Risanti-Wates KP | 14 Agustus 2014 | Balas

    • SALAM PRESTASI kembali. ada program apa temen temen di KP

      Komentar oleh prestasi kelinci | 15 Agustus 2014 | Balas

  22. Selamat sore pak , saya Buyung dari Weru – Sukoharjo , boleh minta update harga pelet terbarunya , sama kalau saya hendak membeli peletnya kemana ya Pak . terima kasih

    Komentar oleh Buyung Yasir Arrafat | 22 September 2014 | Balas

    • arga pelet terakhir per satu september per Kg 4500. bila di weru sukoharjo bisa langsung ke klaten saja. kontak di 081568220092

      Komentar oleh prestasi kelinci | 30 September 2014 | Balas

  23. selamat sore pak,untuk kabupaten semarang wilayah ambarawa,bandungan dan sumowono ada referensi tempat penjualan peletnya gak…terima kasih

    Komentar oleh winarto | 14 Oktober 2014 | Balas

    • Langsung dari klaten. coba contak di 081568220092

      Komentar oleh prestasi kelinci | 15 Oktober 2014 | Balas

  24. Selamat siang, terima kasih pelet nya sudah sampai di Jonggol dengan selamat🙂, yang ingin saya tanyakan bagaimana cara membiasakan kelinci dengan pakan baru ini, karena walaupun sudah saya terapkan pola 75%pakan lama-25%pakan baru, dan seterusnya masih belum berhasil, pakan baru ini selalu disisakan/tidak dimakan. Sekedar informasi kelinci hias saya ada 3 usia 6-10bulan, dan sejak kecil saya selalu teteskan bakteri positif dari merk Ti-Rex sampai sekarang. Terima kasih🙂

    Komentar oleh Michelle martha tilova | 30 Oktober 2014 | Balas

    • Kemungkinan bentuk butiran berbeda, kecil dan besar, kalau ini benar, coba butiran yang besar di pecah biar tidak disisihkan. dan usahakan waktu malam dalam perubahan pakan, semoga bisa. sukses selalu

      Komentar oleh prestasi kelinci | 30 Oktober 2014 | Balas

  25. Pak mutasim yth.
    Saya punya peliharaan kelinci dari 2 jenis rex dan fuzyloop sejumlah 9 ekor cuma sekedar buat hiburan aja, saya pengin beli pelet produksi prestasi buat pengganti pelet yg biasa saya pake merk “active rabbit” karena lebih ekonomis, buat uji coba bisa tidak saya order 25 kg dulu dikirm ke kota pekalongan jd berapa plus ongkirnya ?? Matur nuwun….

    Komentar oleh saeful zafar | 30 November 2014 | Balas

  26. pelet untuk kelinci, bisa kirim ke ketapang kalimantan barat bisa nggak mas, dan berapa ongkirnya serta pesanan minimal berapa

    Komentar oleh Tofik Kurokhman | 8 Februari 2015 | Balas

  27. Minta pendapatnya gan…
    Saya baru belajar buat pelet kelinci.tempat saya di ujung desa jauh dari tempat uji lab.
    Bahan yg saya gunakan
    60-70% rumput kering
    30% bekatul
    10% jagung
    Tambahan mineral sapi / gula merah sekitar 5%

    Pertanyaanya apakah ini sudah bisa mencukupi kebutuhan gizi kelinci..?
    Sebelumnya terimakasih atas jawabanyA
    Salam buat seluruh peternak kelinci

    Komentar oleh Sukarta ArtaNice young farm | 13 Maret 2015 | Balas

    • Protein masih kurangm berilah sumber protein misalnya bungkil nungkil dari kacang atau protein dari manati. Jangan menggunakan protein dari hewani.
      Salam prestasi

      Komentar oleh prestasi kelinci | 24 Maret 2015 | Balas

  28. Pak saya mau coba dong
    Kl kirim ke jakarta 10 kg dulu brp pak? Nmr saya 085691898580

    Komentar oleh Juragan Hewan Qurban | 21 Juli 2015 | Balas


Tinggalkan Balasan

